apa itu cms

Apa Itu CMS?

Kata “CMS” sudah tidak asing lagi di dunia atau industri website mengingat banyaknya manfaat dan kemudahan yang bisa didapatkan dengan penggunaan CMS. Namun ternyata, tidak sedikit pengguna yang sebenarnya tidak mengerti dengan pengertian dan guna CMS itu tersendiri.

Apa Itu CMS?

CMS merupakan singkatan dari Content Management System, yaitu sebuah aplikasi (umumnya berbasis website) yang memungkinkan beberapa user untuk menggunakan atau mengatur konten, data dan informasi sebuah website atau aplikasi. Aktivitas ini termasuk membuat, mengedit, menghapus, mempublikasikan atau mendistribusikan konten, data dan informasi.

Di samping itu, CMS juga bisa diartikan sebagai aplikasi yang memungkinkan beberapa user untuk melakukan banyak aktivitas dalam menjalankan website tanpa perlu memiliki pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language).

Agar lebih jelas, di bawah ini adalah seluruh aktivitas yang bisa dilakukan dengan CMS:

  • Membuat, mengedit, mempublikasikan halaman website/artikel/blog/press release
  • Menambahkan atau mengedit penjelasan mengenai event pada Event Calendar
  • Menambahkan atau mengedit inventaris (produk), deskripsi, spesifikasi produk, harga, foto dan keterangan lainnya
  • Memasukkan, mengedit atau melihat oder, slip print packing dan invoice
  • Membuat dan mengedit user yang memiliki akses berbeda

Enterprise Content Management System (ECM/ECMS)

Tidak jarang ada orang yang menyebutkan ECM/ECMS jika sedang membicarakan topik mengenai CMS. Definisi atau pengertian yang bisa diambil dari ECM/ECMS adalah:

1. Sebuah aplikasi CMS dengan track record yang didesain untuk melayani dan mendukung kebutuhan organisasi berskala besar atau CMS berskala besar.

2. Aplikasi yang memiliki banyak fungsi yang menyediakan CMS dengan skala besar yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan terkait.

3. Sebuah aplikasi yang menyediakan tools dan kemampuan untuk mengatur, menempatkan dan mengirimkan konten serta dokumen yang sesuai dengan organisasi internal perusahaan beserta dengan workflow dan semua proses pekerjaan yang dilakukan.

Baca Juga  8 Cara Memilih Web Developer Yang Baik

Tujuan CMS

Tujuan utama dibuat dan digunakannya CMS adalah menyediakan kemampuan untuk sejumlah user dengan level akses berbeda yang bertugas menjalankan dan mengatur sebuah website atau konten di dalamnya.

Misalnya, Anda bisa membuat sebuah website yang lengkap dengan artikel, blog, press release, toko online, event dan menugaskan beberapa user yang diberi akses untuk mengurus masing-masing bagian tersebut.

Kesalahpahaman Mengenai CMS

Kurangnya pemahaman mengenai CMS bisa membuat pengguna salah mengartikan dan menggunakan CMS dalam menjalankan fungsinya. Beberapa kesalahpahaman yang ditemukan antara lain:

1. Banyak orang menganggap CMS adalah pokok utama kesuksesan sebuah website, dan ini adalah hal yang tidak benar. CMS digunakan untuk mempermudah pemilik website atau web developer dalam mengatur dan mendistribusikan konten, namun kesuksesan website tidak bergantung pada CMS.

Kesuksesan sebuah website pada dasarnya bergantung pada kualitas konten, layanan dan juga pemasaran serta faktor lainnya yang berada di luar kemampuan CMS.

2. Karena banyaknya hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan CMS, terdapat anggapan bahwa web developer atau programmer tidak dibutuhkan dalam perubahan website. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar.

Banyak sistem dalam CMS, khususnya sistem Open Source CMS yang memerlukan bantuan web programmer untuk membuat kustom atau perubahan tertentu sesuai dengan kebutuhan bisnis atau proyek besar.

Misalnya saja sistem Open Source CMS bernama Drupal. Banyak pengguna menganggap Drupal adalah solusi terbaik dan termurah bagi website, namun sekali lagi, hal tersebut tak sepenuhnya benar.

Drupal membutuhkan web programmer untuk mengatur setup dan mengkustom proyek tertentu. Karena kompleksitas yang dimilikinya, Drupal juga membutuhkan web master atau web developer untuk mengoperasikan dan mengelolanya.

Baca Juga  6 Pengaruh Responsive Web Design Untuk Meningkatkan SEO

3. Salah satu cara untuk mencapai kesuksesan sebuah website adalah dengan membangun brand yang akan diingat oleh masyarakat dan dapat tersebar luas.

Perlu diingat, kebanyakan sistem CMS dijalankan oleh programmer yang belum tentu memiliki pengalaman mengenai branding, desain dan penggunaan produk/jasa terkait. Karena itulah sebagian besar open source CMS belum dilengkapi dengan kemampuan branding.

Sumber: Comentum