jenis-website

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Website (Situs Web) adalah kumpulan dari satu atau lebih halaman yang saling berkaitan, didalamnya berisi informasi termasuk konten multimedia.

Sebuah Website diidentifikasikan dengan nama domain dan dipublikasikan pada setidaknya sebuah web server. Sebuah website bisa diakses melalu jaringan IP publik, seperti Internet, atau jaringan lokal (LAN), dengan menggunakan uniform resource locator (URL) sebagai alamat referensinya.

Dari bentuk dasarnya, website dibagi menjadi dua, yaitu Website Statis dan Website Dinamis sementara dari fungsinya website dibagi menjadi beberapa jenis:

  1. Company Profile
  2. E-Commerce
  3. Archive
  4. Dating
  5. Government
  6. Personal
  7. Entertainment
  8. News Portal
  9. Blog
  10. Community
  11. Educational
  12. Search Engine
  13. Gallery
  14. Social Media
  15. Social Bookmarking
  16. Social News

banner-blog-lastbtn

Jenis website berdasarkan bentuknya

Sebelum memulai pembuatan website seorang web designer akan menanyakan tujuan Anda membuat website. Apakah untuk blog pribadi, company profile, toko online, portal berita dan sebagainya. Pertanyaan ini bertujuan untuk menentukan apakah website Anda membutuhkan website statis atau dinamis berdasarkan seberapa sering informasi pada website akan diperbaharui. Berikut penjelasan mengenal Website Statis dan Dinamis:

Website Statis

Halaman website statis tidak akan mengalami perubahan konten (isi website) maupun layout saat terjadi permintaan data ke web server. Halaman hanya akan berubah jika pengelola melakukan perubahan terhadap konten website secara manual.

Perubahan biasanya dilakukan menggunakan bantuan program text editor atau program desain website seperti Adobe Dreamweaver. Setiap informasi yang ditampilkan di website statis diatur dengan bahasa markup seperti HTML. Untuk itu jika dibutuhkan perubahan sekecil apapun, maka hanya bisa dilakukan oleh web designer atau web programmer.

Halaman website statis jauh lebih sederhana, cenderung lebih aman dari serangan hacker, tidak rentan dari kesalahan teknis, dan lebih mudah dibaca oleh search engine (eg:Google).

Kelebihan Website Statis

  • Cepat untuk dikembangkan
  • Efisien untuk dikembangkan
  • Efisien saat disimpan pada web hosting

Kekurangan Website Statis

  • Membutuhkan tenaga ahli khusus untuk melakukan perubahan
  • Situs menjadi kurang bermanfaat bagi pengunjung
  • Konten website yang usang

Website Dinamis

Website dinamis memiliki konten yang bisa beradaptasi menyesuaikan interaksi dari pengunjung. Perubahan pada data dijalankan oleh aplikasi secara berkala, seperti pada website berita. Perubahan-perubahan tersebut bisa dilakukan dengan teknik client-side scripting, menggunakan bahasa pemrograman web (Javascript, ActionScript, DHTML).

Baca Juga  Cara Membuat Navigasi Website yang Ramah SEO

Dengan client-side scripting konten pada halaman website bisa dirubah dengan cepat pada komputer pengunjung tanpa meminta halaman baru ke web server.

Kebanyakan website dinamis dikembangkan dan dijalankan pada web server dengan bahasa pemrograman server-side scripting (ASP, JSP, Perl, PHP, Python).

Baik bahasa pemrograman client maupun server-side digunakan pada website yang selalu mengalami perubahan konten dan memiliki fitur interaktif yang kompleks.

Website dinamis menawarkan fleksibilitas yang banyak, tapi proses untuk menjalankan halaman website dengan gabungan konten yang unik pada setiap halaman membutuhkan web server canggih berkecepatan tinggi.

Bahkan server yang memadai pun bisa kewalahan jika mendapatkan banyak permintaan data dari website dinamis dalam waktu yang singkat.

Konten dalam website dinamis harus dioptimasi secara khusus agar lebih ramah dengan search engine, ini merupakan kekurangan lain dari website dinamis.

Keuntungan Website Dinamis

  • Memiliki banyak fitur tambahan
  • Lebih mudah untuk dikembangkan
  • Lebih mudah menambah konten baru yang menarik pengunjung dari search engine
  • Memiliki fitur yang memudahkan pengelola dan pengguna untuk bekerjasama

Kekurangan Website Dinamis

  • Membutuhkan waktu lama dan dana lebih untuk pengembangan
  • Membutuhkan biaya hosting lebih mahal

Mayoritas website dari era awal internet memiliki desain statis, tapi kini semakin banyak orang yang sadar akan banyak kelebihan website dinamis. Website dinamis memiliki fitur lebih banyak dan juga memberikan kesan profesional dan pengalaman menarik bagi pengunjung website Anda.

Jenis website berdasarkan fungsinya

Sementara berdasarkan fungsi dan kegunaan yang lebih spesifik, jenis-jenis website dibagi lagi menjadi beberapa jenis, berikut daftarnya:

Company Profile

Company profile merupakan website sederhana yang tentu saja statis, biasanya dibuat oleh perusahaan untuk menampilkan informasi bisnis mereka seperti jasa, visi misi, dan kontak.

Biasanya, website Company Profile lebih fokus kepada desain tampilan website yang menawan namun informasi yang dibutuhkan pengunjung tetap ditampilkan dengan jelas.
Contoh Brochure SitesContoh: http://progresstech.co.id/

E-Commerce

E-Commerce adalah website yang memiliki fitur untuk melakukan aktivitas jual beli produk atau jasa melalui internet. Website E-Commerce memiliki fitur yang bisa menggantikan fungsi pada toko offline seperti menampilkan produk, pengecekan ketersedian produk, pemesanan dan transaksi online.

Baca Juga  Apakah Three Click Rule Masih Efektif?
Contoh Web eCommerce
amazon.com

Archive

Website jenis ini digunakan untuk melestarikan atau menyimpan konten elektronik yang terancam akan hilang. Contohnya adalah Internet Archive yang sejak tahun 1996 telah menyimpan dengan baik miliaran halaman website.

Contoh lainnya adalah Google Groups yang pada awal tahun 2005 telah mengarsip lebih dari 845 juta pesan yang diposting ke grup-grup diskusi online.

Dating

Website ini merupakan tempat bagi para pengguna untuk menemukan seseorang yang bisa menjadi pasangan dalam hubungan jangka panjang, kencan, pertemuan singkat ataupun persahabatan.

Banyak website yang membebankan biaya tertentu namun ada pula website yang memberikan layanan ini secara gratis. Sebagian besar website dating juga memiliki fungsi sebagai website jejaring sosial.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan layanan ini dapat mengaksesnya di eHarmony dan Match.com.

Government

Website resmi milik pemerintah lokal, negara bagian, departemen pemerintahan atau pemerintah nasional suatu negara. Biasanya website resmi ini juga mengoperasikan website lainnya yang bertujuan untuk memberi informasi mengenai suatu daerah berikut dengan peraturan-peraturan di dalamnya.

Salah satu contoh website pemerintahan yang selalu update saat ini adalah Jakarta.go.id milik Pemprov DKI Jakarta.

Personal

Website jenis ini merupakan website milik individual atau kelompok kecil yang berisikan informasi atau konten yang memang diinginkan oleh pemilik website.

Contohnya saja website milik seorang selebriti besar yang dijalankan oleh humas atau sebuah instansi. Misalnya seperti barackobama.com milik Presiden AS Barack Obama, atau michellebuteau.com milik Michelle Buteau, seorang aktris dan penulis.

Entertainment

Jika anda mencari website yang berhubungan dengan hiburan (entertainment), maka yang akan anda sering temui adalah website promosi, website game online, website film/bioskop, dan website untuk sebuah group band atau penyanyi.
Contoh: http://kapanlagi.com/

News Portal

News Portal merupakan sebuah website yang khusus menyajikan informasi berita kejadian, politik, opini dan sebagainya. Website news yang sudah tidak asing bagi Anda contohnya adalah detik.com, liputan6.com, viva.co.id dan lainnya.

Blog

Banyak blogger menggunakan blog untuk menuangkan ide dan ekspresi mereka tentang berbagai hal, mulai dari politik hingga ke pembahasan video game misalnya. Beberapa diantara mereka adalah blogger profesional yang dibayar untuk menulis topik tertentu.
Contoh: http://blogger.com/, http://wordpress.com/,

Baca Juga  Kelebihan & Kekurangan Website Gratis
Contoh Blog
medium.com

Community

Pengertian situs komunitas (Community Sites) adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin bersosialisasi melalui pembentukan sebuah komunitas. Di situs ini, user dapat saling bertukar informasi dan membentuk group-group untuk bersosialisasi. Biasa kita sering dengar dengan istilah forum.
Contoh Community WebsiteContoh: http://kaskus.co.id/, http://indogamers.com/http://stackoverflow.com/

Educational

Website pendidikan sebagai sarana personalisasi hubungan antara pusat dan komunitas pendidikan(murid/mahasiswa) agar dapat saling berkomunikasi dan menyebarkan informasi berkaitan dengan pendidikan secara luas.
Contoh: http://student.ubm.ac.id/, http://binusmaya.binus.ac.id/

Search Engine

 

Yahoo Search

Google, Bing, Yahoo Search, DuckDuck Go adalah beberapa contoh macam macam search engine. Website jenis ini merupakan sebuah website yang bertugas mengumpulkan daftar website yang dapat Anda temukan di seluruh jaringan internet dalam database. Website yang Anda cari bisa muncul dalam halaman hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang Anda gunakan.

Gallery

Website jenis ini dirancang khusus untuk digunakan sebagai galeri. Misalnya untuk website galeri pameran seni atau foto dan galeri non komersial lainnya.

Social Media

Fenomena sosial media yang ada di dunia saat ini berlangsung begitu cepat dengan segala perkembangannya. Website sosial media memungkinkan Anda untuk bisa saling bertukar informasi yang terdapat dalam berbagai macam konten (gambar, teks, video dan audio). Beberapa website sosial media yang terkenal adalah Facebook, Twitter dan YouTube.

Social Bookmarking

Stumbleupon

Sebuah website dimana pengguna saling berbagi konten dari internet, kemudian memberikan peringkat dan komentar pada konten tersebut. Contoh website jenis ini adalah StumbleUpon, Digg dan Total Knowledge.

Social News

Website berita sosial menyajikan postingan dari pengguna yang dapat diberikan peringkat berdasarkan popularitasnya. Pengguna lain juga dapat memberikan komentar pada postingan-postingan tersebut.

Website jenis ini digunakan untuk menghubungkan berbagai jenis informasi termasuk berita, cerita lucu, diskusi dan lainnya seperti Reddit, Digg dan SlashDot.

2 thoughts on “Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *