Pengguna Facebook Di Dunia

Jutaan Pengguna Facebook Tidak Sadar Mereka Menggunakan Internet

Seorang ahli yang meneliti di Indonesia, Helani Galpaya, menceritakan responden yang mengikuti survei yang dijalankannya mengaku tidak pernah menggunakan internet. Namun dalam sebuah grup, para responden tersebut saling berbincang mengenai aktivitas mereka di Facebook. “Sepertinya mereka berpikir internet itu tidak ada, hanya ada Facebook,” kata Galpaya.

Di Afrika, peneliti lainnya bernama Christoph Stork menemukan hal serupa. Hasil penelitian terhadap penggunaan komunikasi di Afrika menujukkan adanya ‘kesalahan’. Jumlah orang yang mengatakan diri mereka menggunakan Facebook jauh lebih besar daripada mereka yang mengatakan telah menggunakan internet.

Setidaknya sejak tahun 2013 Facebook telah mengkampanyekan mengenai hubungan semua hal di seluruh dunia dengan internet. Namun Kepala Bagian Operasi Facebook, Sheryl Sandberg, mengaku bahwa ada pengguna Facebook yang tidak sadar bahwa mereka sedang menggunakan internet.

Jadi apakah kampanye Facebook telah berhasil mengingat banyak orang yang tidak sadar mereka menggunakan internet ? Ekspektasi dan perilaku jutaan orang lainnya yang akan terlibat dalam aktivitas online akan memiliki efek pada bagaimana internet berkembang.

Jika mayoritas populasi online dunia menghabiskan waktu di Facebook, maka para pembuat kebijakan, pengusaha, pengembang, organisasi dan lainnya yang tertarik untuk berkomunikasi dengan populasi tersebut akan terlibat pula dalam Facebook. Itu berarti mereka semua harus terlibat dalam aturan-aturan yang dibuat oleh Facebook.

Data menunjukkan, 11% orang Indonesia yang mengatakan mereka menggunakan Facebook juga mengatakan mereka tidak menggunakan internet.

Mengukur jumlah penetrasi atau penggunaan antara Facebook dan internet adalah sebuah hal yang rumit. Angka penetrasi internet berasal dari regulator nasional dan perkiraan oleh International Telecommunication Union (sebuah badan PBB) yang biasanya diukur per bulan atau per tahun.

Baca Juga  Alat Manajemen Sosial Media

Sementara itu angka penetrasi Facebook berasal dari platform iklan Facebook. Namun angka yang diperoleh bukan merupakan angka pasti mengingat banyaknya orang yang memiliki lebih dari satu akun Facebook, bahkan banyak akun Facebook yang sudah tidak aktif lagi. Kemudian beberapa orang mengakses Facebook dari ponsel dengan menggunakan fitur online paling dasar. Ini artinya, belum tentu mereka menggunakan internet dengan benar.

Agar semakin yakin, Quartz memutuskan untuk mengadakan survei di Indonesia dan Nigeria. Mereka menanyakan orang-orang apakah mereka menggunakan internet dalam waktu 30 hari terakhir dan apakah mereka menggunakan Facebook.

Statistik Penelitian

Hasil menunjukkan orang Indonesia yang menggunakan internet ada sebanyak 69%, sementara yang menggunakan Facebook sebanyak 65%. Terlihat hasil tersebut masuk akal karena penggunaan internet lebih banyak daripada Facebook.

Namun pada data yang lebih lengkap, 11% orang Indonesia yang mengatakan mereka menggunakan Facebook juga mengatakan mereka tidak menggunakan internet. Mayoritas yang mengatakan hal itu adalah kaum muda dengan usia rata-rata 25 tahun.

Tidak hanya itu, efek dari kesalahpahaman lainnya juga terlihat dalam hasil survei. Ketika para responden ditanya apakah mereka membuka link yang ada di luar Facebook, lebih dari setengah mengatakan tidak tahu bahwa mereka menggunakan internet. Mereka juga mengatakan mereka tidak pernah membuka link yang ada di Facebook.

Facebook Menjadi Internet ?

Facebook mengatakan pada waktu yang akan datang, orang yang datang ke toko ponsel akan menanyakan apakah ponsel tersebut memiliki fitur untuk menggunakan Facebook. Pasalnya banyak orang yang bingung membedakan internet dengan Facebook.

Pihak Facebook juga mengatakan bahwa kesadaran internet di negara berkembang sangat terbatas. Tidak sedikit yang menganggap Facebook adalah internet dan satu-satunya aplikasi yang dapat diakses.

Baca Juga  Media Sosial Terbaru 2017 Yang Harus Dicoba

Facebook dianggap sebagai aplikasi yang paling sering diakses mengingat kemudahan yang diberikannya dan biaya yang murah untuk dapat mengaksesnya. Di India, paket internet yang khusus digunakan untuk mengakses Facebook dijual dengan harga hanya sekitar AS$ 2,50 per tahunnya. Kepala Keuangan Facebook, Dave Wehner, beranggapan bahwa di masa depan Facebook harus memfokuskan diri dalam menghubungkan lebih banyak orang lagi di dunia.

Sumber :

http://qz.com/333313/milliions-of-facebook-users-have-no-idea-theyre-using-the-internet/