cara membuat video marketing murah

Cara Membuat Video Marketing Murah

Kepopuleran konten video mendorong banyak perusahaan menggunakan konten video dalam strategi digital marketing mereka. Biasanya perusahaan akan merekrut videografer ataupun menggunakan jasa agensi video.

Namun keterbatasan kemampuan membayar biaya jasa videografer yang sangat mahal bisa menjadi halangan. Untuk itu tidak sedikit tim digital marketing berupaya untuk membuat video marketing sendiri dengan biaya yang lebih murah.

Jika Anda tertarik, lihat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat video marketing dengan murah berikut ini:

1. Video Slideshow

Jika Anda belum pernah membuat video marketing sama sekali, mulailah dengan dasar yang sederhana yaitu slideshow untuk presentasi misalnya. Ada banyak software yang bisa Anda pilih untuk membuat slideshow dengan mudah yang berisi gambar, teks dan musik, seperti ScreenFlow atau bahkan Microsoft Power Point.

Buat naskah terlebih dahulu yang berisi alur cerita presentasi yang Anda inginkan, kemudian edit dan export video untuk diposting ke berbagai jenis media sosial. Cara ini sangat berguna untuk pemula dan tidak akan menguras banyak biaya.

2. Video Testimonial

Video testimonial banyak digunakan oleh pemilik toko online sebagai “bukti” kepada calon pembeli lainnya yang membutuhkan review produk atau jasa. Selain itu, video testimonial dari pelanggan pada halaman produk Anda bisa meningkatkan konversi website.

Calon pembeli tidak membutuhkan video berkualitas tinggi, melainkan penilaian dari pembeli atau pelanggan lain secara jujur. Untuk semakin mempemudah Anda, kirimkan email penawaran diskon bagi pelanggan yang membuat video testimonial mengenai produk Anda. Dengan demikian Anda tidak direpotkan dengan membuat video testimonial sendiri yang akan memakan banyak waktu dan biaya.

3. DIY Animasi

Video animasi berkualitas buatan agensi desain tentu mengharuskan Anda mengeluarkan pembayaran yang tidak murah, apalagi jika perusahaan Anda memiliki budget yang rendah. Sebagai pilihan alternatif lain, coba pertimbangkan untuk menggunakan tool DIY animasi.

Baca Juga  Berapa Biaya Iklan Google AdWords?

Tool atau software untuk membuat video animasi tidak terlalu mahal, bahkan banyak yang bisa Anda bisa dapatkan secara gratis. Salah satu tool yang mudah digunakan adalah Animaker yang memungkinkan Anda membuat animasi dengan fitur sederhana seperti drag dan drop. Atau Anda juga bisa mempelajari penggunaan tool animasi melalui YouTube.

4. Jasa Freelance

Dibandingkan harus menggunakan jasa agensi untuk pembuatan video, lebih baik Anda menggunakan jasa freelance yang jauh lebih murah. Pasalnya banyak freelance berbakat yang tidak meminta tarif tinggi karena mereka belum “memiliki nama”.

Cukup buat iklan lowongan pekerjaan untuk freelance di website dan media sosial perusahaan Anda.

5. Live Video

Manfaatkan media sosial yang memiliki fitur live video seperti Instagram, Facebook dan YouTube. Data menunjukkan bahwa pengguna Facebook menghabiskan waktu mereka tiga kali lebih banyak untuk menonton live video dibandingkan video biasa.

Sumber:

Entrepreneur: 5 Low-Cost Ways to Get Started With Video Marketing