Google AMP

Google AMP: Mempercepat Kinerja Website

Ingin membuat website Anda lebih cepat beroperasi ketika dibuka ? Anda sebaiknya mencoba salah satu fitur terbaru Google yakni Accelerated Mobile Pages (AMP).

AMP Adalah …

AMP merupakan salah satu teknologi baru dari Google yang dikembangkan untuk membuat website bisa diunduh dengan lebih cepat.

Pada tanggal 24 Februari 2016, Google secara resmi mengintegrasikan website yang sudah memiliki fitur AMP kedalam hasil halaman pencarian mobile.

AMP mampu membuat sebuah website beroperasi semakin cepat ketika membuka halaman. Meningkatnya kecepatan ini dikarenakan adanya beberapa perubahan dalam cara membuka halaman sebuah website.

Bagaimana Cara Kerja AMP ?

AMP Google
Pengaplikasian Google AMP

AMP bisa mencapai kecepatan yang luar biasa dengan dua cara. Pertama, Anda membutuhkan pengembang website untuk menggunakan teknologi tertentu dalam menciptakan halaman website. Hindari penggunaan JavaScript agar website Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dapat terbuka. Cara yang kedua, AMP melayani halaman dari servernya sendiri, misalnya ketika Anda mengunjungi halaman AMP melalui pencarian Google.

Untuk menggunakan AMP, Anda membuat versi alternatif website Anda sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan oleh AMP. Standar ini mirip dengan HTML tradisional namun lebih dikupas dengan batas minimal dari Google. Biasanya Anda akan memberikan alamat website Anda yang dioptimalkan AMP secara terpisah, misalnya yoursite.com/yourpage/amp.

Jika Anda menggunakan WordPress, ada plugin yang secara otomatis membuat versi alternatif dan membantu Google untuk menemukannya. Namun secara teori, Anda hanya mengganti website Anda dengan halaman yang dioptimasi AMP.

Dengan hasil pencarian AMP, Google mengumpulkan konten dari server sendiri dan membuat pengguna tetap berada di halaman pencarian Google. Website yang mengikuti spesifikasi ini akan menerima ‘perlakuan’ khusus dari Google. Kini, AMP juga akan muncul di hasil pencarian Google pada perangkat mobile.

Baca Juga  Pentingnya Video Marketing Untuk Bisnis

Memang bermanfaat jika Anda memutuskan untuk membangun website dengan AMP, namun Anda harus mengingat sesuatu. Jika pembaca memutuskan untuk menyebarkan link ke sebuah halaman AMP lewat mesin pencari Google, maka yang terbuka adalah Google.com, bukan website Anda.

Juru Bicara Google menegaskan tidak ada cara dimana website dengan AMP muncul dalam pencarian Google tanpa memiliki konten yang tersimpan di AMP Cache servers.

Dalam hal ini, penggunaan AMP Google mirip dengan Instant Articles milik Facebook. Instant Article pada facebook memberikan pengembang website untuk meng-embed konten mereka ke server Facebook sehingga pengguna dapat membaca sebuah artikel tanpa harus meninggalkan halaman Facebook.

Namun sedikit berbeda, website dengan standar AMP juga bisa diembed pada media lainnya seperti Twitter atau Pinterest. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar orang-orang mulai menggunakan AMP untuk meng-embed website mereka ataupun diterapkan pada aplikasi ponsel dan lainnya.

Manfaat Google AMP Untuk Bisnis Anda

Ada sejumlah manfaat jika Anda memutuskan untuk menggunakan fitur ini, yakni :

1. Loading page yang lebih cepat bagi pengguna perangkat mobile atau ponsel. Studi menunjukkan bahwa pengguna ponsel biasanya meninggalkan sebuah halaman website jika tidak terbuka dalam tiga detik pertama. Dengan demikian, penggunaan AMP pada website bisnis Anda akan sangat membantu untuk menurunkan bounce rate dan meningkatkan konversi.

2. Peningkatan peringkat di mesin pencari. Meskipun AMP belum menjadi salah satu faktor utama peringkat sebuah website di mesin pencari, namun faktor mobile-friendly dan kecepatan akses halaman adalah faktor penentu peringkat tersebut. Karena AMP meningkatkan waktu loading halaman dan mobile-friendly, maka sangat mungkin bagi sebuah website yang menggunakan AMP akan dihargai dengan peringkat yang lebih tinggi dibandingkan website yang lambat dan tidak responsif.

Baca Juga  Long Tail Keywords Untuk Meningkatkan Konversi

3. Peningkatan visibilitas untuk Publisher. Hasil pencarian akan secara jelas menampilkan simbol AMP dengan warna hijau. Simbol-simbol tersebut bisa melihat peningkatan peringkat klik halaman website dimana pengguna akan mulai mencari halaman website dengan AMP karena menginginkan website yang dapat diakses secara cepat.

Selain itu, SERP (Search Engine Result Pages) Google juga mulai menampilkan konten AMP dengan dominasi visual yang mencakup gambar-gambar berukuran besar. Hal ini secara otomatis akan menarik perhatian pengguna dan setiap konten akan mendapatkan dorongan signifikan dalam traffic pencarian yang terkait dengan konten pada halaman website dengan AMP.

4. Dukungan untuk iklan. AMP bertujuan untuk mendukung berbagai jaringan iklan, format dan teknologi. Tujuannya adalah untuk mengirimkan iklan secara cepat yang memungkinkan konten terlihat bagus dan menarik perhatian khalayak. Hal ini akan membantu pengiklan untuk meningkatkan pengaruh dan ROI (Return On Investment) atas biaya yang dikeluarkan untuk iklan.

5. Analisis Pengunjung AMP. Kebutuhan untuk melacak perilaku pengunjung di website terus meningkat hingga saat ini, dan AMP mempertimbangkan hal ini. Publisher bisa melihat secara otomatis pelacakan data pengunjung (baru dan lama), klik/konversi, pelacakan link dan video serta hal lainnya.

Untuk dapat lebih memahaminya, Anda bisa saksikan video berikut ini

Sumber :

https://www.ampproject.org/

http://www.wired.com/2016/02/googles-amp-speeding-web-changing-works/

https://www.digivate.com/blog/seo/benefits-of-accelerated-mobile-pages/

https://webmasters.googleblog.com/2016/08/amp-your-content-preview-of-amped.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *