email marketing

14 Contoh Email Marketing Untuk Meningkatkan Bisnis

Salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan bisnis Anda adalah dengan memanfaatkan email marketing. Mengapa? Karena tidak seperti sebelumnya, kini cara Anda untuk mencapai banyak prospek telah banyak berubah khususnya karena email marketing.

Marketing School menyebutkan bahwa dampak email marketing untuk mempengaruhi orang lain, sukses membuat pebisnis mendapatkan setidaknya $ 40,56 setiap $ 1 yang mereka investasikan. Kemampuan email marketing bersamaan dengan dukungan media sosial sangat mempengaruhi dengan cepat dan mudah.

Untuk mempermudah Anda mengetahui lebih banyak mengenai email marketing, berikut ini adalah contoh email marketing yang telah dilakukan beberapa brand ternama:

Runkeeper

Runkeeper merupakan tool yang akan membantu pengguna menjaga track fleksibel dan mampu meningkatkan engagement Anda dengan audiens. Tool ini sangat mengerti tentang komunikasi via email sehingga efektif membuat penggunanya masuk ke dalam link atau website Anda.

Selain itu, Runkeeper juga memberikan informasi kepada audiens mengenai manfaat dan keuntungan yang akan mereka dapatkan dari bisnis Anda melalui email maketing. Mereka menjaga agar konten email bersifat persuasif sehingga mendapatkan respon dari banyak orang.

runkeeper

Untuk menjaga keramahan dengan audiens, Runkeeper menggunakan kata-kata sederhana dan bahasa sehari-hari (tidak kaku) sehingga audiens merasa dekat.

Hindari segala bentuk agresi (penyerangan) dalam email marketing Anda karena akan membuat audiens pergi dan tak mau lagi terlibat dengan Anda. Audiens harus merasa tertarik ketika membuka email marketing Anda. Bersikaplah dengan baik dan tawarkan banyak keuntungan dari bisnis Anda. Inilah yang ingin diajarkan Runkeeper kepada Anda.

Jangan lupakan aspek segmentasi karena tidak semua latar belakang audiens sama. Mungkin saja email marketing Anda sampai di tangan audiens yang berbeda dari tujuan promosi Anda. Keadaan ini mengharuskan Anda untuk bisa menggabungkan mereka menjadi satu.

UncommonGoods

uncommondgoods

Agar sukses melakukan email marketing, pastikan Anda memiliki call-to-action (CTA) yang efektif “memanggil” audiens. Salah satu aspek yang diperlukan ketika membuat CTA adalah urgensi. Tanpa perlu terdengar memaksa, kreatif dalam membuat konten CTA yang mampu mendorong audiens agar langsung melakukan tindakan saat itu juga.

UncommonGoods merupakan sebuah toko online yang menjual hadiah unik, perhiasan, dan dekorasi rumah. Dalam email marketingnya, mereka menanamkan faktor urgensi agar pelanggan melakukan sebuah tindakan. Mereka mampu merancang desain dan konten email marketing dengan menunjukkan faktor urgensi yang kuat.

Jika email marketing Anda tidak memiliki faktor urgensi maka tidak akan memberikan hasil yang efektif untuk bisnis Anda karena membuat audiens malas melakukan tindakan.

Kemudian mengingat banyaknya audiens yang mengakses email melalui gadget, maka sebaiknya Anda juga mempertimbangkan mobile marketing. Rancang dan gabungkan strategi email marketing dengan mobile marketing.

Bonobos

bonobosJika ingin agar audiens Anda aktif, maka email marketing Anda harus interaktif terlebih dulu. Interaksi mengarahkan audiens melakukan tindakan sehingga memberikan lead bagi Anda.

Kemudian, rasa ingin tahu dan menarik merupakan syarat yang harus Anda penuhi jika ingin mendapat hasil dan dampak efektif dari email marketing. Buat desain sederhana namun memiliki CTA yang jelas sehingga mampu merangsang audiens untuk mengklik tombol.

Baca Juga  14 Fitur Google Yang Belum Anda Ketahui

Email marketing Bonobos hanya meminta audiens memilih ukuran pakaian yang mereka mau dan mereka bisa langsung berbelanja. Meningkatkan engagement dengan cara mudah dan sederhana seperti itu justru menarik perhatian audiens.

Pesan yang ambigu akan membingungkan audiens dan membuat mereka meninggalkan email Anda. Karenanya sampaikan pesan dengan sederhana dan mudah dimengerti. Email Anda akan mendapatkan hasil yang baik jika memberikan nilai lebih bagi audiens.

Ingat untuk tidak memborbardir inbox audiens dengan email Anda. Cukup kirimkan dua sampai tiga email per bulannya.

Focus Pointe Global

focuspointe

Perusahaan yang telah memfasilitasi diskusi riset pemasaran selama 25 tahun memiliki banyak sekali database berupa email audiens. Strategi utama mereka adalah mengkonversi lead biasa menjadi anggota khusus sehingga memungkinkan mereka melakukan lebih banyak transaksi.

Kunci utama fokus mereka adalah kesederhanaan email marketing. Focus Pointe Global menggunakan kata kunci yang sederhana namun jelas sehingga mudah dimengerti audiens. Informasi penting yang muncul di baris subjek email dibuat dengan singkat sehingga menarik perhatian orang karena tak membuat malas membaca.

Amazon Lokal

Sebagai brand retail, Amazon Lokal memiliki  strategi sederhana namun besar yang dapat Anda pelajari. Strategi tersebut memungkinkan audiens untuk mengklik tombol atau link sederhana untuk memberikan feedback.

Dari penyajian pilihan tombol “Suka” dan “Tidak Suka”, Amazon tahu persis apa yang diinginkan audiens dan pelanggan. Ketika audiens mengklik tombol “telling us”, maka mereka akan dirujuk ke halaman arahan selanjutnya.

amazonlocal

CTA Anda harus sesuai dengan landing page dan pastikan keduanya memiliki tampilan sederhana. Audiens tidak punya banyak waktu dan malas melihat tumpukan informasi. Karena memiliki email marketing, CTA dan landing page yang sederhana adalah hal yang sangat krusial. Untuk mempermudah, fokuskan informasi berisi keuntungan dan manfaat-manfaat untuk audiens.

Dengan mengedepankan personalisasi dan bertujuan mendapatkan feedback audiens, Amazon Lokal kini tahu di mana kebutuhan pelanggan dan apa yang mereka inginkan. Amazon Lokal kemudian menyesuaikan konten email dengan hal tersebut.

PayPal

paypalPayPal adalah prosesor pembayaran yang paling populer di dunia, digunakan oleh jutaan bisnis kecil, menengah, sampai perusahaan multi nasional. Sudah sejak lama PayPal menggunakan email marketing untuk membangun engagement berkualitas dengan audiens.

70% pelanggan PayPal memilih untuk menerima konten melalui email dibandingkan dengan media sosial. Keadaan inilah yang membuat PayPal memanfaatkan email marketing.

PayPal mengumpulkan data lengkap pelanggan mereka dan mulai membangun hubungan dengan email dari data-data pendukung tersebut.

Salah satu cara PayPal menarik perhatian audiens adalah dengan menampilkan konten makanan dan minuman di mana semua orang memiliki keterkaitan masing-masing. Mereka kemudian menampilkan promosi dan manfaat-manfaat yang bisa audiens dapatkan jika melakukan pembayaran ke restoran tertentu dengan menggunakan PayPal. Audiens hanya diharuskan melakukan tiga langkah sederhana untuk langsung bisa mendapatkan manfaat itu.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Harpoon Brewery

harpoon

Tidak ada cara yang  lebih baik untuk memperkuat hubungan Anda dengan pelanggan yang sudah ada, selain dengan konsisten mengirim email berisi konten informatif dan inspirasional. Langkah ini yang dilakukan Harpoon Brewery dalam email marketing mereka.

Misalnya Anda mengirim email ucapan selamat ulang tahun sehingga mereka merasa dihargai. Cara ini memperluas hubungan Anda dengan pelanggan namun pastikan Anda mengirim email di tanggal yang tepat.

Rip Curl

Rip Curl merupakan merek yang sangat terkenal di dunia yang menyediakan kebutuhan-kebutuhan peselancar sejak tahun 1969. Menghargai nilai-nilai dan memastikan kepuasan pelanggan adalah tujuan utama mereka.

ripcurl

Membantu pelanggan Anda menemukan apa yang mereka cari adalah kegiatan yang wajib Anda lakukan sebagai pebisnis. Karena, ketika pelanggan merasa puas dengan layanan atau produk Anda, maka Anda cenderung akan mendapatkan lebih banyak penjualan.

Merek ternama ini mengkreasikan email marketing mereka dengan memasukkan unsur promosi produk terbaru yang memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya. Seperti yang diinginkan, penjualan banyak terjadi melalui email marketing tersebut yang sekaligus menjaring pelanggan baru.

Selain itu, Rip Curl juga secara kreatif menggunakan kata-kata utama (headline) yang sederhana namun langsung menarik perhatian audiens. Kata-kata “Join the revolution” membuat audiens penasaran dan mendorong mereka untuk membaca email marketing tersebut secara lengkap.

Bonafide

bonavide

Membuat orang lain membaca email Anda lebih sulit daripada hanya mengirimnya. Setiap orang memiliki alasan masing-masing untuk tidak membuka email mereka.

Bonafide adalah sebuah perusahaan dengan dasar layanan billing solution yang membantu praktisi medis, rumah sakit, lembaga kesehatan dan lainnya. Sebagai merek yang mengutamakan kebutuhan pelanggan, Bonafide selalu mengikutserakan alasan atau bagian yang mengingatkan penerima mengapa mereka mendapatkan email tersebut.

Paragraf pertama email marketing Bonafide mengingatkan pelanggan tentang aktivitas yang sudah pernah dilakukan bersama sebelumnya. Kemudian dijelaskan alasan tertentu mengenai mengapa Bonafide mengirimkan email. Cara ini memudahkan dan mempercepat pembaca untuk memastikan kegunaan email tersebut untuk kemudian melakukan tindakan.

jetBlue

jetblueKonten berupa penawaran hadiah dan potongan harga selalu sukses menarik perhatian audiens. Berdasarkan data yang ada, 70% konsumen lebih tertarik untuk mencoba merek atau produk baru karena biasanya akan ditawarkan potongan harga.

Email marketing yang dibuat oleh jetBlue berisikan konten yang informatif, menyenangkan dan menghibur. Dari bagian header sampai tombol CTA berhasil menarik perhatian audiens. Mereka menggunakan konten pertanyaan dan membuat email tersebut lebih personal.

jetBlue berhasil memanfaatkan header yang ditambahkan dengan tiga poin menarik dan CTA yang efektif untuk mendorong pelanggan melakukan tindakan tanpa paksaan.

Canva

canvaAudiens akan melakukan tindakan langsung tanpa perlu membaca keseluruhan email, asal email tersebut sederhana dan jelas. Hal inilah yang benar-benar dilakukan oleh Canva.

Baca Juga  28 Keuntungan Memiliki Website Untuk Bisnis

Mereka menggunakan ruang putih besar untuk mempermudah audiens membaca dan melihat produk mereka. Canva menggunakan warna yang menarik dan menonjol sehingga berbeda dari yang lain untuk menarik fokus audiens. Selain itu, Canva juga memberikan informasi kepada subscriber setiap kali mereka memiliki produk terbaru.

Email marketing Canva berisi penjelasan singkat mengenai produk baru dan memungkinkan audiens untuk melihat bahkan mencobanya.

Buzzfeed

Buzzfeed terkenal dengan banyak konten menarik mereka seperti gambar meme, video binatang, kejadian lucu, teknologi terbaru, dunia politik dan sebagainya. Banyaknya pilihan konten tersebut membuat Buzzfeed sendiri kesulitan untuk mendeteksi secara khusus mengenai konten mana yang sebenarnya paling banyak diminati audiens.

Untuk mengatasi hal ini, Buzzfeed kemudian memanfaatkan kekuatan email marketing dengan segmentasi. Cara ini juga digunakan Ebay untuk meningkatkan penjualan mereka.

buzzfeed

Namun Buzzfeed melakukan lebih dari sekedar email marketing dengan segmentasi. Mereka membuat cara yang lebih mudah dan opsional yaitu menciptakan banyak newsletter atau email marketing dengan konten berbeda sehingga pembaca dapat berlangganan sesuai dengan pilihan yang mereka mau.

Buzzfeed juga menggunakan cara kreatif dalam menyajikan email mereka, bahkan tanpa perlu menggunakan gambar. Mereka biasanya membuat baris subjek dan teks sederhana yang langsung menyampaikan pesan.

Cook Smarts

cooksmarts

Email marketing yang dikirimkan oleh Cook Smarts sangat bermanfaat bagi audiensnya. Tidak hanya resep, melainkan format email mereka yang berhasil menarik perhatian.

Setiap email memiliki tiga pilihan terpisah yang bisa dipilih yaitu menu, cara memasak dan informasi. Cara ini memudahkan pelanggan untuk membaca karena mereka bisa mengetahui dan memilih bagian mana yang akan mereka baca.

Audiens juga bisa meneruskan pesan ini ke orang lain sehingga email marketing Cook Smarts akan semakin tersebar sambil memberikan manfaat.

Dropbox

dropbox

Tidak mau menyerah karena banyaknya audiens yang tak merespon layanannya, Dropbox terus menjangkau pelanggan dan audiens. Salah satunya adalah dengan menjalankan metode “come again to us” yang mengajak pelanggan kembali menggunakan layanan mereka. Bisa disebut cara ini sebagai “retargeting”.

Gunakan cara ini agar audiens dan pelanggan tahu bahwa Anda masih ada untuk memberikan layanan. Untuk menarik perhatian audiens, Dropbox menunjukkan ilustrasi “before” dan “after” mereka.

Kemudian Dropbox mengirim pesan dengan menggunakan keterangan yang sangat jelas dan menjamin akan memberikan manfaat besar bagi pelanggan. Jika subscriber email Anda tidak aktif lagi, gunakan contoh email marketing Dropbox untuk meningkatkan engagement serta membangun bisnis yang berkembang.

Sebagai permulaan, Anda bisa mencoba mengimplementasikan teknik email marketing diatas menggunakan beberapa tools email marketing gratis yang tersedia di internet.

Sumber : https://buildfire.com/email-marketing-examples/