wix-full

Cara Membuat Website Gratis & Mudah

Apakah Anda sedang membutuhkan website untuk bisnis atau toko online tapi minim biaya? Ada banyak cara untuk membuat website dengan gratis di internet, sekalipun Anda tidak memiliki kemampuan coding atau web design. Meskipun tetap memiliki beberapa kekurangan namun patut dicoba untuk Anda yang ingin memiliki website atau blog pribadi.

Membuat website gratis dengan WIX

wix-fullWIX adalah penyedia (platform) pembuatan website secara online yang bisa Anda kerjakan sendiri. Dengan bantuan platform WIX Anda bisa membuat website dengan tampilan yang menarik dan ramah mobile.

Langkah-langkah pembuatannya cukup mudah dan relatif singkat untuk orang awam. Tapi jika Anda belum pernah melalui proses pembuatan website sebelumnya Anda mungkin akan memerlukan sedikit penyesuaian dengan user interface yang dimiliki WIX.

Berikut ini tutorial singkat untuk membuat website sendiri dengan bantuan WIX.

Tutorial WIX

Daftarkan akun Anda

Sama seperti website penyedia jasa online lainnya, dengan WIX Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dulu.

Untuk melakukan ini Anda cukup memasukkan alamat email dan password, Anda juga bisa daftar menggunakan akun Google atau Facebook.

Pilih Tipe Website

wix-pilih-web

Mulailah dengan memilih tipe website yang Anda inginkan. Klik “I Need a Site for…” lalu pilih sesuai kebutuhan Anda.

Beberapa pilihan yang tersedia sangat cocok untuk bisnis skala kecil dan menengah (UKM) seperti Toko Online, blog pribadi atau bahkan Company Profile untuk perusahaan.

Anda bisa memilih sesuai dengan kategori bisnis, tersedia pilihan mulai dari Photography (untuk fotografer freelance), Accomodation (untuk bisnis hotel dan agen perjalanan) atau Restaurants (jika Anda memiliki usaha kuliner) dan lainnya.

Yang perlu diingat bahwa pilihan Anda akan mempengaruhi berbagai macam opsi dan template yang tersedia kemudian, jadi pilihlah yang paling tepat dan sesuai dengan bisnis Anda.

Pilih Template

Ketika Anda sudah memilih tipe website apa yang ingin dibuat, Anda akan langsung diarahkan ke pilihan template terkait yang tersedia.

wix-tipeSelain itu Anda juga bisa mencari menggunakan kategori spesifik, seperti website yang dibuat khusus untuk blogger, portfolio, musik dll. Atau Anda juga bisa memilih dari pilihan website dengan tema kosong (Blank Template) untuk membuat website dari nol.

Baca Juga  Responsive Design atau Mobile Website?

Tampilan Antar Muka WIX

wix-antarmukaWIX memiliki tampilan antarmuka yang cukup sederhana:

  • Navigation bar di atas; berfungsi untuk berganti halaman, zoom in/out, melihat tampilan website pada smartphone, Save, Preview, dan Publish.
  • Sidebar di kiri; berfungsi untuk mengganti tampilan background, menambah elemen, upload media, menambah fitur(blog, toko online) dll.
  • Toolbar di kanan; berfungsi untuk merubah posisi elemen, menghapus, duplikasi dll.

Ganti Detail

Ketika Anda sudah memilih template yang sesuai, WIX akan menampilkan preview dari desain website. Anda bisa mulai melakukan modifikasi tampilan dengan melakukan geser dan letakan (drag and drop).

Dengan cara ini anda bisa melakukan perubahan layout dan elemen dengan sangat mudah. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merubah nama bisnis Anda, tagline dan tulisan apapun yang tidak ada hubungannya dengan bisnis Anda.

Lakukan ini dengan cara, klik pada teks yang ingin dirubah kemudian akan muncul pilihan “Edit Text”, lalu akan muncul text editor untuk merubah tulisan, ukuran, jenis font dan sebagainya.

wix-text-editor

Update Media

wix-mediaElemen-elemen visual yang ada pada website bisa dirubah sesuai dengan keinginan Anda. Jika terdapat foto pada template, Anda bisa klik lalu ganti dengan foto yang lebih sesuai dengan bisnis Anda.

Jika background pada halaman website dirasa kurang cocok, Anda bisa merubahnya juga. Caranya, klik pada background yang ada pada sidebar, lalu pilih warna atau upload foto atau bahkan video.wix-background

Tambahkan Elemen Lain

Template yang Anda miliki sekarang hanyalah tampilan awal dari website Anda. Anda juga bisa menambahkan elemen lain pada halaman ini untuk menyempurnakannya.

Pada sidebar sebelah kiri, klik tombol “Add” untuk menampilkan daftar elemen halaman yang potensial yang bisa Anda tambahkan ke website.wix-add-elemen

Baca Juga  13 Tips Membuat Navigasi Website yang Baik

Anda bisa menambahkan elemen baru seperti, text box, gambar, slideshow button, menu, video atau shape.

Saat Anda klik pada salah satu elemen tersebut dari menu, Anda bisa melihat beberapa perbedaan opsi untuk setiap style yang ingin Anda tambahkan pada website.

Kemudian Anda bisa menambahkan atau memindahkan elemen apapun untuk membuat desain website seperti yang Anda inginkan.

Ulangi Untuk Halaman Lain

wix-halamanSetelah Anda selesai menambahkan semua elemen pada homepage, jangan lupa untuk melakukan hal yang sama pada halaman lainnya.

Anda tidak harus menambahkan semua elemen yang sama persis. Lakukan penyesuaian pada setiap halaman agar terlihat sesuai dengan yang Anda inginkan menggunakan cara yang sama.

Cukup klik pada halaman yang ingin Anda edit pada navigation bar lalu tambahkan elemen apapun pada halaman tersebut.

Terakhir, jangan lupa simpan semua perubahan yang sudah Anda buat sebelum berpindah ke halaman berikutnya.

Tambahkan Blog

Anda juga bisa memilih halaman mana saja yang Anda ingin tampilkan pada website. Tapi satu halaman yang mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk ditambahkan adalah blog, mengingat blog cukup penting untuk website bisnis.

Anda bisa menambahkan blog pada website dengan menggunakan tool pada sidebar. Kemudian Anda bisa mengelola post / artikel dan menambahkan content baru melalui sidebar juga.

Tambahkan Produk Anda

Pada bagian sidebar juga terdapat pilihan “My Store”. Jika Anda memiliki toko online atau eCommerce yang menampilkan beberapa produk untuk dijual di website gunakan pilihan ini.

wix-storeTambahkan produk pada website lengkap dengan informasi tambahan seperti foto, harga dan deskripsi. Lakukan juga penyesuain pada bagian pembayaran, pengiriman dan konfigurasi toko online dari bagian ini.

Publish Website Anda

Ketika Anda sudah cukup puas dengan semua tampilan website, sekarang Anda sudah bisa melakukan publish.

Sebelumnya Anda tetap bisa melakukan preview, dengan cara klik pada tombol disudut kanan atas, untuk memastikan semuanya sudah sempurna.

Lalu jika semua sudah siap, klik “Publish” pada bagian pojok kanan atas lalu website Anda sudah bisa online dan diakses oleh siapapun.

Baca Juga  Kelebihan & Kekurangan Website Gratis

wix-publish

Anda bisa melihat domain Anda pada jendela popup yang muncul, atau Anda bisa memilih untuk menghubungkan website WIX Anda dengan domain yang sudah Anda beli sendiri.

Setelah semuanya selesai, Anda akan mendapatkan website yang merepresentasikan bisnis atau brand Anda. Jangan lupa untuk mempromosikan website baru Anda kepada teman-teman atau melalui media sosial.

Meskipun memiliki tampilan yang menarik dan ramah mobile, membuat website dengan web builder gratis seperti Wix tetap memiliki beberapa kekurangan, seperti website yang tidak ramah SEO.

Jika bisnis Anda masih baru dimulai atau hanya untuk pribadi, menggunakan WIX sudah cukup baik. Tapi bagi sebuah perusahaan atau unit bisnis resmi sangat disarankan untuk mencari jasa pembuatan website yang profesional.