Search Engine

16 Macam Alternatif Mesin Pencari Selain Google

Banyaknya kekhawatiran bahwa Google akan menguasai semua jaringan internet, maka bermunculan bermacam-macam mesin pencari (search engine) lainnya yang bersaing dengan perusahaan asal Amerika tersebut.

Mungkin ada di antara Anda yang masih belum tahu, namun setidaknya ada belasan mesin pencari selain Google yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pencarian di jaringan internet. Bahkan banyak alternatif pencarian lainnya yang menawarkan hasil pencarian yang lebih baik untuk Anda.

Berikut ini 16 mesin pencari selain Google:

1. Bing

Bing merupakan mesin pencari keluaran perusahaan Microsoft yang paling populer kedua di dunia. Bing mencakup 15,8% pencarian di seluruh dunia.

Lifehacker.com bersikeras mengatakan bahwa Anda harus menggunakan Bing karena merupakan saingan utama untuk Google. Beberapa keunggulan Bing adalah :

  • Video hasil pencarian Bing secara signifikan lebih dari daripada Google, Bing memberikan banyak thumbnails yang bisa Anda klik untuk saksikan
  • Bing sering memberikan lebih banyak saran autocomplete dari pada Google
  • Bing bisa memprediksi kapan saja harga pesawat akan meningkat ataupun menurun ketika Anda melakukan pencarian tiket penerbangan
  • Bing memiliki fitur dimana jika Anda mengetik linkfromdomain: (nama website), maka Bing akan menyoroti link outgoing terbaik pada website tersebut. Hal ini memantu Anda untuk memilih website mana yang paling cocok untuk digunakan

Selain itu Bing juga mendukung mesin pencari Yahoo.

2. DuckDuckGo

DuckDuckGo

Fitur utama yang dimiliki mesin pencari DuckDuckGo adalah mereka tidak menyimpan data para penggunanya, sehingga mereka tidak akan bisa melacak Anda atau memanipulasi hasil pencarian berdasarkan perilaku Anda. Bagi Anda yang takut akan ‘kekuatan mata-mata’ Google, maka DuckDuckGo bisa menjadi pilihan bagi Anda.

3. Quora

Walaupun saat ini Google terus memperbaiki diri dalam memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pengguna, namun kemampuan Google dalam menjawab pertanyaan masih kalah dibandingkan dengan Quora.

Baca Juga  Cara Promosi Online Yang Efektif Untuk Bisnis

Quora

Quora melayani Anda dengan memberikan jawaban apapun dari komunitas ilmiah yang ada. Anda juga bisa memilih untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan (yang mirip) yang sudah ada sebelumnya.

4. Dogpile

Ingin mendapatkan ragam hasil pencarian dari mesin pencari berbeda ? Maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan Dogpile. Mesin pencari ini menyajikan hasil pencarian dari berbagai mesin pencari yang berbeda, termasuk Google, Yandex dan Yahoo.

5. Vimeo

Vimeo

Jika Google sedang bermasalah padahal Anda sedang berada dalam keadaan terdesak yang membutuhkan akses ke YouTube, maka Anda tidak perlu khawatir. Vimeo merupakan mesin pencari yang merupakan tempat untuk membagikan (share) video. Vimeo menyajikan banyak video dengan resolusi tinggi dan tidak terdapat iklan di dalamnya.

6. Yandex

Merupakan mesin pencarian asal Rusia yang menawarkan berbagai produk dan layanan yang sama seperti Google. Yandex merupakan mesin pencari paling dominan atau paling banyak digunakan di negeri beruang merah itu.

Yandex menawarkan hasil dalam format logis yang baik, penuh dengan favicon sehingga Anda dapat dengan jelas melihat berbagai saluran untuk keperluan Anda. Favicon adalah icon utama yang muncul pada address bar suatu website dan merupakan logo dari website tersebut. Juga dikenal sebagai shortcut icon, Web site icon, URL icon, atau bookmark icon.

7. Boardreader

Jika Anda ingin masuk ke dalam seluk beluk sebuah objek yang Anda cari dengan berbagai sudut pandang yang berbeda jauh dari publikasi utama, maka Anda bisa mencoba mesin pencari ini. Boardreader menampilkan hasil pencarian murni dari banyak forum, papan diskusi dan juga Reddit.

8. WolframAlpha

WolframAlpha adalah ‘mesin komputasi pengetahuan’, atau kutu buku yang super cerdas untuk Anda. Anda bisa memintanya untuk menghitung data apapun mengenai fakta apapun. WolframAlpha memang tidak selalu berhasil, sehingga Anda harus berlatih untuk menggunakan mesin pencari ini.

Baca Juga  10 Ide Bisnis Berbasis Teknologi

9. IxQuick

IxQuick

IxQuick merupakan mesin pencari lainnya yang juga mementingkan privasi penggunanya. Mereka tak akan menyimpan informasi mengenai Anda dan tidak ada alat apapun yang digunakannya. Pengguna dapat mengatur preferensi namun hal itu akan dihapus dalam jangka waktu 90 hari setelahnya dalam keadaan tidak aktif.

10. Ask.com

Ini merupakan sebuah mesin pencari biasa yang berpura-pura beroperasi dengan pertanyaan dan jawaban. Namun hasil pencarian Ask.com sangat membantu jika mesin pencari lainnya tak memberikan jawaban yang Anda ingingkan.

11. SlideShare

Slideshare merupakan sebuah mesin pencari yang sangat berguna jika Anda ingin mendapatkan informasi mengenai presentasi, slide decks dan lainnya yang mungkin Anda lewati.

12. Addict-o-matic

Di Addict-o-matic, Anda bisa menciptakan halaman topik Anda sendiri, Anda juga bisa memberikan bookmark dan melihat hasil dari banyak channel yang ada pada satu halaman, misalnya termasuk Google, Bing News, Twitter, YouTube dan Flickr.

13. Creative Commons Search

Mesin pencari Creative Commons Search sangat berguna jika Anda sedang mencari gambar gratis tanpa copyright untuk website Anda. Anda hanya cukup mengetik pencarian pada website pilihan Anda.

14. Giphy

Giphy

Ingin mencari gambar dengan format GIF tanpa harus repot ? Maka mesin pencari Giphy adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Bagaimana ? Tertarik untuk mencoba mesin pencari selain Google ?

https://searchenginewatch.com/2016/02/25/say-goodbye-to-google-14-alternative-search-engines/

2 thoughts on “16 Macam Alternatif Mesin Pencari Selain Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *