promo-online

16 Cara Mudah Untuk Promosikan Website

Banyaknya usaha yang berkembang pesat karena dukungan internet membuat para pebisnis mulai fokus pada perkembangan website bisnis mereka. Bahkan, banyak yang menganggap website sebagai sumber utama pendapatan bagi bisnisnya.

Jumlah website yang ada di dunia online sudah tak terhitung, namun hebatnya adalah tetap ada banyak orang yang mengunjungi website-website tersebut. Mungkin saja digunakan untuk tujuan mencari informasi, edukasi, komunikasi, bekerja dan sebagainya.

Hal ini merupakan tantangan bagi Anda dan pebisnis lainnya untuk berlomba mendapatkan banyak klien dan pengunjung website. Namun bagaimana caranya agar website Anda bisa terkenal?

Berikut cara untuk mempromosikan website bisnis Anda:

1. Blog

Membuat blog dan aktif di dalamnya adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menjangkau orang lain di luar sana. Banyak website yang didukung dengan tambahan blog dengan tujuan meningkatkan traffic.

Blog yang efektif selalu memiliki konten baru setiap minggu atau bahkan setiap harinya. Jika Anda memiliki blog, pastikan sudah terencana dan terjadwal dengan baik sebelum memposting konten.

2. Website Social Networking

Mengingat social networking (jaringan sosial) atau media sosial adalah sebuah tren besar, gunakan platform ini untung mempromosikan website. Anda bisa memulainya dengan memposting update di akun Facebook atau Twitter mengenai website.

Ajak teman dan rekan Anda untuk mengunjungi website bisnis Anda. Mereka kemudian bisa memberikan bookmark pada postingan tersebut yang merupakan cara promosi lainnya.

3. Jaringan

Berhubungan dan menjalin jaringan dengan banyak orang, serta berkenalan dengan orang baru memungkinkan Anda untuk berpromosi. Mereka akan membantu untuk menyebarkan informasi mengenai blog atau website Anda. Selain itu, rekan profesional yang Anda temui bisa memberikan saran bagi website dan bisnis Anda.

Baca Juga  Strategi Digital Marketing Untuk Sektor B2B

Cara untuk bertemu dengan orang-orang seperti ini adalah melalui media sosial dan bergabung dengan komunitas atau forum online.

4. Kontes

Seperti yang banyak dilakukan pengusaha dan merek lainnya, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat kontes di website Anda. Banyak orang yang tertarik dan ikut serta dalam kontes karena ingin memenangkan hadiah.

Semakin banyak orang yang ikut serta berarti semakin banyak pula aktifitas yang Anda dapatkan di website.

5. Direktori

Banyak orang membutuhkan direktori untuk mencari konten artikel tertentu dalam sebuah website. Anda bisa menjadi bagian dari website lainnya dengan meletakkan backlink berupa konten.

6. Klasifikasi Kategori

Hal ini merupakan cara umum untuk memposting artikel Anda secara gratis namun dapat menjangkau banyak orang. Sama seperti direktori, orang lain akan mudah menemukan Anda dengan cara memasukkan kata kunci yang sama dengan yang Anda gunakan.

Konten yang sudah dikategorikan membuat orang lain mudah untuk menemukannya.

7. Forum

Bergabung dengan forum tertentu dan aktif di dalamnya. Coba untuk menjawab pertanyaan, menanyakan sesuatu atau memberikan komentar. Hal ini akan memberikan banyak backlink untuk website bisnis Anda.

Pastikan Anda selalu memberikan postingan yang informatif sehingga menarik perhatian orang lain.

8. Banner Dan Iklan Teks

Cara lain untuk mempromosikan website adalah dengan menggunakan banner dan iklan teks.

Membuat banner mungkin agak sulit karena membutuhkan tempat (pada website) yang cukup besar. Namun jika banner Anda terlihat menarik, maka Anda tentu bisa sukses melalui cara ini.

Sementara itu, iklan teks lebih mudah dan murah untuk dibuat. Coba hubungi rekan Anda yang memiliki website dan tanya apakah Anda bisa memposting iklan teks di sana.

Baca Juga  10 Manfaat Digital Marketing

9. Website Portofolio

Anda bisa memposting portofolio Anda di website yang khusus menampilkan portofolio. Masukkan link di setiap konten yang Anda posting.

Dengan cara ini, Anda tidak hanya mendapatkan banyak pembaca atau pengunjung baru, namun juga bisa meraih klien potensial.

10. Website Tutorial

Sebagai sarana edukasi, Anda bisa memasukkan tutorial ke website khusus tutorial. Selain menunjukkan kemampuan Anda, para pengunjung website tersebut juga bisa membuka langsung wesbite Anda untuk mencari informasi lainnya.

Ingat, selalu masukkan link website setiap kali Anda memposting konten.

11. Ikuti Tren

Buatlah konten sesuai dengan tren yang sedang banyak dibahas oleh masyarakat dan hubungkan sebisanya dengan bisnis Anda. Kemudian posting di blog atau platform lainnya agar dibaca oleh banyak orang.

Semakin besar tren tersebut, maka semakin banyak orang yang mencari informasi mengenainya.

12. Email Marketing

Agar tidak dianggap sebagai spam, berikan pilihan form email di website Anda. Dengan begitu tidak semua orang, melainkan hanya pengunjung website yang mendaftar (sign up) bisa menerima update terbaru dari website Anda.

Jika mereka sudah mendaftar, maka Anda bisa mulai mengirimkan konten informasi dan edukasi atau bahkan newsletter. Jika dilakukan dengan tepat email marketing bisa menjadi sangat efektif bagi promosi Anda.

13. Video

Cara yang mulai banyak digunakan para pebisnis untuk mempromosikan website mereka adalah dengan membuat video. Buatlah konten video semenarik mungkin sehingga dapat menarik orang untuk menontonnya dan berakhir dengan mengunjungi website Anda.

14. E-Book

Sekali waktu, buatlah e-book dengan topik tertentu dan cobalah untuk menjualnya. Atau, Anda juga bisa memberikannya secara gratis kepada semua subscriber Anda.

15. Iklan Cetak

Walaupun agak sedikit mahal, namun dapat dibilang cara ini cukup efektif. Jika Anda memiliki kantor fiisk, coba untuk menyebarkan flyer dan poster guna mengenalkan bisnis Anda. Jangan lupa untuk membuat kartu nama khusus bisnis.

Baca Juga  10 Tips Optimasi SEO Toko Online

16. Komunikasi Langsung

Cara ini adalah yang paling tradisional, yaitu beritahu semua orang secara langsung mengenai website Anda. Bisa menggunakan sarana promosi cetak seperti poin sebelumnya atau berbagi informasi secara langsung dalam sebuah pertemuan. Inilah yang dinamakan dengan kekuatan word of mouth.

Sumber :

http://naldzgraphics.net/design-2/ways-to-promote-website/

Follow my blog with Bloglovin