Jangan Lakukan Ini Di Instagram

10 Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan di Instagram Toko Online

Berbisnis melalui sosial media saat ini banyak dilakukan, mulai dari bisnis besar sampai dengan usaha kecil-kecilan. Banyak sekali pebisnis yang sukses mengembangkan produk dan perusahaan mereka dari sosial media, termasuk penggunaan Instagram.
Namun, tidak sedikit pula mereka yang belum beruntung atau berhasil karena salah mengoperasikan sosial media untuk bisnis mereka. Berikut ini adalah beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan pada bisnis melalui sosial media Instagram :

1. Follow For Follow

Follow For Follow
Contoh penggunaan #follow4follow pada Instagram

Anda pasti sudah pernah mendengar istilah “follow for follow” yang banyak digunakan oleh pemilik toko online. Biasanya istilah ini juga digunakan dengan hashtag (tagar) #f4f atau #followforfollow.
Sebaiknya Anda tidak melakukan hal ini, karena follower yang bertambah bukanlah follower yang sesuai dengan target Anda. Kemungkinan besar mereka hanya akan mem-follow Anda tanpa melakukan pembelian produk Anda. Selain itu, biasanya mereka akan berhenti mem-follow Anda setelah satu atau dua hari.

2. “Saya Sudah Follow Anda, Tolong Follow Saya”

Hampir serupa dengan sebelumnya, kalimat ini juga meminta agar orang lain mem-follow Anda. Hal ini adalah cara putus asa untuk ‘memohon’ agar mendapatkan follower di media sosial. Biasanya hal ini disertai dengan hashtag #folback atau #followback.

Follow Back
Contoh penggunaan #folback pada Instagram

Jika Anda memang menyukai konten seseorang dan mereka adalah target Anda, maka silakan mem-follownya, dan mulai berinteraksi dengan mereka. Berikan likes pada foto mereka, tinggalkan komentar atau bahkan Anda bisa menanyakan sesuatu.

3. Jangan Tag Seseorang Yang Tidak Anda Kenal Di Foto Anda

Jika Anda ingin mencoba mendapat perhatian dari akun Instagram yang lebih besar Anda tidak secara pribadi mengenal mereka, maka jangan tag nama mereka di foto Anda. Hal ini merupakan sesuatu yang lancang, terlalu berani dan kasar.
Mereka sama seperti Anda, ingin membangun merek bisnis sendiri. Anda tidak menghargai mereka karena orang lain bisa menganggap produk Anda adalah produk mereka. Kecuali memang sudah ada permintaan kerjasama sebelumnya.
Selain itu, jika Anda menggunakan produk mereka, jangan lupa menyebutkan nama akun dan tag mereka.

Baca Juga  Media Sosial Yang Cocok Untuk Promosi Toko Online

4. Jangan Membeli Follower

Jangan pernah membeli follower karena hanya akan membuang uang Anda. Seperti sebelumnya, follower Anda hanya berdasarkan kuantitas, bukan kualitas. Lebih baik memiliki 100 follower yang benar-benar menyukai produk Anda daripada 1.000 follower yang tidak tertarik pada produk Anda.
Lagipula, follower yang bertambah tersebut palsu yang bisa jadi hanya akun palsu atau spam saja.

5. Jangan Menunjukkan Sikap Negatif

Jika Anda mengalami hal yang buruk, maka sebaiknya Anda curhat ke sahabat Anda, bukan melalui sosial media. Selain itu, jika Anda memiliki pengalaman buruk dengan konsumen, jangan publikasikan hal itu di Instagram. khususnya akun bisnis Anda.

6. Jangan Terlalu Banyak Posting

Posting dua sampai empat konten sehari, atau mungkin leboh jika ada acara khusus. Umumnya, jika memposting lebih dari empat kali sehari, maka berikan jarak waktu. Memenuhi feeds bisa membuat Anda kehilangan follower karena akan dianggap mengganggu.

7. Jangan Terlalu Jarang Posting

Jika Anda hanya login dan posting sekali dalam seminggu, maka konsumen bisa melupakan Anda. Ketika Anda akhirnya melakukan posting, mungkin saja saat itu mereka sudah berhenti mem-follow Anda. Pertahankan agar merek dan produk Anda tetap ada di ingatan mereka dengan cara melakukan posting setidaknya satu kali sehari.

8. Jangan Posting Foto Blur

Foto Blur
Contoh foto produk yang blur

Tidak sedikit bisnis yang memanfaatkan sosial media Instagram memposting foto berkualitas rendah atau blur. Ingat, Instagram adalah platform untuk visual, jadi pastikan Anda memposting foto terbaik.

9. Jangan Hanya Posting Foto Produk

Hal ini sedikit rumit mengingat banyak dilakukan pada sebagian besar bisnis. Salah satu cara yang bagus agar orang lain bisa mengenal Anda adalah dengan menampilkan proses di belakang layar. Misalnya saja suasana kantor atau ruang kerja tempat produk Anda dibuat, atau foto suasana kerja para karyawan.
Dengan cara ini konsumen akan mempercayai Anda dan akhirnya melakukan pembelian.

Baca Juga  Cara Kreatif Menggunakan Instagram untuk Bisnis

10. Jangan Gabungkan Akun Pribadi Dengan Akun Bisnis

Keluarga dan teman-teman Anda mungkin saja mem-follow akun Instagram bisnis Anda, sehingga hindari melakukan posting dengan akun personal Anda. Akun bisnis Anda haruslah mengenai promosi bisnis Anda.

Sumber :
http://www.helloimhandmade.com/10-instagram-donts-for-your-creative-business/