Aplikasi Google

14 Fitur Google Yang Belum Anda Ketahui

Semua orang yang menggunakan internet pasti pernah atau mengetahui mesin pencari Google. Sebagai salah satu perusahaan raksasa di dunia, Google meluncurkan banyak sekali aplikasi atau tools yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan kehidupan sehari-hari.

Beberapa tools seperti Google Map, Google Store, Google Music dan sebaginya tentu sudah tak asing lagi khususnya di antara para pengguna perangkat mobile. Tapi di luar sana, ternyata masih ada banyak tools Google yang mungkin saja belum Anda ketahui.

1. Ngram Viewer

Tools ini memungkinkan Anda untuk mencari kata kunci dalam jutaan buku selama rentang setengah milenium. Oleh karenanya, Google Ngram Viewer berguna ketika Anda sedang mencari tren dari waktu ke waktu.

Tools Google Ngram Viewer juga memiliki opsi lainnya seperti pilihan untuk mencari kata kunci tertentu dalam pidato seseorang atau menggabungkan kata kunci.

2. Correlate

Sebagai bagian dari Google Trends, tools ini memungkinkan Anda untuk melihat tren penelusuran dari waktu ke waktu. Misalnya Anda menggunakan kata kunci “sup”, maka Anda akan disajikan hasil tingkatan tren yang jelas dalam waktu musim dingin (menyesuaikan makanan dengan musim).

Bagian menarik lainnya dari Google Correlate adalah Search by Drawing. Disini Anda melakukan pencarian dengan cara menggambar grafik.

3. Trends

Walaupun sudah banyak orang yang menggunakan tools ini, namun tidak semua orang mengetahuinya. Tools Google Trends digunakan untuk melihat tren pencarian di Google atau dengan kata lain, kata kunci apa yang paling banyak digunakan oleh user.

Anda bisa melakukan pencarian dengan memasukkan tanggal, atau melihat penelusuran teratas dengan kategori yang berbeda (gunakan pilihan Top Charts). Kemudian dengan pilihan Explore, Anda diajak untuk memasukkan kata kunci dan melihat popularitasnya dari waktu ke waktu berdasarkan lokasi.

Baca Juga  Cara Hemat Promosikan Bisnis Anda

4. Think Insights

Google Think Insight

Sebagai saluran yang dipenuhi sumber daya informasi, Google Think Insights berguna bagi pengusaha dan pelaku profresional di bidang industri. Tools ini menyediakan studi kasus, penemuan terbaru dan tips untuk menjalankan bisnis Anda.

Selain itu terdapat juga pilihan untuk memaksimalkan analisis website dan kampanye iklan Anda.

5. Public Data Explorer

Coba lakukan pencarian data dari seluruh dunia, termasuk World Bank, OECD, Eurostrat bahkan Biro Sensus AS. Setelah itu, saring informasi yang Anda dapat melalui kategori untuk membuat grafik dengan parameter yang Anda inginkan. Google Public Data Explorer kemudian menampilkan data dalam grafik garis, grafik batang dan sebagainya.

6. Full Value of Mobile

Tools Google ini akan menghitung seberapa bernilainya atau seberapa untung jika Anda memiliki sebuah website mobile. Tools ini akan membantu Anda menganalisa bagaimana pelanggan berinteraksi dengan berbagai aspek dari bisnis Anda.

7. Get Your Business Online

Anda bercita-cita ingin menjadi pebisnis tanpa modal yang besar ? Maka salah satu jawabannya adalah dengan cara membuat toko online. Tools ini merupakan inisiatif Google untuk membantu para pebisnis lokal mengandalkan website untuk bisnis mereka. Hal ini dilakukan dalam upaya meningkatkan ekonomi lokal dan membantu UKM yang ada di seluruh Amerika Serikat.

Google Get Your Business Online menyediakan daftar event dan kelas yang bisa Anda ikuti secara gratis. Orang yang mendaftar juga akan mendapatkan hosting gratis bagi website mereka untuk satu tahun pemakaian.

8. Webmaster Tools

Tools Google Webmaster memungkinkan para pembuat website untuk memantau kesehatan dan traffic website tertentu. Menu tambahan yang ada mencakup Structure Data Markup Helper dan Google Places for Business.

Baca Juga  Cara Memilih Nama Domain Website / Blog

9. Schemer (Shut down)

Schemer dapat Anda bayangkan sebagai kombinasi to-do-list dan aplikasi perencanaan event. Cara menggunakannya adalah dengan menghubungkan akun Google+ Anda dengan Schemer, masukkan preferensi dan Schemer akan menawarkan beberapa hal yang bisa dilakukan di wilayah Anda.

Tools ini sangat berguna bagi orang-orang seperti traveler yang ingin merencanakan perjalanan. Google Schemer juga membantu warga lokal yang ingin mencari kegiatan yang berbeda dari keseharian.

Anda dapat berkolaborasi dengan teman lainnya yang ada di Google+ dan lihat siapa orang yang ingin melakukan hal yang sama dengan Anda.

10. Google Font

Google Font

Cari dan pilih font yang Anda inginkan dari Google Font, baik untuk penggunaan pribadi maupun komersial. Saat ini sudah ada 629 tipe font yang tersedia. Disini Anda bisa memilih font berdasarkan ketebalan, kemiringan ataupun kelebarannya.

11. Google Developers

Tools ini menjadi rumah bagi sumber daya yang bisa digunakan oleh para pengembang. Beberapa contoh misalnya pilihan menu untuk internasionalisasi website yang berbeda dan presentasi langsung dari tutorial. Pengembang juga dapat bergabung dengan kelompok di daerah setempat untuk menghadiri pertemuan dan bekerja sama.

12. Dart

Tolls Dart merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google dengan harapan pada akhirnya menggantikan JavaScript sebagai bahasa aplikasi web modern. Dart dirilis pada tahun 2011 dan masih dalam tahap perkembangannya.

Dart dirancang untuk membantu pengguna membuat coding dan kolaborasi sederhana sehingga mudah dipahami oleh pemula.

13. Google Keep

Google Keep

Tools ini akan terhubung dengan Google Drive Anda dan dapat disinkronisasi di semua perangkat. Google Keep memungkinkan Anda untuk menyimpan catatan, rekaman suara, gambar dan check list secara teratur. User Interface (UI) yang diterapkan pada Google Keep membuat aplikasi ini menjadi sederhana dan mudah digunakan.

Baca Juga  10 Manfaat Digital Marketing

14. Google Sky

Sebagai bagian dari Google Earth, Google Sky memungkinkan Anda untuk menjelajahi ruang dan sistem bintang. Google Sky bekerja sama dengan NASA dan menggunakan gambar dari Hubble telescope. Selain itu, Google Sky adalah salah satu dari tiga anak perusahaan dari Google Earth, yaitu adalah Google Mars dan Google Moon.

Sumber :

http://mashable.com/2013/07/05/google-tools/?utm_content=buffercc312#kDNFzXTnuaqA