klien-media-sosial

16 Cara Untuk Mencari Klien Dengan Media Sosial

Media sosial, selain bisa dimanfaatkan untuk branding maupun penjualan produk, bisa juga digunakan untuk memasarkan jasa.

Berikut 16 tips yang bisa Anda coba untuk mendapatkan klien dengan memanfaatkan media sosial seperti Twitter, Facebook atau Pinterest.

Twitter

1. Dengan bantuan Search Bar, carilah klien potensial yang memang sedang membutuhkan jasa Anda.

2. Hubungi setidaknya tiga klien potensial setiap minggunya dan mulailah membangun hubungan baik dengan mereka.

3. Hubungi juga tiga kompetitor Anda setiap minggunya, katakan betapa Anda mengagumi apa yang mereka lakukan  dan mulailah menjalin komunikasi dengan baik.

4. Ketika Anda sudah bisa memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang, apakah itu klien ataupun kompetitor, ajaklah mereka bertemu jika memungkinkan.

5. Anda bisa menggunakan Twitter tidak hanya untuk mendapatkan klien baru, tapi juga mempertahankan mereka. Setelah Anda selesai mengerjakan proyek dengan klien, lakukan update di Twitter agar follower Anda yang lain juga bisa memberikan dukungan.

6. Jangan acuhkan orang-orang yang bertanya mengenai proyek atau pekerjaan Anda di Twitter. Gunakan Twitter untuk berinteraksi, siapa tahu di masa depan Anda bisa melakukan kerjasama bisnis dengan mereka.

Facebook

7. Bergabunglah dengan grup-grup Facebook yang memiliki anggota klien potensial. Tapi, jangan bergabung dengan terlalu banyak grup, maksimum tiga cukup. Sangat lebih baik untuk berpartisipasi rutin setiap harinya walaupun hanya di sedikit grup. Hal ini untuk membuat anggota lain bisa mengenali dan menjalin hubungan dengan Anda.

8. Bergabunglah dengan grup Facebook yang dipenuhi oleh kompetitor Anda. Cobalah untuk saling berbagi dengan kompetitor, selain itu tentunya akan sangat menarik untuk berbicara dengan orang yang menjalani hal yang sama dengan Anda.

Baca Juga  Media Sosial Yang Cocok Untuk Promosi Toko Online

9. Cobalah untuk lebih murah hati dalam membagikan pengalaman dan ilmu Anda, tapi tetap pada batasnya. Berbagi di grup akan membuat Anda dikenal sebagai seorang ahli, dan ketika anggota lain membutuhkan jasa maka mereka akan menghubungi Anda.

10. Jangan setengah-setengah dalam memberikan bantuan pada anggota lain di grup. Kirimkan mereka pesan pribadi, hubungi lewat Skype dan mulailah percakapan lebih dalam.

11. Atau mulailah grup Facebook Anda sendiri. Grup seperti ini biasanya dipenuhi oleh orang-orang yang bisa menjadi klien Anda.

12. Cobalah menggunakan Facebook Ad. Facebook Ad tidak hanya untuk menjual produk, jika Anda memiliki jasa yang ingin dipasarkan tidak ada salahnya mencoba. Anda bisa memasarkan jasa Anda dan lebih pentingnya kelebihan dari jasa Anda.

Pinterest

13. Bergabunglah dengan grup board. Pastikan semua pin Anda memiliki tautan ke artikel blog Anda yang juga memiliki tautan ke halaman jasa atau produk.

14. Tingkatkan follower Anda dengan aktif secara konsisten, untuk bisa meningkatkan potensi mendapatkan klien baru.

15. Tampilkan informasi yang jelas pada bagian bio profil Pinterest Anda. Jangan pasang tautan URL ke domain saja, melainkan langsung ke halaman jasa atau produk.

16. Buatlah pin atau postingan di Pinterest Anda dengan rapih dan menarik. Desain profil dan pin yang profesional bisa menarik minat klien potensial.

Sumber :

http://neshawoolery.com/blog/45-ways-to-find-clients-from-social-media