kurang-lebih-web-gratis

Kelebihan & Kekurangan Website Gratis

Mungkin sebelumnya Anda pernah mendengar istilah mengenai web builder gratis. Dengan web builder gratis Anda bisa membuat website sendiri dengan mudah dan tanpa biaya.

Terdapat banyak penyedia web builder gratis yang bisa Anda gunakan cukup dengan mendaftar dengan email, seperti Wix, Weebly, Webnode dan lainnya.

Kebanyakan web builder gratis menawarkan beragam kenyamanan dan kemudahan, terlebih bagi orang awam yang bukan web designer.

Tapi apakah Anda sadar bahwa jasa yang mereka tawarkan sebenarnya tidak sepenuhnya gratis?

Kekurangan web builder gratis

Meskipun tidak semua web builder gratis sama, tapi berikut ini beberapa keterbatasan yang mereka miliki.

Keterbatasan jumlah halaman

Kebanyakan web builder biasanya membatasi jumlah halaman yang bisa Anda buat. Sebagai contoh, mereka mungkin memperbolehkan Anda untuk mempublikasi sampai lima halaman saja.

Sementara faktanya banyak website akan membutuhkan halaman lebih dari itu, dan untuk bisa memiliki halaman lebih Anda diharuskan menggunakan paket berbayar.

Tanpa nama domain profesional

Web builder gratis kebanyakan tidak memperbolehkan Anda menggunakan URL sendiri. Mereka akan memberikan URL gratis yang tentu saja memiliki nama brand mereka pada URL mereka.

Contohnya jika Anda menggunakan Wix, nama domain Anda akan menjadi websiteanda.wix.com. Dengan begini website Anda akan terlihat kurang profesional.

Konsumen sulit menemukan website Anda

Belum lagi permasalahan mengenai SEO website Anda. Sebagai contoh web builder gratis seperti Wix,  dengan Wix Anda mungkin akan mendapat website dengan tampilan yang sangat menarik. Karena Wix menggunakan sebuah teknologi untuk menampilkan content yang disebut AJAX.

Teknologi ini cukup canggih dalam dunia web design tapi kekurangannya, search engine (mesin pencari) seperti Google tidak bisa membaca content website yang dibuat dengan AJAX. Artinya calon prospek atau konsumen Anda akan kesulitan untuk menemukan website Anda di search engine.

Baca Juga  Biaya Pembuatan Website & Rincian Harganya

Ingin klien tahu Anda menggunakan web gratisan?

Hampir semua web builder mengharuskan logo mereka untuk ditampilkan pada website gratis yang Anda buat. Apakah itu dibagian tengah halaman, bawah maupun atas. Seperti Wix, yang memiliki badge atau logo pada bagian sudut atas kanannya.

Ingin website Anda disisipi iklan?

Ini merupakan salah satu kekurangan terbsesar yang ada. Kebanyakan web builder gratis akan menyisipkan iklan pada halaman website Anda.

Hal ini tidak bisa dihindari, tentu saja ini yang harus Anda bayar untuk menggunakan web builder mereka dengan cuma-cuma. Anda tidak harus membayar apapun tapi mereka akan menampilkan iklan kepada pengunjung website Anda.

Dengan iklan yang muncul pada website, tentu hal ini bisa terlihat kurang profesional dimata calon klien atau konsumen Anda. Selain itu iklan juga bisa membuat pengunjung website untuk pergi dari website Anda ketika mereka justru tertarik dan mengklik iklan yang ada.

Apakah Anda membutuhka penyimpanan ekstra?

Untuk yang satu ini, baik layanan berbayar maupun gratis tetap memiliki keterbatasan ruang penyimpanan dan bandwidth. Tapi bedanya, web builder gratis memiliki ruang penyimpanan yang jauh lebih sedikit.

Anda mungkin hanya akan memiliki beberapa megabyte untuk menyimpan halaman dan gambar website. Dengan begini tentunya akan membatasi content dan kualitas gambar yang bisa Anda miliki.

Dukungan customer service yang minim

Anda mungkin tidak akan mendapatkan fasilitas customer support dengan web builder gratis, hal ini sangat wajar mengingat Anda menggunakannya tanpa berbayar.

Keterbatasan fitur lainnya

Web builder gratis membatasi berbagai fitur penting yang mungkin Anda sangat butuhkan. Apabila Anda memiliki online shop(ecommerce) tentunya akan membutuhkan SSL, website analytics, plugins, add-ons dan email resmi dengan nama domain.

Baca Juga  Berapa Lama Waktu Pembuatan Website

Atau mungkin Anda membutuhkan font lain yang tidak bisa diganti karena sudah dipaketkan dengan template gratis yang tersedia.

Biaya pembuatan website profesional?

Menggunakan jasa profesional, biaya pembuatan website yang Anda keluarkan mungkin bisa sampai jutaan bahkan lebih. Memang jika Anda melakukannya sendiri, pasti biayanya jauh lebih sedikit.

Tapi perlu diingat bahwa Anda bukanlah seorang Web Desainer terlebih lagi membuat website sendiri pasti akan menguras banyak waktu.

Web builder bisa membutuhkan biaya mulai dari 10 sampai 20 dolar perbulan atau lebih. Belum lagi jika Anda membutuhkan eCommerce akan ada tambahan biaya yang cukup besar, dan ini masih diluar biaya web hosting dan bandwidth.

Kesimpulan

Bagi Anda yang ini membuat websita personal atau blog pribadi, menggunakan web builder mungkin masih disarankan.

Tapi jika Anda ingin membuat website untuk sesuatu yang lebih serius, seperti company profile misalnya, maka Anda butuh website yang lebih meyakinkan.

Tentunya dengan Web Builder gratis Anda tidak akan bisa mendapatkan kesan seperti itu dari calon konsumen.

Memiliki website bisa memberikan beberapa manfaat, salah satunya adalah branding dan juga investasi, maka dari itu rencanakan website Anda dengan seksama.

https://www.hostgator.com/blog/pros-cons-free-website-builders/