website

Berapa Lama Waktu Pembuatan Website

Semua halaman website yang selama ini Anda lihat ternyata merupakan sebuah ‘kisah’ panjang. Pasalnya, tak mudah dan cepat untuk bisa menghasilkan sebuah website yang baik dan menarik banyak pengguna.

Waktu yang dibutuhkan untuk merancang dan membuat sebuah website sangat beragam. Hal itu tergantung pada banyak faktor seperti ukuran, fungsi, dan kemampuan website untuk berkomunikasi dengan pengguna dan lainnya. Tidak ada dua website yang membutuhkan waktu dan upaya yang setara ketika dibuat.

3 Faktor Utama yang Mempengaruhi Waktu Pembuatan Website

1.Seberapa cepat dimulainya pembuatan website ?

Web developer yang terkenal dan banyak memiliki klien harus membuat Anda menunggu lebih lama untuk memulai pembuatan website Anda. Tentukan web developer yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Waktu Pembuatan Website

Jika Anda memiliki tuntutan yang besar dan banyak permintaan yang terburu-buru, maka Anda hanya akan mendapatkan penawaran serta pilihan web developer yang tak banyak. Pasalnya saat ini web developer banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin membuat atau mempebaharui website mereka. Dapat dibilang web developer saat ini ‘sibuk’.

Pendekatan yang baik adalah dengan menjelaskan kebutuhan Anda dan membiarkan web developer untuk menjelaskan bagaimana mereka akan menyelesaikannya dan dalam jangka waktu berapa lama. Kemudian Anda dapat memilih web developer mana yang memberikan penawaran serta layanan yang paling baik bagi Anda.

2.Berapa lama sampai website siap untuk diulas ?

Waktu Pembuatan Website

Kebanyakan web developer dan desainer sudah memiliki acuan proses yang jelas dalam membangun sebuah website. Mereka juga bisa memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai akhirnya website Anda bisa diulas.

Ada banyak cara untuk mengulas dan mengembangkan website. Anda bisa melakukannya dengan menentukan solusi atas kekurangan atau kesalahan pada website Anda. Hal ini termasuk mengidentifikasi struktur konten, wireframe halaman utama dan interaktivitas website serta pengumpulan data yang menggambarkan kinerja semua fitur website.

Baca Juga  Apa Itu Website Mobile-Friendly?

Pada aspek desain, amati dan nilai bagaimana tampilan keseluruhan website Anda, baik dalam tampilan desktop ataupun mobile. Selanjutnya, analisa apakah website yang telah ada sudah berfungsi dengan baik dan sesuai dengan tujuan Anda atau tidak.

3.Berapa lama agar website siap untuk diluncurkan ?

Website baru akan bisa diluncurkan jika sudah tidak ada lagi perubahan atau perbaikan website dan konten di dalamnya.

Sebenarnya masih banyak sekali faktor yang mempengaruhi waktu pembuatan website. Komunikasi yang jelas , juga sikap konsisten dan transparasi antara Anda sebagai klien dan web developer sangat mempengaruhi waktu pembuatan dan hasil website.

Tidak ada batasan untuk menyempurnakan website Anda demi mendapatkan website yang sesuai keinginan. Website Anda dapat diluncurkan jika memang waktunya sudah tepat sehingga Anda tak perlu terburu-buru.

Tentukan waktu terbaik untuk meluncurkan website Anda. Lebih cepat Anda melakukan perubahan atau memperbaiki website, maka makin cepat pula website Anda bisa diluncurkan.

Harus diingat, penyebab nomor satu penundaan peluncuran website adalah karena kontennya yang tak lengkap. Tak ada pemilik website yang akan meluncurkan websitenya jika hanya setengah jadi.

Apa Saja Tanggung Jawab Anda Sebagai Klien ?

Klien Web Design

Tanggung jawab seorang klien sangat berbeda-beda pada tiap proyek pembuatan website. Ada klien yang sangat terlibat, namun ada juga yang menyerahkan segala urusan ke pihak web developer.

Misalnya saja, klien yang banyak terlibat biasanya adalah mereka yang memiliki usaha besar dan bisa menambahkan pengetahuan desain yang mereka miliki serta aspek lainnya. Sementara itu mereka yang mempercayakan web developer untuk mengurus hampir seluruh hal, biasanya adalah mereka yang merupakan pengusaha kecil.

Sebagai seorang klien, Anda harus memiliki standar merek (logo, warna perusahaan, tipografi dan lainnya) dan ‘arah’ untuk kepentingan website serta perusahaan Anda.

Baca Juga  8 Cara Memilih Web Developer Yang Baik

Proses Pembuatan Website

Proses Membuat Website
Ilustrasi pembuatan website

Berikut tahapan singkat proses pembuatan website :

1. Proposal

Pada tahap ini, web developer akan berdiskusi bersama Anda sebagai klien mengenai apa yang ingin dicapai dari website Anda. Setelah itu web developer akan membuat sebuah proposal dan menawarkannya kepada Anda dan kembali mendiskusikannya kembali jika ada tanggapan baru.

Tetapi jika Anda menginginkan sebuah website yang lebih spesifik, maka Anda harus lebih detail menjelaskan apa tujuan yang ingin Anda capai dan bagaimana website bisa membantu Anda.

2. Memulai Proyek

Lamanya pembuatan website tentu bervariasi. Terkadang ada klien yang sudah siap dengan segala informasi, namun terkadang ada juga yang harus melakukan banyak komunikasi dengan developer untuk membicarakan mengenai website yang dibutuhkan.

Memulai proyek pembuatan website sedini mungkin setelah proposal sudah disetujui membuat Anda lebih cepat mendapatkan website Anda.

3. Arsitektur/Perencanaan

Pada tahap ini, Anda bersama dengan web developer akan berdiskusi mengenai arsitektur website, rencana dan pengembangan wireframe website, serta mencari tahu bobot dan keseimbangan yang baik untuk website. Jika Anda ingin membuat perkembangan (dari website yang sudah ada) secara besar-besaran, maka Anda membutuhkan waktu yang lebih lama pada tahap ini.

Web developer akan melakukan penelitian mengenai target pelanggan yang Anda inginkan. Pasalnya, desain website harus intuitif dan disesuaikan dengan target pelanggan.

4. Desain

Web developer akan menyediakan sejumlah pilihan desain yang bisa Anda gunakan. Setiap desain biasanya memiliki kekurangan ataupun kelebihannya masing-masing. Web developer juga akan menunjukkan tampilan website Anda untuk versi perangkat mobile.

Tahapan desain ini biasanya memakan waktu sekitar empat sampai enam minggu.

5. Pembuatan Website

Pada umumnya diperlukan waktu sekitar enam minggu untuk membuat sebuah website yang standar. Jika sebuah proposal sudah selesai dan disetujui tanpa ada lagi perubahan, maka web developer akan langsung mulai mengerjakannya dalam tim. Kemudian web developer akan memecahnya menjadi bagian-bagian kecil dan membangun berbagai fungsi website klien mereka.

Baca Juga  Cara Membuat Website Online, Gratis & Mudah

Lama Pembuatan Website

Web developer selanjutnya menyiapkan website pada CMS yang diinginkan, memasukan semua konten yang diperlukan dan memastikan agar konten tersebut terpasang dengan benar. Dari sini, Anda ataupun web developer dapat melihat preview website versi beta sehingga tahu jika memang masih ada kekurangan. Anda dan juga web developer akan menguji serta menyetujui berbagai elemen yang dipasang pada website.

Kemudian jika semua elemen sudah Anda setujui, maka web developer akan melakukan pengujian secara keseluruhan dan website Anda siap untuk diluncurkan.
Kesimpulannya, rata-rata untuk membuat sebuah website bisnis dengan fungsi responsif dan majemen konten umum, membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 16 minggu. Sementara itu untuk membuat website e-commerce atau aplikasi website besar akan membutuhkan waktu pembuatan yang lebih lama dari itu.

Harus diingat, waktu tersebut belum termasuk waktu untuk memilih tim desainer atau web developer yang Anda gunakan, juga dengan potensi tertunda karena ketersediaan mereka. Anda harus melakukan pencarian dan mempekerjakan web developer tersebut sejak 4 sampai 6 bulan sebelum akhirnya bisa meluncurkan website Anda.

Lama waktu pembuatan website standar dengan platform CMS :

  • Company profile = 2 minggu
  • Ecommerce = 1 bulan
  • Website HRIS (human resource information system) = 6 bulan
  • Website TTMS (talent management system) = 12 bulan

Ingin tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun website impian Anda ? Hubungi kami diĀ info@progresstech.co.id.

Sumber :

http://www.billerickson.net/how-long-does-it-take-to-build-a-website/
http://www.rakacreative.com/blog/website-design-development/how-long-does-it-take-to-build-a-website/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *