Langkah Menuju Digtial Marketing

7 Langkah Sebelum Memulai Digital Marketing

Hampir semua pebisnis mengerti pentingnya digital marketing atau pemasaran digital bagi kesuksesan mereka. Dibutuhkan perencanaan yang terstruktur agar Anda dan pebisnis lainnya tak terjatuh dalam kesalahan yang sama ketika melakukan digital marketing.

Pelajari langkah-langkah berikut sebelum memulai kampanye digital marketing untuk bisnis Anda :

1. Perhatikan Bisnis Anda Secara Keseluruhan

Walaupun Anda menyukai bisnis yang Anda lakukan, coba agar tetap jujur ketika melihatnya secara keseluruhan. Pelaksanaan digital marketing yang berhasil terjadi dengan perbaikan pada setiap aspek bisnis Anda. Lihat lebih dalam dan coba menerima jika memang masih ada produk atau layanan yang buruk dan perbaiki kesalahannya.

2. Sempurnakan Layanan Pelanggan Anda

Customer Service
Ulas interaksi antara Anda dan pelanggan di website dan sosial media, baik melalui komentar, email ataupun panggilan telepon. Walaupun bisnis atau merek Anda sudah dikenal banyak orang, pastikan layanan pelanggan Anda terlaksana dengan sangat baik. Dengan demikian proses digital marketing hingga ke transaksi akan terlaksana dengan lancar.

3. Periksa Penjualan dan Pemasaran

Berasal dari mana konsumen dan penjualan Anda ? Apakah mereka datang dari platform online atau malah offline ? Tahukah Anda ada berapa banyak kunjungan website yang diperlukan sebelum akhirnya menghasilkan lead (prospek) pada website Anda ? Selain itu, ada berapa lead yang menjadi konsumen?

Jika Anda susah untuk mencari semua jawaban tersebut maka Anda bisa memanfaatkan Google Analytics.

4. Pahami Konsumen Anda

Untuk memasarkan bisnis Anda secara efektif, Anda perlu memahami orang-orang yang membutuhkan produk atau jasa Anda berikut dengan alasan mengapa mereka harus memilih Anda.

Kebutuhan Konsumen
Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika membuat profil pelanggan :

  • Apa tantangan dan masalah yang dihadapi konsumen Anda sehingga bisa dibantu oleh produk atau jasa Anda ?
  • Kira-kira, apa pertanyaan yang akan mereka ajukan mengenai produk Anda sehingga mampu mendorong terjadinya transaksi ?
  • Faktor apa yang mendorong mereka melakukan transaksi ?
  • Dimana mereka mendapatkan informasi yang akan mendorong mereka melakukan transaksi ?
  • Apa yang bisa Anda lakukan dengan nilai lebih dibandingkan dengan pesaing Anda ?
Baca Juga  Mulai Bisnis Online Anda Sendiri Tanpa Modal

5. Sadari Apa Yang Ingin Anda Capai

Satu hal yang pasti adalah Anda ingin mencapai kesuksesan saat ini juga, namun bagaimana caranya dan kapan Anda bisa melakukannya ? Rencanakan tujuan utama Anda dengan terstruktur sehingga berdampak besar bagi perkembangan bisnis Anda di masa depan.

6. Ukur Sumber Daya yang Anda Miliki

Sumber Daya Perusahaan
Hal ini bukan berarti Anda harus menghitung jumlah produk yang tersimpan di gudang, melainkan persediaan pemasaran Anda.

  • Konten : Brosur, katalog, newsletter, video dan sarana pemasaran lainnya.
  • Keahlian dan bakat : Lihat para karyawan Anda, apakah ada pribadi yang cocok untuk mengerjakan proyek digital marketing ? Data mereka yang mampu menulis, mengedit dan mendesain karena mereka adalah aset Anda.
  • Waktu : Apakah ada seseorang dalam tim Anda yang berkompeten namun tidak memiliki banyak waktu untuk mengerjakan semua pekerjaan ? Jika tidak, cobalah untuk menyerahkan sebagian tugas ke orang lain agar orang tersebut bisa fokus untuk mengerjakan tugas utamanya.

7. Edukasi Diri Anda Sendiri

Biar bagaimanapun juga Anda tetap membutuhkan pengetahuan mengenai pemasaran. Coba baca dan pelajari dasar-dasar pemasaran dari berbagai sumber seperti buku atau blog. Lihat mana saja strategi yang dapat dijalankan dengan baik sebelum memulai pemasaran Anda.

Sumber :
http://scalablesocialmedia.com/2014/10/before-marketing-business-online/