instagram untuk bisnis

Cara Kreatif Menggunakan Instagram untuk Bisnis

Salah satu cara memasarkan produk dan bisnis Anda dengan efektif tanpa perlu mengeluarkan biaya besar adalah dengan penggunaan media sosial. Banyak platform media sosial yang digunakan oleh pebisnis atau perusahaan dalam strategi pemasaran, dan salah satu platform yang menjadi favorit adalah Instagram.

Selain mengupload foto, Anda juga bisa menggunakan Instagram untuk beriklan dan menyebarkan video pemasaran dengan fitur-fitur terbaru Instagram. Untuk memaksimalkan penggunaan instagram untuk bisnis Anda, coba beberapa tips kreatif yang bisa Anda coba seperti ini:

Buat Katalog Interaktif

IKEA memanfaatkan Instagram untuk memperlihatkan katalog terbaru mereka secara interaktif dengan menggunakan fitur Tag. Cara ini mendorong follower mereka untuk melihat produk-produk IKEA dengan cara mengklik gambar yang sudah ditandai dengan Tag masing-masing.

Pertama, pastikan Anda memiliki email tersendiri untuk membuat akun Instagram dengan kategori produk yang berbeda-beda yang ingin ditampilkan dalam katalog tersebut. Kemudian, unggah foto untuk setiap produk di semua kategori di akun Instagram utama Anda.

Selanjutnya, berikan Tag setiap produk berbeda ke akun masing-masing kategori yang telah dibuat sebelumnya. Misalnya, foto produk bangku taman dipasangkan Tag yang terhubung dengan akun Instagram khusus kategori furnitur tempat duduk, dan sebagainya.

Anda juga bisa mengupload foto beberapa produk sekaligus dalam sekali posting dengan fitur Multiple Photos untuk menampilkan jenis furnitur serupa.

Adakan Giveaway

Strategi pemasaran yang mendapat banyak perhatian dan engagement follower adalah event giveaway, kontes dan sejenisnya. Informasikan bahwa brand Anda akan mengadakan event giveaway bagi para follower sebagai perayaan akan sesuatu. Misalnya, giveaway untuk memperingati hari ulang tahun brand Anda, hari Natal, perayaan Idul Fitri, Tahun Baru, dan sebagainya.

Baca Juga  Waktu Terbaik Untuk Posting Di Sosial Media

Minta para follower melakukan hal tertentu untuk mengikuti event ini sebagai persyaratan. Seperti memberikan komentar dengan tagar tertentu (hashtag), mengirimkan Anda DM (Direct Message) dengan pesan tertentu, mengajak orang lain dengan mention di kolom komentar postingan Anda dan sebagainya.

Setelah memutuskan pemenang dan mengumumkannya, hubungi pemenang secara langsung melalui DM sehingga terjadi komunikasi dan juga meningkatkan engagement terhadap brand Anda.

Anda bebas menentukan apa bentuk giveaway yang ingin diberikan. Namun yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa memiliki hubungan baik dengan para follower secara personal.

Buat Cerita dan Pengalaman Menarik

Mirip dengan IKEA, brand Old Spice menggunakan fitur Tag untuk meningkatkan engagement para follower dan mempromosikan produk-produk mereka.

Old Spice membuat konten gambar bercerita yang mendorong follower untuk memilih petualangan mereka sendiri (choose your own adventure) . Mereka meminta follower untuk mengklik gambar tertentu yang sudah terhubung ke halaman postingan lainnya karena telah dipasangi Tag.

Setiap Tag akan membawa follower ke halaman berbeda-beda sehingga menciptakan pengalaman dan engagement tersendiri.

Untuk mengikuti model dan strategi ini, pastikan tim kreatif Anda telah merancang cerita yang menarik. Buat konten gambar atau video yang mampu mendorong follower untuk melakukan sesuatu dan gunakan setidaknya satu atau dua Tag pada setiap gambar atau video tersebut.

Gunakan Layout Gambar Besar & Kreatif

Reynolds Kitchen memilih untuk berpikir kreatif dengan mengatur layout akun Instagram bisnis yang bisa menampilkan potongan-potongan gambar besar menjadi satu bagian yang utuh.

Untuk mengikuti strategi ini, pastikan gambar secara keseluruhan yang akan diupload bisa terpotong dengan benar. Jangan sampai ada produk tertentu yang terpotong pada bagian inti gambar sehingga follower tak bisa memahami gambar produk tersebut jika dilihat secara satu-persatu.

Baca Juga  Manfaat Sosial Media Dan Kerugiannya

Selain itu, pastikan semua potongan telah diedit dengan ukuran yang sama dengan ukuran Instagram. Kemudian, berikan caption atau deskripsi yang menarik pada setiap postingan untuk memberikan informasi secara lebih detail, dan berikan tautan (link) menuju website Anda pada bagian bio Instagram.

Kesimpulan

Instagram yang saat ini telah memiliki 800 juta pengguna aktif setiap bulannya, kini menjadi salah satu media pemasaran yang potensial setelah Facebook dalam meningkatkan brand awareness suatu produk.

Menggunakan Instagram untuk bisnis menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis dalam menarik perhatian audiens. Untuk itu, Anda perlu melakukan strategi pemasaran yang inovatif agar bisa tetap terhubung dengan pelanggan Anda.

Sumber:

Social Media Examiner: 4 Creative Ways to Use Instagram for Business