cara memulai online bisnis

5 Cara Memulai Bisnis Online

Terus berkembangnya internet dan media sosial turut mendorong munculnya kategori kewirausahaan yang baru yakni bisnis online. Lihat saja Mark Cuban, Elon Musk, dan Peter Thiel yang sukses dengan bisnis online mereka. Bisnis online menawarkan kesempatan yang tak tertandingi untuk menjalankan bisnis di seluruh dunia hanya dengan gadget dan jaringan internet.

Namun tentu saja tidak ada satu pun bisnis yang dapat dengan mudah dilakukan, sama halnya seperti bisnis online. Saat ini ada sekitar 2,5 miliar orang yang menggunakan internet dan hal ini merupakan peluang yang bagus jika dilihat dari segi kesempatan mendapat keuntungan. Namun hal ini juga berarti bisnis online telah menjadi “tambang emas” umum di mana banyak orang sudah melakukannya.

“If your business is not on the internet, then your business will be out of business” -Bill Gates, Microsoft Founder

Memulai dan mengembangkan bisnis online tidaklah mudah. Ada banyak pesaing yang menjalankan bisnis yang sama dengan Anda. Dibutuhkan cara, strategi, waktu dan fokus yang serius.

Ada banyak cara dan tips dari ahli yang bisa Anda jalankan untuk memulai bisnis online. Di bawah ini merupakan lima langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan bisnis online yang efektif:

1. Fokus

Fokus bukan berarti “kaku”. Untuk memulai model bisnis ini, Anda harus fleksibel ketika memikirkan siapa target pelanggan, konsumen yang dilayani dan bagaimana Anda akan memberi manfaat kepada mereka.

Ini berarti Anda harus menutup telinga dari banyak masukan dan pendapat orang lain yang berbeda. Fokus pada apa yang akan membantu Anda di tempat Anda sekarang berada. Pasalnya ada banyak pengusaha yang menjadi korban dari informasi yang berlebihan.

Baca Juga  12 Website Aplikasi HR & Payroll Indonesia Yang Harus Dicoba

Anda cukup menerapkan 10% pengetahuan yang Anda miliki saat ini ke dalam bisnis. Kemudian secara perlahan namun pasti bisnis Anda akan terus berkembang. Selain itu, fokus pada strategi yang akan dijalankan cukup sebanyak 20%.

2. Bangun Audiens

Banyak bisnis yang kehilangan sasaran atau target audiens mereka. Jangan sampai Anda sudah memiliki web yang bagus dan lengkap dengan semua fiturnya tapi tanpa adanya audiens sehingga membuat Anda gagal.

Beberapa cara untuk mendapatkan audiens secara cepat di antaranya:

  • Jadilah tamu di podcast. Ikut terlibat dalam siaran radio memungkinkan Anda mendapat informasi mengenai siapa-siapa saja orang yang membutuhkan atau mencari keahlian/produk bisnis Anda.
  • Buat artikel pada blog orang lain. Ada banyak blog yang memiliki jutaan pengunjung setiap waktunya.
  • Dapatkan pemberitaan dari website besar. Misalnya Anda diwawancara atau berkesempatan menulis pada media online besar, maka lahir kemungkinan Anda mendapat jutaan calon pelanggan potensial. Menulis di media besar akan membangun otoritas, meningkatkan kehadiran Anda di media sosial dan menghasilkan penjualan.

3. Kembangkan Rencana Monetisasi

Setelah Anda mendapatkan pemberitaan dan cukup dikenal publik, maka saatnya untuk menerapkan rencana dengan tujuan menghasilkan pendapatan.

Website atau blog Anda membutuhkan strategi pembuatan konten yang sesuai dengan jadwal promosi. Rencanakan produk dan layanan apa yang akan Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Manfaatkan hasil publikasi dan rencana konten Anda untuk menjual penawaran premium dan membangun bisnis Anda.

4. Uji Coba Dan Evaluasi

Setelah Anda memiliki rencana dan telah menerapkannya, pelajari apa saja yang berhasil dan mana yang tidak berhasil. Coba buat penawaran berbeda, bundel berbagai produk dan layanan serta lakukan penjualan dari waktu ke waktu. Bandingkan semua uji coba dan lihat mana yang paling efektif. Lakukan perbaikan pada aspek-aspek yang negatif.

Baca Juga  Conversational Commerce Era Baru E-Commerce

5. Launching

Pada titik ini, Anda akan membangun “1.000 pelanggan” dan bisnis yang sudah siap untuk berkembang. Lakukan launching yang besar ketika promosi mencapai setiap akhir bulan atau kuartal. Ini berarti Anda memiliki rekan atau mitra kerja sama untuk melakukan launching bisnis Anda. Setiap launching atau peluncuran yang dilakukan harus menghasilkan pendapatan dan momentum yang serius bagi bisnis Anda.

Sumber : entrepreneur.com