fidget spinner viral marketing

Fidget Spinner Dan Ketenarannya Melalui Viral Marketing

Anda pasti tahu mengenai salah satu mainan yang saat ini sedang tren yaitu fidget spinner. Tidak hanya di Indonesia, namun mainan yang awal mulanya beredar hanya di kalangan anak sekolah tersebut kini sangat mendunia dan disukai oleh semua generasi.

Keadaan ini terjadi salah satunya karena penyebaran informasinya secara viral marketing melalui internet. Fenomena fidget spinner telah mencapai lebih dari lima juta video di YouTube dengan 110 ribu pencarian per bulannya di mesin pencari Google.

Mengapa Fidget Spinner Menjadi Viral?

Anda perlu memahami mengenai news cycle (perputaran informasi) yang saat ini sudah sangat berkembang. Tidak seperti dulu, pemasaran dan penyebaran informasi tak lagi mengandalkan televisi atau media cetak, melainkan melalui media dengan jaringan internet atau media sosial. Hal ini disebut dengan “24 hours news cycle”, di mana perputaran dan penyebaran informasi tak pernah berhenti.

Media sosial membuat siklus penyebaran informasi menjadi sangat cepat dan juga bertahan lama (untuk beberapa kasus). Tweet menyebarkan informasi lebih cepat daripada blog, namun blog menyebarkan informasi lebih cepat pula daripada koran. Masyarakat merupakan pelaku aktif dalam hal ini.

Setiap komentar ataupun konten yang dishare ke media sosial berkontribusi pada siklus informasi dan setiap fenomena suatu hal viral termasuk fidget spinner. Seluruh kondisi ini kemudian disebut sebagai viral loop atau viral marketing.

Untuk tetap bertahan viral, tak cukup hanya mengandalkan pemberitaan mengenai fidget spinner. Untuk itu dibutuhkan konten yang kreatif dan interaktif dalam berbagai macam bentuk misalnya seperti meme atau video. Aspek interaktif inilah yang kemudian menciptakan viral marketing untuk menciptakan tren.

Proses Terciptanya Viral Marketing

Tren yang viral hanya tercipta melalui viral loop dengan cara:

  • Seseorang memiliki ide
  • Ide tersebut menimbulkan reaksi terhadap orang tersebut
  • Orang itu menyebarkan ide yang dimilikinya
  • Banyak orang mengetahui dan menerima ide itu
  • Setiap orang memiliki potensi untuk bereaksi dan membantu menyebarkan ide tersebut
  • Proses berulang kembali
Baca Juga  6 Manfaat Promosi Online

Selama ide tersebut mampu membuat orang bereaksi, maka ide akan terus tersebar sampai ada banyak orang yang ikut mempengaruhi orang lain. Pada kasus fidget spinner, pengguna mainan ini melakukan berbagai jenis perilaku yang berfokus untuk menyampaikan informasi ini seperti:

  • Memberi tag kepada teman di postingan Facebook
  • Saling sharing di media sosial mengenai pengalaman mereka menggunakan fidget spinner
  • Mendorong pembuat atau produsen dan penjual ikut aktif dalam penyebaran informasi
  • Menyebarkan meme sebagai bahan lelucon
  • Menciptakan pro & kontra dan mendorong orang-orang untuk berbagi pendapat yang berbeda
  • Membahas fidget spinner secara offline dan meneruskan tren ini dari mulut ke mulut

Cara Menciptakan Sesuatu Agar Viral

Anda bisa mencoba untuk mencetuskan sebuah ide baru dan memakai cara di atas hingga berhasil menjadi viral. Atau Anda juga bisa memanfaatkan tren yang sedang ada dan mengambil peluang yang tersedia. Berikut ini beberapa ide yang bisa Anda lakukan di tengah tren fidget spinner:

Mulai Menjual Produk Viral

Memang tidak diketahui apakah produk ini akan viral dan bertahan lama. Namun selagi tren ini masih ada, pasti masih ada permintaan kuat terhadap produk ini.

Fidget spinner yang awalnya hanyalah mainan penghilang stress, telah mendorong para produsen untuk menciptakan variasi lainnya. Misalnya saja seperti variasi menggunakan LED, bluetooth dan juga desain mewah yang mencapai harga ratusan Dollar.

Anda dapat membuka toko offline atau online dan memasukkan fidget spinner ke dalam katalog produk. Selain itu, Anda juga bisa membuat produk lain yang masih terkait, seperti kaos yang bergambarkan meme tentang fidget spinner.

Tarik Perhatian Offline

Sering kali bisnis offline sulit untuk mendapat perhatian dari publik. Namun penggunaan digital signage dapat menarik perhatian publik, terutama bila berhubungan dengan sesuatu yang sedang viral. Tampilkan konten menarik mengenai produk fidget spinner yang Anda jual (gambar atau video) beserta informasi harga atau promo.

Baca Juga  Cara Memilih Nama Domain Website / Blog

Berkreasi Dengan Konten Terkait Dengan Tren Viral

Salah satu cara termudah untuk memanfaatkan tren yang viral adalah dengan berkreasi pada konten dan menjalankan viral marketing Anda sendiri. Video yang dibuat oleh Nerd Writer misalnya (salah satu channel di YouTube), telah mendapatkan lebih dari satu juta view dengan membuat konten mengenai fidget spinner.

Ciptakan Viral Marketing Untuk Pelanggan Baru

Buatlah proses pemasaran yang memungkinkan Anda mengubah setiap pelanggan baru menjadi lebih banyak pelanggan melalui proses viral marketing. Ini adalah taktik pemasaran yang umum bagi banyak perusahaan.

Uber dan Dropbox misalnya, menawarkan insentif jika Anda merujuk pelanggan lain. Pemilik ecommerce juga bisa memanfaatkan produk atau hadiah gratis yang diberikan kepada pelanggan baru untuk menciptakan proses viral marketing ini.

Sumber: www.shopify.com