bisnis online kuliner

7 Ide Bisnis Kuliner Online

Bisnis kuliner kini menjadi pilihan bagi banyak orang termasuk para pebisnis muda. Mereka mengandalkan kemajuan teknologi dan jaringan informasi serta media sosial untuk memasarkan bisnis secara online. Baik makanan ringan atau makanan utama pun dapat dengan mudah Anda dapatkan secara online. Menu kuliner yang selalu berkembang pun semakin mendorong bermunculannya para pebisnis kuliner khususnya bisnis kuliner secara online.

Sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa menjual produk edible (bisa dikonsumsi) memiliki rintangan yang tidak bisa dibilang mudah. Produk kuliner Anda harus memenuhi ketentuan masing-masing daerah atau negara mengenai industri makanan. Misalnya saja mengenai peralatan dan bahan yang sesuai dengan standar tertentu.

Tertarik menjalani bidang ini? Berikut adalah tujuh ide bisnis kuliner online yang bisa Anda lakukan:

1. Jual Makanan Yang Dipanggang

Orang-orang menyukai makanan yang dipanggang. Misalnya saja muffin atau donat untuk sarapan, roti atau biskuit home made untuk makan malam dan kue untuk snack.

Anda bisa mengambil keuntungan dari menjual menu makanan yang dipanggang. Coba untuk menspesialisasi diri pada menu panggang tertentu, misalnya bisnis kue kering atau bisnis produk roti seperti cake, muffin, roti gandum dan masih banyak lagi varian roti lainnya. Atau Anda juga bisa mengkhususkan diri dengan menjalankan bisnis makanan panggang bebas gluten atau gula.

Bisnis ini memungkinkan Anda untuk menjual produk makanan Anda ke kafe atau toko lokal. Kemudian Anda juga bisa menjual langsung ke publik dengan memasarkannya melalui toko online (website dan media sosial) atau bazaar dan acara tertentu.

2. Produk Khusus

Apa Anda memiliki atau bisa membuat produk khusus tertentu yang disukai banyak orang? Misalnya selai, manisan, coklat bahkan biji kopi tertentu.

Baca Juga  10 Tips Optimasi SEO Toko Online

Jika Anda memiliki bahan edible yang disukai oleh banyak orang, maka jadikan hal itu sebagai pendapatan hidup. Mirip seperti makanan panggang, produk khusus seperti yang disebutkan di atas diminati oleh banyak orang. Produk seperti itu bisa dijual secara online dengan tampilan desain kemasan yang menarik atau pun dijual secara konsinyasi ke toko, pameran, distributor dan sebagainya.

3. Katering

Apa Anda termasuk orang yang suka memasak berbagai jenis makanan? Walaupun bisnis katering memerlukan upaya yang lebih besar, namun banyak pebisnis katering yang menjalankan bisnis mereka pada akhir pekan atau hanya untuk event tertentu.

Kini banyak bisnis katering yang merambah dunia online dengan menawarkan promo khusus atau kupon yang hanya bisa digunakan untuk pemesanan online. Mereka memasarkan menu katering melalui media sosial, website sendiri ataupun bekerja sama dengan website khusus promosi dan kupon.

4. Personal Chef

Mungkin saja Anda suka memasak tapi tidak ingin mengerjakan tugas besar seperti bisnis katering. Keadaan ini bisa Anda manfaatkan dengan menjadi personal chef yang menjual jasa memasak.

Banyak orang yang sibuk namun tidak mau membeli makanan di restoran untuk beberapa alasan seperti bosan atau tidak percaya dengan bahan makanan yang digunakan. Mereka akan mencari personal chef yang akan memasak khusus untuk mereka secara langsung di rumah ataupun dengan pesan antar. Anda bisa mengkhususkan diri misalnya memasak makanan vegetarian, makanan diet, makanan bayi dan sebagainya.

Perkenalkan jasa ini melalui media sosial dan website. Tampilkan menu dan hasil makanan serta bahan yang Anda gunakan. Perlihatkan pula ruangan Anda memasak, peralatan yang digunakan dan jasa pengiriman yang diandalkan. Minta pelanggan Anda untuk memberikan testimonial pada postingan Anda.

Baca Juga  Meningkatkan Efektivitas & Efisiensi Strategi Bisnis Lewat “Customer Sweet Spot”

5. Instruktur Masak

Banyak orang yang rela mengeluarkan banyak biaya untuk belajar memasak, maka gunakanlah kesempatan ini jika Anda memang memiliki keahlian memasak. Seperti bisnis kuliner lainnya, seorang instruktur masak juga bisa fokus pada area yang spesifik. Misalnya saja membuat dessert atau makanan utama, Anda juga bisa spesifik mengajarkan menu makanan Chinese, Western, Korean, Japanese dan sebagainya.

Anda bisa memulai kelas di rumah Anda dengan mengundang peserta, atau merekam proses memasak secara lengkap dan menjual videonya sebagai bagian atau paket dari kelas Anda. Cara lainnya adalah mengupload video Anda di YouTube yang nantinya bisa memberikan penghasilan.

6. Ahli Nutrisi

Kini masyarakat menyadari pentingnya kesehatan dan pengaruh makanan yang dikonsumsi pada tubuh mereka. Seorang ahli nutrisi bisa membantu orang lain untuk mengikuti aturan makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh mereka. Beberapa klien mungkin saja memiliki isu kesehatan seperti diabetes, alergi atau obesitas.

Walaupun Anda bukan seorang ahli nutrisi bersertifikat, tapi pengetahuan Anda mengenai nutrisi bisa dimanfaatkan sebagai nilai tambah bisnis kuliner Anda. Jika ingin lebih dipercaya, Anda bisa terlebih dahulu mengikuti kelas atau seminar mengenai nutrisi untuk mendapatkan sertifikat.

Sama seperti sebelumnya, promosikan keahlian dan jasa Anda melalui media sosial dan website. Buat website dengan desain yang cocok dengan dunia kuliner. Tampilkan informasi kontak, klien yang sudah ada, program atau paket yang Anda tawarkan dan sebagainya.

7. Food Blogger

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk menjalankan bisnis kuliner secara online adalah melalui blog. Anda bisa share resep melalui konten teks atau video melalui blog bersamaan dengan media sosial lainnya.

Tidak seperti bisnis kuliner lain yang mengharuskan Anda mengikuti regulasi negara, menjadi seorang food blogger tidak memiliki aturan tertentu karena Anda tidak menjual produk. Dengan menjadi food blogger, Anda akan menghasilkan pendapatan dari beberapa sumber seperti iklan dan affiliate marketing atau menjual buku resep berdasarkan pengalaman Anda sendiri.

Baca Juga  Berapa Biaya Iklan Google AdWords?

Sumber : thebalance.com