Cara Promosi Online

7 Cara Promosi Online Gratis

Umumnya banyak orang, mungkin juga Anda, yang merupakan pemain baru di dunia startup hanya bisa mengandalkan modal terbatas untuk menjalankan bisnis.

Sebelum ada teknologi dan internet, pengusaha mengiklankan produk atau merek mereka dengan cara-cara konvensional. Misalnya memasang iklan di televisi dan radio atau majalah, menyebarkan flyer, mensponsori acara lokal dan sebagainya. Semua hal itu kini hampir ditinggalkan dengan adanya internet beserta seluruh tools yang bisa Anda manfaatkan.

“Money is only a tool. It will take you wherever you wish, but it will not replace you as the driver” – Ayn Rand

Berikut ini tujuh cara yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda secara online (gratis) :

Gunakan Layanan Atau Fitur Untuk Mesin Pencari

Daftarkan bisnis Anda di Google Places sehingga memungkinkan Anda lebih mudah ditemukan di mesin pencari Google dan muncul di Google Maps. Anda hanya harus mengisi formulir dan mendaftarkan diri, kemudian bisnis Anda akan diverifikasi melalui proses konfirmasi dari mereka.

Selain Google, Anda bisa menggunakan Yahoo! yang memiliki bisnis database yang disebut dengan Yahoo! Local. Tool ini gratis dan mudah untuk digunakan.

Gunakan Media Sosial

Media Sosial bukan hanya alat untuk mencari perhatian, namun bisa juga menjadi sebuah investasi yang penting untuk bisnis.

Anda bisa memasang iklan dan memberikan penawaran melalui media sosial serta berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Atau misalnya melalui LinkedIn Anda bisa menemukan rekan kerja sama yang potensial.

Buat Blog untuk Bisnis Anda

Tidak hanya membantu bisnis, blog merupakan wadah untuk bertemu dengan pelanggan Anda. Salah satu kunci utama ketika membuat blog adalah dengan menjaga agar blog Anda tetap update. Tidak akan ada orang yang mau membuka blog Anda jika tidak ada konten yang update.

Baca Juga  5 Manfaat Media Sosial dalam Meningkatkan SEO

Gunakan YouTube dan Flickr

YouTube memungkinkan Anda untuk menyebarluaskan konten video promosi secara gratis. Namun tentu sebelumnya Anda harus memiliki konten yang bisa menarik perhatian orang lain dan relevan dengan bisnis Anda.

Konten Video Promosi

Sementara itu Flickr memungkinkan Anda untuk memiliki sebuah wadah yang akan menampung semua foto bisnis Anda. Melalui Flickr, Anda juga bisa menempatkan backlink untuk website Anda.

Maksimalkan SEO Pada Website Bisnis

Jangan pernah meremehkan aspek pencarian dengan search engine. Pelajari SEO dengan baik atau pekerjakan ahli SEO untuk memastikan website Anda muncul pada peringkat atas di mesin pencari.

Press Release

Jangan takut atau malu untuk memberitakan bisnis Anda, apalagi jika sedang atau telah membuat sebuah pencapaian baru. Buatlah press release untuk media dan masyarakat.

Press release merupakan tool yang tepat untuk meningkatkan publisitas merek dan produk Anda.

Bergabung Dengan Komunitas

Ada banyak jenis komunitas yang bisa Anda pilih untuk bergabung atau bahkan bekerja sama.

Jangan hanya bergabung untuk menyebarkan konten produk, melainkan juga berkontribusi pada kegiatan dan bangun hubungan baik dengan setiap anggotanya.

Sumber :

https://www.americanexpress.com/us/small-business/openforum/articles/7-ways-to-promote-your-business-online-for-free/