domain

Jenis Ekstensi Domain

Domain Adalah . . . .

Bagi Anda yang akan membangun sebuah website, Anda memerlukan nama domain, yaitu nama untuk website Anda setelah www.(nama domain). Anda harus membuat nama atau alamat domain website Anda yang mudah diingat oleh pengguna maupun robot mesin pencari.

Bagaimana Cara Mendapatkan Nama Domain ?

Ketika Anda memutuskan untuk membangun sebuah website, maka membeli dan memiliki nama domain adalah hal yang sangat penting. Nama domain yang Anda inginkan belum tentu tersedia untuk dijual, sehingga Anda harus merancang sendiri nama domain yang akan dipakai.

Jika Anda membeli nama domain maka nama tersebut secara langsung akan didaftar, dan akan ditambahkan dalam daftar besar nama domain. Informasi mengenai website yang Anda miliki serta IP adress website Anda juga akan tersimpan dalam server Domain Name System (DNS).

Anda bisa membeli nama domain dari berbagai penyedia seperti GoDaddy.

Jenis-Jenis Ekstensi Domain

Ketika membeli dan mendaftarkan nama domain, Anda juga harus memilih untuk menggunakan ekstensi domain, yakni pengkategorian nama domain. Anda harus menyesuaikan bisnis dan nama domain Anda dengan ekstensi domain yang akan digunakan.

Misalnya saja Anda mendaftarkan domain dengan website untuk tujuan pendidikan maka ekstensi yang Anda pilih adalah .edu. Tidak ada sebuah aturan baku yang mengatur mengenai penggunaan ekstensi domain, namun pada umumnya pemilik website memilih untuk menggunakan .com.

Berikut ini beberapa jenis ekstensi domain :

  • .com : Untuk penggunaan perusahaan atau komersial, namun dapat digunakan untuk website jenis apapun
  • .co : Hampir sama dengan .com, .co juga digunakan untuk perusahaan. Bedanya .co merupakan jenis yang lebih baru sehingga belum banyak
  • orang yang menggunakannya. Dapat dibilang penggunaan .co lebih fresh
  • .net : Untuk penggunaan pada jaringan (network) dan biasanya digunakan untuk jaringan sebuah website
  • .org : Untuk penggunaan pada organisasi baik nirlaba maupun non nirlaba
  • .us atau .id : Pada dasarnya ekstensi ini untuk menunjukkan asal negara pemilik website. Misalnya .id menunjukkan negara Indonesia,┬ásementara .us menunjukkan negara Amerika
  • .biz : Ekstensi ini merupakan jenis baru dan dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa website murni terkait dengan bisnis
  • .info : Untuk penggunaan website penyedia info atau informasi
  • .tv : Untuk penggunaan pada website televisi atau channel tv kabel
Baca Juga  9 Tips Membuat Website Mobile-Friendly

Memilih Nama Domain

Nama domain secara otomatis akan menjadi alamat bisnis Anda, oleh karena itu berhati-hatilah dan cermat dalam memilihnya.

Banyak yang berpikir sangat penting untuk memiliki keyword pada domain website, contohnya apelsegarmurah.com. Ini merupakan salah satu praktik SEO pada masa lalu yang disebut EMD(exact match domain), yaitu menggunakan keyword pada nama domain agar bisa unggul di halaman pencarian Google.

Hal ini memang efektif, tapi beberapa tahun lalu sampai pada tahun 2012 Google melakukan update pada algoritmanya khusus untuk penggunaan EMD. Hal ini dilakukan agar hasil pencarian bisa berkualitas dan relevan, menampilkan website yang bermanfaat bagi pengguna.

Domain
Pilih domain dan sub domain yang sesuai dengan kebutuhan website Anda

Kini website yang menggunakan teknik ini tidak akan bisa mendapatkan peringkat yang tinggi, kecuali memang website tersebut memiliki content yang sangat baik.

Hal ini dilakukan oleh Google agar pengguna mendapatkan hasil pencarian terbaik, selain itu persaingan jadi lebih adil karena peringkat website pada halaman pencarian dinilai dari kemampuannya untuk memberikan kepuasan pada pengunjung.

Tips bagi Anda yang baru ingin membeli nama domain, sebaiknya menggunakan nama bisnis(brand) pada nama domain dan meningkatkan kualitas content website maupun pelayanan pada pelanggan.

Selain itu, hindari penggunaan nama domain yang panjang dan membingungkan. Banyak orang memisahkan kata-kata pada domain menggunakan tanda hubung, hal tersebut memasng masih efektif di masa lalu, namun saat ini penggunaan tanda hubung bukan merupakan faktor yang signifikan untuk mendapat peringkat pada mesin pencari.

Coba untuk menggunakan dua atau maksimal tiga kata pada mama domain Anda sehingga akan lebih mudah untuk diingat. Pastikan juga agar nama domain Anda bisa dieja dengan baik.

Sub Domain Adalah …

Anda dapat membagi domain Anda ke beberapa sub domain sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda melakukan sejumlah kegiatan bisnis dengan nama domain yang sama, maka sub domain diperlukan untuk setiap bisnis tersebut.

Baca Juga  Macam-Macam Browser Terbaru & Fiturnya

Misalnya saja perusahaan Google memiliki nama domain google.com, namun mereka juga menciptakan sejumlah sub domain yang digunakan untuk keperluan beberapa bisnis mereka, misalnya :

  • adwords.google.com : Sub domain yang digunakan untuk Google Adwords
  • groups.google.com : Sub domain untuk Google Groups
  • images.google.com : Sub domain untuk Google Images

Dengan cara tersebut Anda bisa menyajikan bisnis-bisnis Anda dengan cara yang terpisah dan baik. Jika nama domain Anda sudah terdaftar maka pihak penyedia akan menawarkan Anda untuk membuat sub domain.

Setelah domain, selanjutnya hal yang diperlukan untuk membuat sebuah website adalah web hosting, baca artikelnya disini.

Sumber :

http://www.tutorialspoint.com/web_developers_guide/web_domain_names.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *