Promosi Online

Cara Hemat Promosikan Bisnis Anda

Saat ini hampir semua bisnis menggunakan metode digital marketing atau promosi online sebagai sarana pemasaran. Namun melakukannya tidak semudah yang Anda bayangkan, bahkan bisa menjadi sebuah proses yang rumit.

Terkadang, Anda justru harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mempromosikan bisnis Anda. Misalnya saja melalui iklan berbayar baik di sosial media dan mesin pencari. Tapi tidak perlu khawatir bagi Anda yang merupakan seorang pemula. Pasalnya ada cara-cara yang bisa Anda tempuh untuk mempromosikan bisnis Anda secara online dan gratis.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Aspek ini merupakan salah satu hal terpenting yang harus Anda miliki ketika menjalankan sebuah bisnis online. SEO memberitahu Anda mengenai apa saja yang banyak dicari oleh khalayak.

SEO

Mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing menggunakan aturan peringkat yang kompleks untuk menentukan dimana posisi atau peringkat website Anda pada hasil pencarian. Semakin tinggi peringkat Anda, maka semakin banyak orang yang akan mengunjungi website Anda. Dengan demikian, semakin besar pula kesempatan Anda membuat lead (prospek) menjadi sebuah transaksi penjualan.

Anda membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan perjuangan yang cukup berat untuk bisa melakukan hal itu dengan benar. Kebanyakan pebisnis mengatakan mereka telah menggunakan SEO, namun sebenarnya mereka hanya mengandalkan kata kunci atau keyword. Yang tidak mereka lakukan adalah menyesuaikan keyword tersebut dengan keyword yang digunakan oleh calon pelanggan. Artinya bisnis tersebut tidak akan memiliki performa yang baik bagi mesin pencari.

2. Berbagi Konten Edukatif

Hal ini termasuk salah satu aspek yang juga berhubungan dengan SEO, mengingat SEO mengutamakan konten yang orisinil. Semakin banyak Anda menawarkan konten pada website Anda, maka semakin banyak pula kesempatan mesin pencari menemukan Anda.

Baca Juga  Pengertian Konversi Website & Cara Meningkatkannya

Sebuah blog tidak hanya membantu Anda sebagai sarana pemasaran, namun juga merupakan sebuah jalan untuk langsung berhubungan dengan konsumen.

 

Edukasi Website

Selain itu, Anda bisa saja menemukan link website lain untuk blog Anda sebagai sarana informasi tambahan. Jumlah link website lain tersebut akan masuk ke sirkulasi mesin pencari dalam menilai peringkat website Anda. Jika blog Anda memiliki banyak konten dan link dari sebuah topik, maka besar kemungkinan kesempatan Anda semakin besar untuk mendapat peringkat tinggi di hasil pencarian.

Untuk membuatnya semakin menarik, Anda bisa menawarkan pengunjung untuk ikut menulis blog dalam fitur blog tamu. Dengan demikian Anda memiliki lebih banyak lagi cara untuk berhubungan dengan pelanggan Anda.

3. Social Media Optimization (SMO)

Awalnya media sosial hanyalah sebuah sarana bagi para remaja untuk saling berkomunikasi, namun saat ini media sosial sudah menjadi bagian dari hidup semua orang. Bukan hanya untuk bersenang-senang, media sosial bisa menjadi sebuah investasi besar bagi bisnis Anda yakni dengan cara Sosial Media Optimization (SMO).

Bagi banyak orang, layanan sosial media seperti Facebook, Twitter dan Instagram adalah wadah yang tepat untuk melakukan transaksi dan terlibat langsung dengan suatu perusahaan atau bisnis tertentu.

Sosial Media

Anda bisa menggunakan media sosial untuk berbagai macam keperluan. Misalnya untuk memberikan notifikasi soal produk atau blog baru, update profil perusahaan Anda dan juga untuk mengiklankan produk Anda serta lainnya. Pastikan Anda memberikan orang alasan untuk mau memfollow akun media sosial Anda.

4. Jawab Pertanyaan Di Quora

Banyak orang yang memiliki segudang pertanyaan mengenai sebuah industri, dan kini mereka menggunakan Quora untuk mendapatkan jawaban yang dicari.

Quora
www.quora.com

Carilah pertanyaan yang relevan dengan bisnis Anda jawab tanpa melibatkan aspek pemasaran. Fokus dalam mengedukasi audiens Anda di Quora sehingga bisa mendapatkan perhatian mereka.

Baca Juga  Long Tail Keywords Untuk Meningkatkan Konversi

Sumber :

http://alltopstartups.com/2016/02/22/promote-your-business-online/