bisnis online tanpa mdoal

Mulai Bisnis Online Anda Sendiri Tanpa Modal

Faktor biaya atau modal umumnya menjadi perhatian utama orang-orang yang ingin membangun bisnis sendiri, mungkin juga termasuk Anda. Tapi bukan berarti Anda tak memiliki pilihan lainnya untuk dilakukan, apalagi di era bisnis online saat ini. Sangat mungkin untuk memulai bisnis online dengan modal kecil, atau bahkan tanpa modal jika Anda bisa memanfaatkan kemampuan, pengetahuan dan kerja keras serta teknologi yang ada.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis online tanpa modal besar:

1. Buat Produk Untuk Dijual

Membuat sesuatu memang memerlukan biaya, namun sering kali produk home made bisa dijual dengan harga yang sangat tinggi. Tidak perlu bingung, beberapa tempat ini memungkinkan Anda untuk menjual sesuatu secara online dengan gratis:

  • Kaskus, yang merupakan salah satu situs jual beli pertama dan besar di Indonesia. Kemudahannya untuk digunakan dalam bertransaksi membuat banyak orang memanfaatkannya untuk menjual produk yang mereka buat.
  • Tokopedia, bersaing dengan marketplace lainnya yang ada di Indonesia, Tokopedia kini dikenal dan digunakan oleh banyak orang yang mencoba peruntungan mereka di bidang retail.
  • BukaLapak, bingung mau membuka lapak untuk berjualan di mana? Coba buat akun dan mulai berjualan di website marketplace ini.
  • OLX, tidak hanya barang bekas, kini masyarakat menggunakan OLX untuk menjual barang-barang baru milik mereka. Hampir semua jenis barang bisa Anda jual di sini termasuk properti dan jasa.
  • Etsy, salah satu pasar online terbesar untuk produk-produk homemade mulai dari aksesoris hingga mainan anak.

Banyak pebisnis yang memutuskan untuk memasarkan produk buatan mereka ke sejumlah marketplace dan memang hal ini tidak dilarang. Namun pastikan Anda memeriksa dan mengatur selalu inventori yang ada untuk memastikan ketersediaan produk.

Baca Juga  Cara Kerja Internet of Things

2. Beli Produk Untuk Dijual Kemudian

Jika Anda masih belum percaya diri untuk menjual produk homemade buatan Anda, maka tidak perlu khawatir. Banyak orang yang sukses menjadi pebisnis besar dengan menjual barang yang diproduksi pihak lain. Beberapa caranya melalui:

Drop Shipping

Buat toko online baik website ataupun media sosial dan bekerja sama dengan supplier yang memperbolehkan layanan dropshipping. Pelajari ketentuan yang ada dan sesuaikan dengan tujuan dan target pelanggan Anda.

Toko Barang Bekas dan Garage Sale

Anda bisa menemukan benda-benda langka atau antik di toko barang bekas, toko barang antik, pasar loak dan garage sale untuk kemudian menjualnya kembali melalui toko online atau media sosial.

Salah satu contoh yang sangat sukses adalah Sophia Amoruso, pendiri Nasty Gal. Amoruso mulai membeli dan menjual kembali produk fashion yang unik di eBay, dan kini perusahaannya telah berkembang dengan nilai laba bersih sebesar US$ 24 juta di tahun 2011.

3. Menjadi Pekerja Lepas (Freelance)

Selain produk yang sedikit banyak menggunakan modal awal, cara lain memulai bisnis online tanpa mengeluarkan biaya adalah menjual jasa. Ada berbagai macam layanan yang dapat Anda tawarkan, bergantung pada latar belakang dan minat Anda. Beberapa contoh bisnis layanan jasa adalah akuntan, baby sitting, personal cook, pelatih olahraga dan lainnya.

Mengingat Anda menjual jasa, maka Anda harus memiliki pencitraan atau branding yang baik untuk memastikan nama dan bisnis Anda dikenal oleh orang yang tepat (sesuai dengan target). Beberapa tempat yang bisa Anda manfaatkan untuk mengiklankan jasa Anda secara gratis diantaranya Upwork, Elance, Freelancer.

4. Barter Untuk Mendapatkan Keperluan

Bukan hal yang mudah untuk melengkapi semua yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis. Walaupun ada banyak website yang memungkinkan Anda untuk berbisnis secara gratis, tapi tetap saja Anda membutuhkan beberapa kelengkapan utama seperti komputer atau printer.

Baca Juga  6 Tools Untuk Membuat Survei Online Gratis

Untuk mengakalinya, coba buat website sebagai tempat pemasok elektronik bekas dan lakukan barter dengan para pemasok.

5. Cari Koneksi

Anda pasti memiliki setidaknya satu orang teman yang pandai dalam bidang desain. Minta bantuannya untuk membuatkan Anda logo untuk bisnis sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menyewa jasa desainer logo. Gunakan logo untuk toko online, media sosial dan juga keperluan lainnya yang membutuhkan desain.

Memulai bisnis membutuhkan kerja keras dan semangat dari diri Anda sendiri, khususnya kegiatan yang Anda sukai. Jika Anda telah menemukan bidang yang nyaman untuk dijalani, maka pada akhirnya Anda akan mudah menemukan jalan untuk sukses di bidang tersebut.

Sumber : entrepreneur.com