Great Website

10 Hal Penting Yang Perlu Ditampilkan Pada Website Bisnis Anda

Bisnis kecil memiliki kelebihan dibanding perusahaan besar, misalnya karena memiliki karakter yang tidak dimiliki oleh perusahaan korporasi. Perusahaan yang kecil bisa bereksperimen lebih luas dan bebas dibanding perusahaan yang sudah maju. Caranya adalah dengan menonjolkan kreativitas dan kepribadian unik yang hanya dimiliki olehnya sendiri.

Dimanapun industri bisnis kecil Anda berdiri, mulailah untuk bercerita tentang siapa Anda dan apa yang Anda kerjakan. Dengan begitu konsumen akan menilai apakah mereka akan membeli produk/jasa dari Anda atau tidak.

Jika Anda menjalankan sebuah toko online, sudahkah website Anda memudahkan konsumen untuk mencari informasi mengenai produk Anda? Apakah konsumen bisa menemukan kontak perusahaan Anda dengan mudah? Apakah hal penting yang harus diketahui oleh konsumen mudah ditemukan? Banyak poin penting yang harus Anda perhatikan ketika membangun sebuah website toko online atau e-commerce.

Berikut ini adalah 10 poin penting yang dibutuhkan oleh konsumen saat mengunjungi website bisnis Anda :

1. Apa yang Membuat Bisnis Anda Unik ?

Pertanyaan ini harus bisa Anda jawab dengan penjelasan yang jujur dan semenarik mungkin. Sebaiknya Anda mencantumkan biografi manajemen yang menjelaskan keahlian, jam terbang dan juga aspek unik lain yang membuat bisnis Anda berbeda dari yang lain.

Pada dasarnya, Anda harus bisa menjelaskan faktor spesial dari bisnis Anda, dan mengapa konsumen harus membeli produk Anda.

Hal ini seringkali terlewatkan pada banyak website bisnis karena pemilik ataupun desainer website terkait belum melakukan perencanaan strategis yang dibutuhkan.

 

2. Sampaikan Dengan Jelas Mengenai Bisnis yang Anda Tawarkan

Bisnis Website
Pastikan pengguna tahu apa bisnis yang Anda tawarkan

Pernahkan Anda mengunjungi sebuah website yang membuat bingung ? Misalnya saja Anda tidak mengerti apa yang mereka tawarkan, produk apa yang mereka jual, apa saja jasa yang tersedia dan hal lainnya.

Agar hal itu tidak terjadi pada konsumen Anda dan malah berujung meninggalkan website bisnis Anda (bounce), fokus untuk menampilkan informasi penting pada halaman utama. Tampilkan secara umum informasi mengenai produk dan jasa yang Anda tawarkan. Jangan lupa untuk memasang tautan ke tiap halaman penjelasan detail produk terkait.

Baca Juga  19 Jenis Website yang Bisa Dibuat dengan WordPress

Hal ini belum secara penuh dilakukan oleh banyak pebisnis melalui website mereka. Pasalnya banyak pertimbangan lain seperti misalnya konsumen akan enggan untuk menelepon dan menanyakan informasi lebih lanjut jika seluruh informasi sudah ‘ditumpahkan’ di halaman utama.

Namun hal tersebut sebaiknya Anda pertimbangkan kembali, karena memberikan informasi yang cukup bagi calon konsumen potensial merupakan faktor penting untuk membangun keputusan mereka untuk membeli.
Jika konsumen merasa kurang mendapatkan informasi yang mereka inginkan, mereka akan beralih ke kompetitor Anda.

3. Kontak Informasi

Contact Information
Lengkapi website Anda dengan kontak informasi

Mungkin terdengar kurang masuk akal, tapi banyak perusahaan yang kurang terbuka mengenai alamat mereka. Sebagian memilih untuk menjalankan seluruh bisnis dan transaksi secara online saja dan mengaku tidak melihat alasan penting untuk mempublikasi alamat dan nomor telpon. Sementara sebagian lainnya masih beroperasi di rumah sehingga merasa segan akan anggapan kurang profesional.

Tapi langkah penting ini adalah salah satu cara untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan dengan konsumen. Nomor telpon, alamat lengkap bahkan foto-foto pendukung sangat membantu untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Menunjukkan alamat jelas (meskipun tidak menerima kunjungan) akan memberikan rasa nyaman kepada konsumen bahwa bisnis Anda memang nyata dan tidak fiktif.

 

4. Third Party Validation

Seperti yang banyak dilakukan oleh toko online di Indonesia, sebaiknya Anda menampilkan testimonial, daftar konsumen, proyek yang pernah Anda kerjakan, penghargaan, publikasi di media dan hal lainnya yang akan menambah faktor kepercayaan konsumen.

Konsumen akan tertarik untuk mengetahui perkembangan bisnis dan bagaimana pengalaman konsumen sebelumnya yang sudah menggunakan produk Anda.

Sementara itu, daftar klien sangat penting untuk dicantumkan pada website, terlebih jika klien Anda adalah bisnis atau perusahaan besar. Konsumen akan melihat bahwa Anda memiliki kredibilitas tinggi dengan adanya perusahaan besar yang pernah menggunakan produk Anda.

Baca Juga  Desain Website Terbaik 2017

5. Secure Socket Layer (SSL)

SSL merupakan sistem enkripsi yang melindungi keamanan pertukaran data antara konsumen dengan website, khususnya jika Anda memiliki website toko online yang menggunakan kartu kredit untuk transaksi. Konsumen perlu memiliki rasa aman untuk berbelanja secara online di website Anda. Gunakan SSL dan informasikan dengan jelas kepada konsumen bahwa website Anda memiliki fitur keamanan untuk transaksi online.

6. Navigasi

Buat website Anda mudah untuk digunakan, jangan sampai konsumen kesulitan menemukan apa yang mereka cari. Rancang proses berbelanja dan “window shopping” menjadi senyaman dan semenarik mungkin.

Sebagai pemilik website Anda juga harus mempelajari data pengunjung. Misalnya dari halaman produk mana mereka datang, produk apa saja yang sering dicari pada kotak pencarian, produk apa saja yang sering dibeli dan lainnya. Dengan begitu Anda dapat menitikberatkan produk apa saja yang ingin ditampilkan pada website.

7. Petunjuk Bertransaksi yang Jelas

Berikan arahan step-by-step yang jelas dan terperinci kepada konsumen mengenai cara berbelanja atau menggunakan jasa di website Anda. Berikan juga petunjuk apa yang harus dilakukan oleh konsumen jika terjadi hal yang tidak semestinya.

Jika Anda mengirim produk melalui ekspedisi, berikan informasi biaya kirim, estimasi pengiriman dan cara melacak paket bagi konsumen. Tahap ini harus dilakukan sebelum total biaya yang harus dibayarkan oleh konsumen ditampilkan agar mereka tidak kecewa.

Petunjuk Bertransaksi
Sediakan informasi atau pentunjuk bertransaksi yang memudahkan pengguna

Selain itu, tampilkan juga informasi mengenai cara pengembalian barang yang tidak sesuai dan juga garansi uang kembali jika ada. Kemudian berikan juga kontak customer service atau layanan pengaduan yang bisa dihubungi secara cepat oleh konsumen.

8. Fitur untuk Memberikan Respon

Anda tentu ingin melihat pendapat konsumen tentang apa yang sudah Anda berikan kepada mereka. Ajak dan berikan fitur bagi konsumen untuk memberikan komentar mengenai produk yang mereka beli dari Anda. Sediakan contact form atau alamat email yang bisa digunakan oleh konsumen untuk menyampaikan kritik dan saran.

Baca Juga  Jenis Ekstensi Domain

Pertimbangkan juga untuk memberikan bonus yang bisa menarik minat mereka untuk bercerita. Mungkin saja Anda bisa mendapat pengalaman menarik dari konsumen yang menggunakan produk atau jasa Anda, ini bisa menjadi bahan artikel bagus untuk blog bisnis Anda.

9. Call to Action yang Jelas

Konsumen membutuhkan sebuah tombol yang jelas untuk memulai transaksi, apakah itu “Buy Now” atau “Daftar Newsletter” atau “Klik disini untuk informasi lebih lanjut”. Tapi banyak website bisnis yang tidak menyediakan hal yang dibutuhkan oleh konsumen seperti ini. Kalaupun ada, terkadang masih ditampilkan dalam bentuk, warna dan posisi yang kurang jelas. Jika Anda sudah memiliki pengunjung, maka ini waktunya untuk mengarahkan mereka agar membeli produk Anda.

10. Tawaran Spesial dan Personalisasi

Berikan penawaran menarik yang disesuaikan khusus untuk konsumen Anda dan sebutkan nama mereka di dalam email. Penawaran bisa dalam bentuk potongan harga atau voucher dalam jumlah nominal yang menarik. Anda juga bisa memberikan kartu ucapan terima kasih yang ditulis tangan atau bonus yang tidak disebutkan sebelumnya.

Discount Promo
Contoh potongan harga yang diberikan oleh www.decodeko.co.id

 

Sumber :

http://www.entrepreneur.com/article/207300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *