ide-bisnis

10 Ide Bisnis Berbasis Teknologi

Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk Anda memulai kehidupan baru, termasuk kehidupan bisnis. Jika Anda ingin membuat sendiri perusahaan yang selama ini Anda idam-idamkan namun masih belum yakin, maka ini waktunya untuk berubah.

Banyak pilihan bisnis yang bisa Anda jalani, apalagi dipengaruhi dengan perkembangan zaman dan teknologi. Berikut adalah beberapa ide bisnis berbasis teknologi yang cocok untuk dijalankan pada tahun 2017 :

1. Konsultan Teknologi

Jika Anda mahir dalam dunia IT atau komputer, maka bisnis ini mungkin saja adalah pilihan yang tepat bagi Anda. Perubahan besar di bidang teknologi saat ini membuat perusahaan besar dan kecil mengutamakan teknologi baru untuk dintegrasikan dengan bisnis mereka.

Para pebisnis umumnya disibukkan dengan urusan meningkatkan penjualan mereka sehingga tak memiliki waktu untuk mengurus teknologi yang mendukung bisnis. Oleh karenanya profesi atau layanan konsultan teknologi merupakan salah satu bisnis yang banyak dicari.

2. Konsultan Media Sosial

Walaupun sudah mulai banyak bisnis yang menawarkan jasa konsultasi media sosial, tidak ada salahnya Anda ikut mencoba mengingat tingginya permintaan pasar. Coba tawarkan jasa untuk konsultasi penggunaan media sosial untuk platform yang masih “berjuang” seperti Instagram, Pinterest, Tumblr dan Snapchat. Fokus kepada platform itu karena Facebook dan Twitter sudah terlalu banyak digunakan.

Platform-platform media sosial tersebut masih kurang mendapat perhatian dari perusahaan besar karena belum menyadari manfaat dan tingkat keefektivitasannya.

Periskop misalnya, aplikasi live streaming Twitter ini memiliki lebih dari 10 juta akun aktif. Selain itu, Snapchat memiliki lebih dari 100 juta pengguna, sementara Tumblr dan Instagram memiliki lebih dari 400 juta pengguna. Kemudian disusul dengan Pinterest yang memiliki 100 juta pengguna lebih.

Baca Juga  Manfaat Dan Keuntungan Memiliki Website

Jika Anda memiliki latar belakang pendidikan yang berkaitan dengan media sosial, coba mulai bisnis konsultasi media sosial yang bertujuan mendapatkan keuntungan dari pengguna.

3. Buka Toko Komputer & Software

Ide ini harus dipertimbangkan oleh Anda, khususnya jika Anda memiliki pengetahuan mengenai teknologi software dan hardware. Hampir mirip dengan jasa service gadget, toko seperti ini memungkinkan pembeli untuk mendownload file, membeli perangkat komputer atau gadget, mempebaiki perangkat mereka dan lainnya.

Toko seperti ini banyak dicari oleh masyarakat, terutama jika memiliki website yang bisa secara langsung melayani pelanggan. Pasalnya kini semua orang memiliki handphone, gadget lain hingga kamera profesional yang memerlukan perbaikan atau perawatan.

4. Server Building

Server memainkan peran penting dalam dunia telepon dan koneksi internet, baik untuk penggunaan di rumah, sekolah, perkantoran, tempat hiburan dan sebagainya.

Namun, masih jarang terdapat perusahaan yang menyediakan jasa server room, dimana hal ini akan melancarkan kegiatan bisnis. Server room adalah ruangan untuk menyimpan server, perangkat jaringan dan perangkat lainnya yang berhubungan.

Jadi, jika Anda ingin memulai bisnis berbasis teknologi, maka salah satu pilihan terbaik adalah dengan membangun bisnis server building/server room.

5. Perusahaan Telekomunikasi

perusahaan yang menjalankan bisnis telekomunikasi adalah “pemain” aktif dalam industri teknologi. Disini, Anda akan dikenal sebagai penyedia layanan provider.

Jika Anda memiliki modal yang besar dan ingin memulai bisnis teknologi informasi, maka Anda patut mencoba jenis bisnis ini. Bosnis telekomunikasi adalah bisnis yang bersifat padat modal namun sangat menjanjikan dari segi keuntungan.

6. Perpustakaan Online Atau E-Library

E-library adalah sebuah platform dimana orang bisa mempelajari banyak mata pelajaran dengan biaya yang terjangkau. E-library merupakan pusat informasi di mana Anda dapat dengan nyaman melakukan penelitian dan studi dimanapun Anda berada selama memiliki jaringan internet.

Baca Juga  6 Alasan Bisnis Anda Harus Menggunakan Google AdWords

Orang akan membayar biaya pendaftaran dan biaya keanggotaan untuk mendapatkan akses ke e-library.

7. Layanan Instalasi

Banyak orang yang memiliki perangkat canggih (software dan hardware) tapi tak mengerti cara penggunaannya. Mereka lebih memilih untuk langsung bertanya kepada orang lain daripada harus mempelajarinya dari buku manual atau internet. Pasalnya pertanyaan yang dimiliki belum tentu dapat terjawab dari kedua sumber informasi tersebut.

Oleh karenanya bisnis ini merupakan salah satu jenis yang bisa Anda pertimbangkan. Ingat, Anda harus memiliki keterampilan teknis terlebih dahulu sebelum sukses menjalankan bisnis layanan instalasi.

8. Layanan Pembuatan Antivirus Untuk Smartphone Dan Komputer

Jika Anda memiliki kemampuan programming software, maka bisnis yang bisa Anda coba adalah membuat dan mengembangkan antivirus untuk perangkat smartphone dan komputer. Jika bisnis ini berjalan dengan efektif, maka tentu Anda akan mendapat banyak pemasukan mengingat banyaknya orang yang membutuhkan jasa ini.

9. Pengembang Perangkat Handphone

Mengingat penggunaan handphone semakin meningkat setiap waktunya, tidak ada salahnya jika Anda mencoba binis yang menyediakan layanan jasa pengembangan perangkat ini.

Untuk memulainya, Anda bisa merancang dan mencoba produksi handphone untuk Anda sendiri. Ada banyak perusahaan di negara China yang bisa membantu Anda dalam hal ini dengan biaya yang cukup hemat.

10. Jasa Layanan Website Untuk Freelancer

Bisnis ini menghubungkan para pekerja freelance dengan perekrut kerja. Anda bisa merekrut freelancer melalui website dalam berbagai bidang dan membayar upah mereka sesuai dengan perjanjian seluruh pihak terkait.

Ini adalah cara yang mudah untuk mendapatkan uang tanpa harus terjun langsung ke lapangan

Sumber :

http://www.businessnewsdaily.com/2747-great-business-ideas.html

http://www.profitableventure.com/technology-business-ideas/