Website WordPress

19 Jenis Website yang Bisa Dibuat dengan WordPress

Salah satu cara mudah untuk membuat website sendiri adalah dengan menggunakan WordPress. Sebelumnya Anda membutuhkan hosting WordPress dan nama domain untuk mulai membuat website. Pelajari cara atau petunjuk mengenai cara menginstal WordPress, namun jika Anda hanya ingin mencari tahu (tidak membuat website secara serius), Anda dapat menginstal WordPress di komputer Anda.

Mungkin masih ada di antara Anda yang masih belum mengetahui website seperti apa saja yang mampu ‘dilahirkan’ oleh WordPress, berikut ini 19 jenis website yang bisa Anda buat menggunakan WordPress :

1. Blog Atau Website Pribadi

Blog
Lifehacker.com, salah satu blog terkenal di dunia

WordPress awal mula dimulai sebagai platform untuk blogging dan dengan cepat berkembang menjadi CMS (Content Management System) yang kuat. Selama 12 tahun terakhir, komponen website atau blog yang dibuat tidak menghilang. Melainkan, website-website tersebut menjadi lebih bagus, canggih dan matang.

Jika Anda ingin membuat sebuah blog atau website pribadi, maka WordPress akan banyak membantu Anda untuk menyediakan alat pengelolaan dan pengembangan blog tersebut dengan cepat.

2. Website Bisnis

Menggunakan WordPress adalah cara termudah untuk membangun sebuah website untuk bisnis. Banyak perusahaan yang menggunakan WordPress untuk website mereka. WordPress memberi kemudahan bagi Anda untuk memulai sebuah website bisnis dan kemudian mengembangkannya seiring dengan berjalannya bisnis Anda.

3. Website E-Commerce

WordPress adalah solusi yang baik untuk membangun website e-commerce Anda. WordPress memiliki banyak plugin yang bermanfaat seperti WooCommerce, Easy Digital Downloads dan WPEcommerce yang mengkonversi website Anda menjadi website e-commerce yang berfungsi dengan baik. Anda dapat menerima pembayaran, mengelola persediaan, pengiriman, pajak dan pengguna dari atap yang sama.

4. Website Job Board (Lowongan Kerja)

Jobstreet
Jobstreet, salah satu website lowongan pekerjaan terkenal di Indonesia

Beberapa website populer seperti Smashing Magazine, Problogger, Jobstreet dan lainnya menggunakan job board sebagai sumber penghasilan mereka. WordPress memungkinkan Anda dengan mudah membuat job board dimana para pengusaha dapat memposting lowongan pekerjaan, sementara para pencari kerja merespon postingan tersebut.

Baca Juga  Apa Saja Fungsi Website Yang Sebenarnya?

5. Website Direktori Bisnis

Seperti job board, terdapat peningkatan permintaan dari sektor direktori bisnis pada dunia website. Terdapat beberapa plugin direktori bisnis yang dimiliki WordPress sehingga memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat website direktori bisnis. Anda bahkan dapat membuat dengan bebas direktori bisnis apa saja tanpa batasan.

6. Website Question & Answer

Ingin memiliki website sendiri seperti model Yahoo Answer, Stack Exchange atau Quora ? Maka Anda bisa memanfaatkan WordPress untuk membangunnya. Anda bisa mengkombinasikan fitur-fitur atau plugin pada WordPress dengan alat lainnya dan kemudian Anda dapat membangun sebuah komunitas online Anda sendiri.

7. Website Keagamaan dan Organisasi Nirlaba

Organisasi Nirlaba
yayasankankerindonesia.org merupakan salah satu contoh website organisasi nirlaba

Anda bisa mengakses WordPress secara gratis, sehingga hal ini melahirkan solusi ideal untuk organisasi nirlaba. Selain itu dengan plugin yang disediakan WordPres, Anda bisa memasukkan form untuk sumbangan dan mengumpulkannya dengan menerima sumbangan paypal.

8. Website Portofolio

Butuh banyak tempat untuk memamerkan hasil karya Anda ? Anda dapat dengan mudah memasukkan portofolio Anda ke website WordPress dengan fitur galeri gambar yang beragam. Dengan demikian, orang lain bisa dengan mudah mempelajari mengenai pekerjaan dan karya-karya Anda.

9. Website Komunitas Online

WordPress bisa dimanfaatkan untuk membangun forum atau komunitas online dengan menggunakan forum bbPress. Bahkan Anda bisa menambahkan fitur sosial ke website WordPress dengan plugin seperti BuddyPress.

10. Website Kupon

Anda ingin mendapatkan komisi afiliasi dari ribuan website yang menawarkan diskon khusus untuk produk/jasa mereka ? Maka Anda bisa menggunakan WordPress untuk membuat website kupon.

Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menambahkan, mengelola, dan menghanguskan kupon. Pengguna Anda nantinya bisa memilih dan memberikan peringkat kupon yang disediakan pada website Anda.

Baca Juga  Desain Website Terbaik 2017

11. Website Lelang

Jika Anda bercita-cita ingin menjalankan bisnis website lelang Anda sendiri seperti eBay, maka Anda dapat memanfaatkan WordPress. Dengan WordPress maka Anda bisa membuat website lelang yang berfungsi secara penuh, dimana pengguna bisa melakukan penawaran dan melakukan pembayaran.

12. Website Multibahasa

Anda dapat menginstal WordPress dalam banyak bahasa, namun Anda juga dapat membuat website multibahasa dengan WordPress.

13. Website Dasar Pengetahuan

Ingin menambahkan bagian dokumentasi dengan aspek pengetahuan ? WordPress memiliki banyak plugin hebat yang bisa mengubah website Anda menjadi mudah untuk mencari dasar pengetahuan.

14. Website Podcasting

Banyak podcaster yang terkenal di internet menggunakan WordPress untuk website mereka. WordPress memungkinkan Anda untuk membuat website podcasting dengan pilihan-pilihan yang disediakannya.

15. Website Afiliasi Niche

Jika Anda ingin mendapatkan komisi dengan mengacu pengguna kepada produk dan jasa Anda, terdapat banyak alat pemasaran dan plugin yang disediakan oleh WordPress. Alat-alat tersebut bisa meningkatkan penghasilan afiliasi Anda dan membuat hal lainnya menjadi lebih mudah.

16. Website Fotografi

Anda merupakan seorang fotografer dan ingin berbagi hasil karya foto Anda dengan banyak orang ? Dengan menggunakan WordPress dan Envira Gallery, Anda bisa membuat website fotografi yang indah.

Photonaturalist
Contoh website fotografi

Dengan WordPress, Anda bisa menambahkan galeri, album, judul, keterangan, popup lightbox dan lainnya pada website Anda.

17. Website Sekolah atau Perguruan Tinggi

WordPress telah digunakan oleh ribuan sekolah serta perguruan tinggi di seluruh dunia. WordPress merupakan cara yang aman dan mudah untuk mengelola website tersebut.

18. Blog Privat

Ingin menjaga agar blog Anda tidak sembarangan dapat dikonsumsi oleh publik ? WordPress bisa mendukung Anda dalam mencapai hal tersebut. WordPress menyediakan keamanan untuk proyek yang sedang Anda kerjakan, buku harian ataupun bentuk lainnya yang ingin Anda lindungi.

Baca Juga  15 Domain Name Generator Untuk Mencari Nama Domain

19. Blog Keluarga

Dengan sistem manajemen pengguna dan pembangunannya dalam media, WordPress adalah cara yang sempurna untuk membuat website atau blog keluarga. Anda bisa membuat sebuah website pernikahan yang indah, mengupload foto keluarga ataupun ‘bergosip’ mengenai keluarga.

WordPress bisa memberikan kesenangan tak terbatas untuk seluruh anggota keluarga Anda.
Sumber:
http://www.wpbeginner.com/showcase/x-type-of-websites-you-can-create-with-wordpress/