Promosi Online

Cara Promosi Online Yang Efektif Untuk Bisnis

Ada banyak sekali cara atau praktek marketing/promosi yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Namun tentunya Anda tidak harus mencoba semua cara itu untuk melihat mana praktek yang terbaik.

Salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan saat ini adalah dengan praktek promosi online. Namun bagaimana melakukannya agar bisa seefektif mungkin ?

Berikut ini beberapa tips untuk mengembangkan promosi online Anda :

Meningkatkan Traffic Website dan Mendapatkan Banyak Lead (Prospek)

Memiliki traffic yang baik akan membantu bisnis Anda jika Anda sendiri mampu mendapatkan banyak lead. Tidak perlu bingung, ada banyak metode dan tools yang bisa Anda lakukan untuk kedua hal tersebut.

Buat Akun Instagram Atau Sosial Media Lain

Saat ini Instagram sangat diandalkan sebagai marketing tool bagi lingkup bisnis. Gunakan Instagram dan sosial media lainnya secara profesional khusus untuk bisnis Anda (pisahkan dari akun pribadi). Jika Anda melakukannya dengan benar, maka Instagram akan sangat bermanfaat dan memberikan hasil yang baik bagi bisnis Anda.

Ikuti Aturan “Main” Sosial Media

Banyaknya sosial media yang ada dan penggunanya membuat sosial media secara tak langsung memiliki peraturannya sendiri. Ikuti “peraturan” sosial media sambil menggunakannya untuk praktek pemasaran online bisnis Anda.

Bangun Strategi Konten Bisnis

Perubahan sosial media yang sangat cepat mengharuskan Anda menyesuaikan konten yang dibutuhkan. Jika Anda tidak up to date pada perubahan tersebut, konten Anda tidak akan bisa sesuai dan gagal menarik perhatian dari calon pelanggan. Buat dan siapkan konten Anda semaksimal mungkin untuk meningkatkan penjualan.

Gunakan SEO (Search Engine Optimization)

Pada awalnya mungkin Anda sulit mengerjakan SEO, namun kini tersedia bermacam-macam tools yang bisa membantu. Manfaatkan praktek SEO agar bisnis Anda bisa dikenal banyak orang.

Baca Juga  Website Promo Untuk Musisi Indie

Gunakanlah fitur atau tools dari Google ketika fokus mengerjakan SEO. Pilih keyword yang betul-betul relevan dengan bisnis Anda dan juga mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari.

Pahami Karakter Dan Kebutuhan Pelanggan

Kemajuan teknologi telah menciptakan banyak kesempatan bagi setiap bisnis untuk “melihat” dan mempelajari pelanggan masing-masing. Dengan pengetahuan tersebut, Anda bisa menciptakan konten promosi ataupun produk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pasar.

Fokus untuk memberi solusi kepada pelanggan daripada terus memaksa mereka untuk membeli produk Anda.

Perhatikan Layanan Terhadap Pelanggan

Kunci lain untuk menarik perhatian pelanggan adalah ketersediaan Anda untuk memberikan informasi, akses untuk menggunakan fitur dan lainnya. Hal ini bisa memberikan Anda inbound link yang akan meningkatkan peringkat Anda di mesin pencarian.

Balas email dan komen pelanggan dengan segera dan baik. Anda juga bisa menawarkan promo atau bahkan produk gratis bagi pelanggan setia.

Perhatikan Calls-to-Action

Sangat penting untuk menyediakan sesuatu yang memiliki nilai lebih yang bisa memberikan solusi bagi pelanggan, misalnya informasi. Calls-to-action akan mengarahkan calon pelanggan ke arah transaksi.

Kembangkan Landing Page

Banyak hal yang harus dilakukan untuk menghasilkan website toko online atau bisnis yang bagus. Mulai dari aspek SEO, konten dan desain. Semua hal itu berujung pada berubahnya pengunjung menjadi lead yang melakukan transaksi.

Oleh karenanya sangat penting bagi Anda untuk memiliki landing page yang maksimal.

Tracking Progress Anda

Pilih strategi marketing berdasarkan pengalaman yang sudah ada dengan pelanggan sebelumnya. Lihat hasil penggunaan keyword dan konten yang selama ini Anda pilih. Lakukan perubahan jika diperlukan dengan menggunakan tools yang tepat.

Ketekunan Adalah Kuncinya

Sangat mudah untuk kehilangan semangat dan frustrasi ketika menjalankan pemasaran online. Kenyataannya hal ini merupakan proses berkepanjangan yang hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki kesabaran dan ketekunan lebih.

Baca Juga  Langkah Awal Menggunakan HTML Email untuk Pemasaran

Untuk semakin memahami cara melakukan promosi secara online, saksikan video berikut ini :

Sumber :

https://blog.hubspot.com/blog/tabid/6307/bid/6297/10-Steps-to-Effective-Online-Marketing-For-Small-Businesses.aspx#sm.0001ajidwkt8cd57zoy1kqp54kmpl

https://smallbiztrends.com/2016/08/10-tips-build-effective-online-marketing-strategy.html