cara meningkatkan pengunjung blog

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Salah satu cara untuk meningkatkan brand Anda adalah dengan membuat website yang berkualitas, termasuk halaman blog. Anda harus memastikan bahwa blog Anda berisi konten terbaik agar bisa menghasilkan traffic yang tinggi dan terus meningkat.

Untuk bisa mencapai tujuan itu, berikut ini adalah lima cara meningkatkan pengunjung blog yang bisa Anda lakukan dengan mudah:

1. Rencanakan Pembuatan Konten Dengan Strategi Yang Tepat

 

strategi konten blog

Jika Anda ingin meningkatkan traffic dan pengunjung blog, cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah membuat konten yang berkualitas. Tidak hanya dilihat dari segi kualitas saja, melainkan strategi yang Anda terapkan saat membuat konten tersebut.

Konten yang sukses adalah konten yang bisa memenuhi kebutuhan Anda dan audiens. Pikirkan mengenai audiens atau target pelanggan Anda dan apa yang mereka sukai. Sebagai informasi, saat ini konten yang banyak dimuat terbagi dalam dua kategori besar, yaitu konten yang lucu dan keren atau berguna dan mendidik.

Jika Anda membutuhkan ide, manfaatkan Quora untuk melihat apa saja pertanyaan yang sedang banyak diajukan (yang terkait dengan bisnis Anda). Anda juga bisa menggunakan Buzzsumo untuk melihat apa pendapat orang lain mengenai industri Anda, kemudian sesuaikan dengan konten yang akan dibuat.

Buat Konten Evergreen Untuk Blog

Pastikan untuk membuat konten evergreen sebanyak mungkin pada blog Anda. Konten evergreen adalah jenis konten yang topiknya selalu populer sepanjang waktu, bukan hanya sesaat saja sehingga informasinya bisa digunakan sampai kapanpun.

Misalnya saja buat konten dengan topik sejarah kemerdekaan, tokoh dunia, tips dan sebagainya.

Buat Headline Yang Menarik

Sebagai seorang blogger, Anda harus memastikan bahwa setiap konten memiliki headline atau judul yang menarik. Headline adalah hal yang pertama kali dilihat oleh audiens yang bisa mendorong mereka mengunjungi website Anda.

Jangan sampai konten terbaik Anda terhalangi oleh headline yang buruk dan jangan takut untuk mencoba beberapa headline. Share blog Anda beberapa kali dengan headline yang berbeda-beda dan lihat mana yang memiliki performa terbaik.

Baca Juga  Website Promo Untuk Musisi Indie

Buat Newsletter Untuk Menunjukkan Konten Blog Terbaik Anda

Anda harus memasukkan elemen promosi dalam strategi konten Anda untuk bisa menghasilkan traffic yang diinginkan.

Salah satu cara termudah dan tercepat untuk mendorong traffic adalah mengumpulkan email yang akan digunakan untuk newsletter. Anda bisa mengirimkan email berisi konten blog terbaik Anda, baik secara mingguan atau bulanan kepada audiens atau pelanggan. Hal ini akan mendorong mereka untuk kembali membuka halaman website atau blog Anda.

2. Gunakan Keyword Yang Tepat

keyword blog

Jika Anda ingin mendapatkan traffic yang tinggi, maka sertakan penggunaan keyword yang tepat dan SEO (Search Engine Optimization) dalam strategi Anda. Dengan SEO yang baik Anda akan mendapatkan traffic dari target yang diinginkan. SEO yang baik juga bisa menempatkan blog Anda di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Gunakan keyword pada teks di konten blog dan berikan link yang terhubung dengan konten lain yang relevan (pada blog Anda). Namun ingat, jangan sampai memenuhi konten dengan penggunaan keyword yang sangat banyak ataupun link yang tidak berhubungan serta berjumlah besar.

Terus bertambahnya website dan periklanan online memaksa Anda untuk terus bersaing dengan cara menggunakan keyword yang populer (terkait dengan industri Anda). Untuk itu, Anda harus kembali mengatur strategi dengan menggunakan long-tail keyword.

Mengapa Long-Tail Keyword Penting Untuk Blogger?

Long-tail keyword adalah frasa yang terdiri lebih dari tiga keyword dan digunakan untuk melakukan pencarian. Menggunakan long-tail keyword yang tepat akan memberikan Anda hasil yang lebih baik karena persaingan yang ada tidak sebanyak keyword biasa.

Misalnya Anda ingin berada pada ranking pertama untuk pencarian “kamera digital”. Daripada menggunakan keyword “kamera digital”, lebih baik Anda menggunakan keyword “kamera digital murah untuk pemula” misalnya. Dengan begitu, kesempatan Anda untuk berada pada halaman pertama pencarian akan lebih besar.

Bagaimana Cara Mencari Long-Tail Keyword?

Mulai cari long-tail keyword yang tepat untuk brand Anda dengan bantuan Google. Ketik keyword awal atau utama dan lihat suggestion apa saja yang diberikan oleh Google. Kemudian, perhatikan juga pencarian yang related yang ada pada bagian bawah halaman pencarian.

Baca Juga  Tips Digital Marketing Untuk UKM

Catat semua long-tail keyword tersebut dan coba masukkan ke Google Keyword Planner. Lihat long-tail keyword mana yang paling banyak menghasilkan traffic (sekaligus melihat keyword lainnya yang disarankan oleh Google). Pilih keyword dengan volume pencarian yang tinggi dan tidak memiliki banyak saingan.

Plugin WordPress Untuk SEO

Ada banyak plugin dari wordpress yang dirancang untuk membantu para blogger dalam menerapkan SEO. Plugin tersebut bisa membantu Anda membuat slug URL dengan benar, membuat meta description, setup sitemap dan pekerjaan teknis SEO lainnya yang mungkin sulit untuk dilakukan oleh pemula. Salah satu plugin SEO yang paling banyak digunakan pada wordpress adalah Yoast, plugin ini bisa digunakan secara gratis.

3. Cari Target Audiens Dan Tempat Mereka Berkumpul

audiens blog

Dalam mempromosikan blog Anda, menentukan target audiens adalah hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan.

Lihat jejaring atau media sosial apa yang paling cocok dan tepat untuk Anda. Misalnya, jika blog Anda diisi dengan banyak konten visual, maka cocok untuk menggunakan LinkedIn. Memahami audiens adalah kunci untuk membangun link rujukan dari website yang relevan.

Gunakan Google Analytics untuk melihat website apa yang banyak mendapatkan traffic. Cari forum dan website yang dikunjungi oleh target audiens Anda dan coba untuk ikut aktif di sana. Pastikan kehadiran Anda disadari dan berguna dengan cara memposting atau share konten yang berguna.

Fokus Pada Jaringan Yang Paling Efektif

Setelah Anda berhasil menemukan jaringan yang tepat, gunakan jaringan tersebut untuk terus meningkatkan upaya promosi blog Anda. Jangan terpengaruh untuk menggunakan banyak jaringan atau media sosial berbeda karena malah akan membingungkan Anda.

Minta Bantuan Orang Di Dalam Jaringan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Social Bakers menemukan bahwa pengguna media sosial yang meminta bantuan follower mereka untuk Retweet (pada Twitter) postingan mereka bisa mendapatkan rata-rata 63 Retweet per Tweet atau postingan. Sementara mereka yang tidak meminta bantuan hanya mendapatkan 29 Retweet.

Baca Juga  10 Manfaat Digital Marketing

Dapat dikatakan bahwa cara ini memiliki konsep yang mirip dengan call-to-actions (CTA).

4. Optimasi Kecepatan Blog Dan Responsive Web Design (RWD)

mobile blog

Audiens malas untuk menunggu waktu loading yang lama, termasuk waktu loading blog Anda. Jika blog Anda tak bisa terakses dalam waktu yang singkat, maka audiens akan menekan tombol “back” dan mencari sumber lainnya.

Gunakan Page Speed Insight milik Google untuk menginformasikan kecepatan website Anda dan tips yang bisa dilakukan untuk mengoptimasikannya.

Di sisi lain, audiens dewasa ini menggunakan perangkat mobile mereka lebih dari tiga jam sehari baik untuk bekerja, belajar, mencari hiburan dan hal lainnya. Membuat website dan blog Anda dengan Responsive Web Design (RWD) akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda karena audiens dapat dengan mudah mengakses blog Anda melalui perangkat mobile mereka.

5. Bangun Hubungan Baik Dengan Blogger Lainnya

blogger

Jika Anda ingin mendapatkan traffic yang baik untuk blog, itu artinya Anda juga harus membangun hubungan yang baik dengan para blogger lainnya.

Berikan komentar di blog mereka dan aktif dalam sejumlah komunitas blogger. Agar lebih menarik dan memperkaya konten, Anda bisa membuat konten misalnya tentang “10 Food Blogger Terbaik” dengan mewawancarai para blogger tersebut.

Jangan lupa untuk mencantumkan atau tag mereka di blog Anda sehingga bisa mereka Retweet atau share ke platform lainnya sehingga berujung pada kenaikan traffic Anda.

Jika sebelumnya dikatakan untuk memasukkan link blog Anda sendiri, namun memasang link di website atau platform lain juga tak kalah pentingnya. Strategi ini memberikan sinyal positif ke Google bahwa Anda tidak melakukan spam. Melainkan Anda membangun hubungan positif dengan halaman blog lainnya(organik).

Sumber:

WordStream: How To Increase Blog Traffic: 5 Easy Steps to Stardom