Media Sosial Untuk Bisnis

6 Cara Promosi Bisnis Di Media Sosial

Walaupun terbiasa dengan media sosial, namun masih banyak pebisnis yang masih asing dengan penggunaan media sosial bagi berkembangnya bisnis mereka. Pada dasarnya, media sosial digunakan untuk bisa mendekatkan diri dengan pelanggan melalui konten yang Anda buat.

Media sosial juga secara langsung mendorong Anda untuk terlibat langsung dengan pelanggan demi perkembangan bisnis Anda. Setidaknya ada enam cara yang bisa Anda lakukan untuk menarik pelanggan dan mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial :

Ikuti Aturan One-in-Seven (1 Banding 7)

Maksud dari hal ini adalah, Anda hanya boleh memposting satu konten promosi setiap tujuh posting yang Anda lakukan atau dapat dikatakan 1:7. Enam postingan lainnya harus berisikan konten berkualitas termasuk postingan dari komunitas terkait bisnis Anda.

Bukan berarti Anda tidak boleh mempromosikan bisnis Anda pada setiap postingan. Namun pastikan jumlah konten untuk promosi tidak mengganggu follower Anda.

Ajukan Pertanyaan Pembuka

Banyak orang yang suka untuk saling berbagi opini. Coba tanya tanggapan para follower Anda mengenai sesuatu yang terkait dengan bisnis Anda atau hal apa yang mereka sukai.

Misalnya saja sebuah toko online di Instagram meminta tanggapan dari para followernya mengenai produk baru yang akan mereka produksi. Pemilik toko online tersebut akan melihat reaksi para follower dari komentar yang mereka berikan dan hal inilah yang disebut dengan keterlibatan atau engagement.

Dari sini Anda bisa mempelajari banyak hal baru untuk perkembangan bisnis Anda karena mendapatkan jawaban langsung dari pasar.

Buat Kuis atau Giveaway

Coba untuk menyajikan konten berupa pertanyaan bagi para follower. Ajak mereka untuk menjawab dengan menyediakan hadiah (misalnya berupa penawaran khusus) bagi orang pertama yang berhasil menjawab dengan benar.

Baca Juga  Tips Promosikan Konten Melalui Sosial Media

Berikan Value Bagi Follower

Selain manfaat bagi Anda, pertimbangkan untuk menyediakan konten yang bermanfaat bagi follower. Anda dapat memposting konten berupa tips & trik, infografis atau fakta lain yang bermanfaat bagi orang lain.

Buat Board Di Pinterest

Pastikan pinterest Anda memiliki tampilan yang mencolok dan buat event khusus bagi para follower dengan imbalan hadiah bagi para peserta.

Pastikan Anda berhasil mendorong mereka untuk re-pin dan membuat board mereka sendiri yang berisikan pin Anda.

Hindari Menggunakan Tools Untuk Posting

Meskipun Anda dapat menggunakan tool yang memungkinkan Anda untuk menulis satu pesan untuk banyak media sosial sekaligus, Anda berisiko kehilangan makna pesan jika melakukan cara ini.

Anda tetap dapat menggunakan bahasa promosi yang sama di platform yang berbeda. Namun pastikan untuk mengubah kata-kata yang digunakan untuk menyesuaikan konten tersebut dengan setiap media sosial.

Ingin melihat fakta mengenai pentingnya media sosial untuk bisnis Anda ? Saksikan video berikut ini :

Sumber :

https://www.americanexpress.com/us/small-business/openforum/articles/8-best-practices-to-promote-your-business-on-social-media/