Alat Manajemen Sosial Media

Alat Manajemen Sosial Media

Saat ini sosial media telah berkembang dengan sangat cepat. Jika Anda memanfaatkan sosial media untuk kepentingan bisnis Anda, berarti Anda telah menggunakan sejumlah tool pendukung sosial media pada bisnis Anda.

Tool untuk manajemen sosial media ini dapat meningkatkan produktivitas Anda, membantu Anda mengelola segala sesuatu dari layanan pelanggan hingga persoalan penjualan, dan secara umum membuat Anda menjadi seorang pakar sosial media.

Lalu bagaimana Anda memutuskan mana tool manajemen sosial media yang akan Anda gunakan ? Berikut 13 tool manajemen sosial media yang dapat Anda pilih :

1. ContentGems

Salah satu tantangan pada sosial media adalah bagaimana caranya untuk bisa menghasilkan konten yang akan dibaca dan dishare follower. Merekalah yang melakukan kontrol disini, sehingga jika konten Anda gagal dalam menarik perhatian mereka, maka sangat sulit untuk bisa mengembangkan bisnis Anda melalui sosial media.

ContentGems

Yang banyak tidak disadari oleh para pebisnis yang memanfaatkan sosial media adalah Anda tidak harus membuat konten sendiri. Kurasi konten adalah cara yang bagus untuk membuat follower Anda tetap terlibat. ContentGems memungkinkan Anda untuk bisa melakukan pencarian, sumber yang disesuaikan dan menentukan sinyal sosial media untuk mengidentifikasikan dan menemukan konten.

Lihat aliran konten dari topik atau tema yang relevan dengan bisnis Anda serta para follower, lalu share ke halaman sosial media Anda. Tool ini akan membantu Anda untuk tetap mengetahui informasi tentang tren saat ini dan mendapatkan konten terbaik untuk follower Anda.

2. Nexalogy

Untuk bisa berbagi atau sharing konten yang relevan dengan follower, maka Anda harus terlebih dahulu mengetahui konten apa yang relevan dengan mereka. Sebelum Anda mulai merencanakan strategi pemasaran konten Anda, maka Anda harus bertanya, “Apa minat para follower saya ?”

Jika merek bisnis Anda sudah memiliki ribuan follower tanpa Anda mengetahui minat mereka terlebih dahulu, maka mengukur bidang minat tersebut cukup sulit dilakukan.

Nexalogy

Nexalogy adalah tool manajemen sosial media yang baik untuk memulainya. Aplikasi ini akan menganalisa apa topik yang sedang tren. Anda dapat memilih untuk melihat hasil 10 terbaik dari hashtag Twitter (misalnya) atau tag cloud yang menunjukkan hubungan antar topik.

Baca Juga  10 Manfaat Sosial Media untuk Bisnis

Tool ini juga membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang jaringan Anda, termasuk peringkat pengguna yang paling terlibat, retweet paling tinggi dan pengguna paling aktif.

3. Syndicator Hootsuite

Hootsuite Syndicator

Waktu adalah esensi bagi manajemen sosial media, dan memiliki konten menarik untuk melibatkan follower Anda adalah sebuah hal yang sangat penting. Buatlah RSS (Rich Site Summary) atau sebuah format website standar untuk mempublikasikan informasi secara teratur.

Anda dapat merampingkan proses lebih lanjut dengan mendirikan sebuah pembaca RSS untuk menyampaikan konten langsung ke klien manajemen sosial media Anda. Jika Anda menggunakan Hootsuite, maka Syndicator Hootsuite adalah sebuah fitur yang kuat yang dapat Anda gunakan. Fitur ini mampu menyaring, memantau dan melacak informasi bagi keperluan manajemen sosial media Anda.

4. Rankspeed

Rankspeed

Anda dapat menggunakan Rankspeed untuk menemukan topik yang relevan dalam jaringan sosial media Anda. Namun, Rankspeed menggunakan metode yang berbeda untuk menyortir topik, yakni dengan menyaring feed merek atau bisnis yang ada di sosial media Anda dengan sentimen (netral, positif atau negatif).

Tidak hanya itu, Anda juga dapat melacak semua mention merek Anda pada sosial media dan menganalisa sentimen di balik postingan tersebut. Dengan demikian Anda bisa melihat mana dan bagaimana konten yang beresonisasi dengan follower Anda.

5. Insightpool

Insightpool

Kemampuan untuk menangkap informasi adalah aspek yang penting di ruang media sosial. Anda ingin tahu apa yang orang katakan tentang Anda, dan apa yang mereka katakan secara umum, sehingga Anda dapat tetap mengikuti tren dan menciptakan pesan atau konten yang relevan.

Terkadang cara yang paling efektif untuk membangun kunci hubungan adalah dengan menargetkan individu yang merupakan seorang influencer dalam lingkup tertentu. Untuk melakukannya, Anda dapat mengandalkan Insightpool.

Cara ini digunakan agar Anda bisa mendapatkan data real time mengenai sosial media, keputusan informasi dan ‘eksekusi’ yang tepat.

6. Audiense

Audiense

Mengidentifikasikan influencer pada jaringan Anda merupakan hal yang penting, namun bagaimana dengan follower Anda lainnya ? Dimana mereka tinggal ? Atau bahasa apa yang mereka gunakan ?

Baca Juga  4 Cara Menggunakan Facebook & Twiter Analytics

SocialBro merupakan tool manajemen sosial media yang tepat untuk membantu Anda mengetahui lebih lanjut tentang audiens media sosial Anda, dan membantu Anda mengidentifikasi pelanggan potensial di luar jaringan Anda.

7. Marketo

Marketo

 

Jika Anda menggunakan sosial media untuk bisnis dan Anda belum dapat menggunakannya untuk menemukan prospek, maka bangunlah hubungan dan arahkan mereka ke ‘jalur’ yang tepat untuk menghindari Anda kehilangan kesempatan besar.

Marketo adalah salah satu tool manajemen sosial media yang terkenal dalam otomatisasi pemasaran. Tools ini dapat membantu Anda mengubah kontak di sosial media menjadi pelanggan. Tidak hanya itu, Marketo juga memungkinkan Anda untuk membuat lead dari jaringan sosial, mengumpulkan data sosial tentang lead yang ada, dan membantu proses penjualan Anda dengan menginformasikan Anda tentang interaksi sosial data tersebut.

8. Salesforce

Salesforce

Ketika membicarakan mengenai sosial media untuk bisnis, maka salah satu hal yang tidak bisa dilupakan adalah Customer Relationship Management (CRM).

Sistem CRM tidak memungkinkan Anda untuk mengidentifikasikan dan melihat lead penjualan baru pada sosial media. Sementara itu Salesforce dapat terus memperkuat proses penjualan Anda dengan menyediakan sejarah aktivitas lead Anda dan menambahkan lead baru berikut dengan kegiatan sosial yang relevan dan record percakapan yang ada.

9. LiftMetrix

Selain harus membuat nama merek bisnis Anda menjadi besar, tujuan sosial media yang Anda gunakan harus selalu dikaitkan dengan tujuan bisnis yang lebih luas. Setelah tujuan Anda selaras, LiftMetrix dapat membantu Anda melacak dan mengukur pengembalian atas investasi media sosial Anda.

LiftMetrix

Setelah mengintegrasikan akun sosial Anda dan memasukkan tujuan Anda, LiftMetrix akan mengkompilasi dan menafsirkan data Anda dan menawarkan rekomendasi tindak lanjutan yang dapat Anda lakukan. pelacakan Return on Investment (ROI) ini memungkinkan Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk membuat konten yang maksimal.

10. Bulk Scheduler

Bulk Scheduler

Jika Anda sudah memiliki konten yang akan dibagikan dengan follower Anda, maka ini saatnya Anda mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Untuk menghemat waktu, disarankan agar Anda menjadwalkannya sejak dini untuk setidaknya seminggu ke depan.

Baca Juga  5 Tren Media Sosial Untuk Bisnis Tahun 2017

Bulk Scheduler dari Hootsuite memungkinkan Anda untuk mengupload spreadsheet sampai dengan 350 konten pada jaringan sosial media Anda. Untuk memudahkan pengguna, Hootsuite hanya mengharuskan Anda untuk mengisi tanggal, waktu dan konten apa yang akan diupload.

11. YouTube Analytics

Baik Anda memiliki tim pembuat video atau kampanye Snapchat Stories untuk peluncuran produk terbaru Anda, sangat penting untuk tidak melupakan jaringan sosial media video-sharing dari strategi sosial media Anda, YouTube.

YouTube Analytics

Jika Anda ingin sukses dalam konten video, maka Anda harus tahu video seperti apa yang beresonansi dengan audiens atau follower Anda sehingga mendorong engagement.

Tool YouTube Analytics menawarkan rincian engagement dengan konten video Anda. YouTube Analytics juga memungkinkan Anda untuk melihat analisis masing-masing video ataupun secara keseluruhan. Data yang akan didapatkan termasuk aktivitas follower secara keseluruhan, rincian lokasi geografis, analisis sharing dan lainnya.

Sementara itu analisis video individual termasuk insight untuk melihat konten apa yang paling banyak menghasilkan traffic serta kata kunci yang mengarah ke video.

12. Tailwind Untuk Pinterest

Tailwind

Semua orang sudah tahu bahwa Anda bisa mengatur jadwal postingan di Twitter atau Facebook, namun bagaimana dengan sosial media lainnya ?

Jika Anda belum tahu, Pinterest kini juga telah tumbuh menjadi sosial media pendukung lingkup kegiatan bisnis. Dengan Tailwind, Anda dapat menjadwalkan Pin, pinning ke beberapa board sekaligus, menyimpan draft dan mengatur kalender editorial.

13. Zendesk

Zendesk

Salah satu bagian penting dari kehadiran merek bisnis Anda pada sosial media adalah kemampuannya untuk berinteraksi dengan pelanggan secara real time. Zendesk membantu mengkonsolidasikan dan mengelola semua help request secara bersamaan, termasuk yang datang dari saluran aplikasi sosial media.

Itu semua tools manajemen sosial media yang bisa Anda gunakan. Pilih salah satu, atau mungkin dua tools yang cocok dan sesuai untuk mendukung berkembangnya sosial media dan bisnis Anda.

Sumber :

https://blog.hootsuite.com/tools-to-manage-social-media/?utm_source=linkedin&utm_medium=owned_social&utm_campaign=social_hootsuite