cara merancang dan membangun website

10 Cara Terbaik Merancang Dan Membangun Website

Jangan memutuskan untuk mengambil cara atau jalan pintas ketika akan merancang dan membangun website apalagi website untuk perusahaan. Ada banyak penyedia jasa layanan membuat website yang menawarkan tarif murah namun hasil yang dihasilkan sangat minim sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan Anda.

Pastikan website dibuat efektif tidak hanya untuk Anda, melainkan bagi target pengunjung website tersebut. Oleh karena itu, faktor desain website benar-benar Anda butuhkan untuk langsung menarik perhatian pengunjung website.

Tidak hanya dari segi penampilan biasa, Anda harus memastikan website Anda memiliki kemudahan dan kenyamanan ketika digunakan orang lain. Di bawah ini merupakan 10 cara terbaik untuk merancang dan membangun website yang efektif:

1. Buat Website Yang Berguna

Ada sejumlah elemen dasar yang harus dimiliki oleh website, seperti logo perusahaan, tombol login, tampilan promosi tertentu dan sebagainya. Pastikan website desainer Anda membuat desain website yang tidak membosankan.

Misalnya saja, dibuat sistem penilaian terhadap produk atau jasa tertentu untuk memudahkan pengunjung menentukan pilihan mereka. Atau gunakan desain dengan bentuk dan warna unik untuk menampilkan diskon atau penawaran terbaru. Pastikan semua konten tersebut berguna dan mudah untuk digunakan.

2. Gunakan Font Modern

Selain isi teks dalam website, perhatikan juga bagaimana cara content writer Anda menulis konten terkait termasuk font apa yang digunakannya. Font memainkan peran penting dalam menampilkan sebuah website yang menarik serta membantu meningkatkan brand awareness. Pilih font modern yang sesuai dengan bisnis dan merek Anda. Hindari penggunaan font “jadul” karena akan terlihat sangat kaku.

3. Manfaatkan Tombol Call To Action (CTA)

Tujuan utama dibuatnya website adalah mengajak pengunjung untuk mengklik tombol CTA. Jika pengunjung mengklik tombol CTA tersebut (melakukan konversi) maka besar kemungkinan mereka akan berada lama di website Anda dan berakhir pada transaksi (untuk website e-commerce) atau tujuan akhir lain yang telah Anda tetapkan.

Baca Juga  Cara Membuat Navigasi Website yang Ramah SEO

Untuk mencapai hal tersebut, pastikan tombol CTA Anda memiliki tampilan menarik dan menonjol dibandingkan dengan konten lainnya. Pastikan agar mata pengunjung tertuju pada tombol CTA sehingga menghasilkan konversi.

4. Rancang Halaman Login Dengan Tampilan Mencolok

Halaman login adalah tempat bertemunya Anda dengan pengunjung website serta calon pelanggan. Melihat banyaknya website dengan tampilan kreatif saat ini, Anda tidak boleh ketinggalan dan harus tetap mengikuti arus tren dengan memanfaatkan sebanyak mungkin hal yang ada. Rancang halaman login dengan tampilan konten yang mampu berkomunikasi dengan pengunjung, misalnya saja dengan memainkan desain dan warna teks yang digunakan.

5. Masukkan Unsur Fotografi

Foto adalah salah satu bagian yang tak terpisahkan dari setiap website, baik itu website company profile, e-commerce, portofolio dan sebagainya. Namun harus diakui bahwa biaya yang dikeluarkan untuk bisa mendapatkan foto dengan kualitas tinggi tidaklah murah. Foto ilustrasi mungkin bisa menggunakan foto gratis yang tersedia di internet, namun untuk foto produk misalnya hal ini tidak mungkin.

Untuk menyiasati hal ini, Anda dapat berkreasi sendiri. Cukup gunakan kamera DSLR dan mempelajari dasar teknik fotografi dan juga editing. Memang hal ini mungkin tidak berlaku jika website Anda merupakan website mengenai fashion, kecantikan ataupun kuliner. Namun tidak ada salahnya menghasilkan foto sendiri untuk konten pendamping foto utama.

6. Gunakan Photoshop Untuk Mengedit Foto

Untuk mendukung tampilan foto bagi website Anda, andalkan Photoshop untuk mengedit. Teknik Photoshop dasar sudah cukup memungkinkan Anda mengubah atau mengedit warna, bentuk, hingga ketajaman foto.

7. Hindari Kesalahan Media Sosial

Jangan menggunakan media sosial hanya untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga Anda, melainkan untuk mengembangkan website dan bisnis. Jangkau target pelanggan dengan konten terbaik dan berkualitas yang bisa Anda hasilkan dan sambungkan secara otomatis ke media sosial perusahaan.

Baca Juga  Perbedaan IP Address, Domain dan Hosting

Cara ini membantu Anda menargetkan prospek dan sharing konten yang pada akhirnya menambahkan jumlah pengunjung di website Anda.

8. Rancang User Interface (UI) Yang Menarik Perhatian

Tidak sedikit ditemukan website yang memiliki UI buruk sehingga pengunjung tidak betah berlama-lama di website tersebut. Hal ini membawa dampak sangat besar terhadap bagaimana impresi dan kenyamanan interaksi pengunjung terhadap website Anda.

Pastikan web developer dan web desainer bekerja sama dengan baik untuk sukses menghasilkan tampilan UI yang menarik perhatian pengunjung untuk betah berlama-lama di website Anda. Gunakan dan manfaatkan fitur-fitur yang mampu membuat prosedur konversi menjadi efektif.

9. Buat Website Portofolio

Di samping    misalnya, pekerja seni seperti desainer dan fotografer juga membutuhkan website untuk memajang hasil karya mereka. Luangkan waktu untuk hal ini dan buat website sederhana untuk digunakan secara pribadi.

10. Gunakan Ikon Dengan Desain Unik

Sejumlah ikon pasti digunakan dalam setiap website. Untuk itu, kumpulkan sebanyak mungkin pilihan ikon terbaik yang bisa Anda gunakan untuk website. Dengan demikian tampilan visual website Anda bisa mengkomunikasikan pesan atau informasi yang jelas dan menarik.

Sumber : webdesignledger.com