Online Shop

Tips Tingkatkan Kepercayaan Konsumen

Memiliki sebuah website toko online yang efektif saja tidak cukup untuk meningkatkan jumlah transaksi dengan konsumen. Banyak kasus dimana sebuah website toko online tidak mendapatkan tingkat konversi yang tinggi dan shopping cart yang sepi konsumen. Jika hal ini terjadi, maka besar kemungkinan konsumen masih belum percaya dengan toko online Anda.

Biaya pengiriman, keamanan pembayaran, hingga pelayanan konsumen yang buruk adalah faktor yang membuat pelanggan tak mempercayai toko online Anda. Berikut adalah tips untuk ‘menenangkan’ konsumen potensial Anda dan membuat mereka yakin ketika akan melakukan transaksi pada toko online Anda.

1. Buat Website Menjadi Personal

Orang-orang tidak begitu saja percaya pada sebuah website, namun mereka percaya kepada orang lainnya. Jadi penting bagi website Anda untuk menunjukkan sisi personal. Misalnya saja gunakan halaman ‘About Us’ untuk menampilkan tidak hanya mengenai perusahaan Anda, namun juga pesan dari pendiri perusahaan berikut dengan foto.

Anda juga bisa menampilkan informasi mengenai tim Anda beserta dengan nama dan foto. Selain itu, Anda bisa menambahkan informasi lainnya mengenai bisnis Anda seperti penghargaan yang diterima, prestasi yang dicapai dan organisasi tempat Anda bergabung.

2. Terlihat Profesional

Web Design Professional

Tunjukkan bahwa Anda adalah perusahaan asli dengan semua hal yang dimiliki sebuah perusahaan nyata. Misalnya saja kemudahan untuk menghubungi perusahaan Anda melalui kontak informasi, fitur layanan pelanggan hingga ke kebijakan pengembalian barang jika terjadi kesalahan. Semakin lengkap sebuah layanan konsumen, maka mereka akan semakin percaya kepada toko online Anda dan memutuskan untuk melakukan pembelian.

3. Tunjukkan Bahwa Orang Lain Mempercayai Anda

Seorang ahli pemasaran, Dan Kennedy, mengatakan bahwa apa yang orang katakan mengenai Anda dan produk Anda, setidaknya 1.000 kali lebih meyakinkan daripada apa yang Anda katakan sendiri. Jadi jika Anda ingin mendapatkan kepercayaan konsumen, maka pastikan Anda memiliki testimonial konsumen di website toko online Anda.

Baca Juga  Cara Menarik Konsumen Ke Toko Online Anda

Salah satu cara menampilkan testimonial konsumen yang saat ini banyak digunakan adalah melalui YouTube karena dirasa lebih kuat dan original.

Cara lainnya adalah dengan menampilkan pemberitaan positif mengenai produk Anda pada bagian ‘News’ pada website Anda. Jika website atau bisnis Anda berkesempatan ditampilkan di media, pastikan Anda menampilkan logo media yang menulis mengenai produk atau bisnis Anda.

4. Buktikan Website Anda Aman

Konsumen toko online kini sudah pandai untuk melihat mana website yang bisa dipercaya (asli) dan mana yang bukan. Umumnya website mengamankan server mereka menggunakan Secure Sockets Layer (SSL), sebuah protokol keamanan standar yang mengenskripsi data antara web server dan browser. Untuk melakukan hal ini, web server membutuhkan Sertifikat SSL.

Safety

Tunjukkan kepada konsumen bahwa data-data mereka aman pada website Anda usai melakukan transaksi. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan informasi pada ‘About Us’ dan halaman kontak informasi. Kebijakan privasi memberikan pernyataan singkat yang mengatakan bahwa Anda tidak akan berbagi informasi pribadi konsumen seperti nama, alamat, catatan keuangan, informasi kredit dan lainnya.

Selain itu, ingat bahwa Google memperhatikan apakah sebuah website memiliki kebijakan privasi atau tidak sebagai bagian dari evaluasi mutu mereka.

5. Mengurangi Risiko Konsumen

Posisikan diri Anda sebagai konsumen ketika memikirkan website toko online Anda. Apa risiko terbesar mereka ? Misalnya tidak menyukai produk Anda dan tidak bisa mendapatkan uang mereka kembali.

Jadi, tingkatkan kredibilitas website Anda beserta dengan kemungkinan konsumen melakukan pembelian dengan terlebih dahulu mengatasi kekhawatiran mereka melalui ketentuan pembelian dan pengembalian barang.

6. Perbarui Desain Website

Setiap konsumen online cukup familiar untuk mengenali mana website yang buruk atau sudah lama. Jika Anda tidak memperbarui desain website secara berkala, maka hal itu bisa menjadi faktor mematikan bagi website dan bisnis Anda. Pasalnya mereka bisa saja curiga berpikir bahwa keamanan website Anda sudah tidak diperbarui atau bahkan bisnis Anda sudah tidak berjalan lagi.

Baca Juga  Alasan Konsumen Berbelanja Online

website

Pada dasarnya, jika website Anda terlihat buruk dan tidak profesional, atau bahkan ‘jadul’, maka bersiaplah akan kemungkinan kehilangan konsumen potensial dan mengalami tingkat bouncing yang tinggi. Namun jika tampilan desain website Anda terlihat profesional dengan misalnya grafis definisi tinggi dan navigasi yang user-friendly, maka pengunjung atau calon konsumen akan tetap berada di website Anda.

Tidak harus mengeluarkan banyak dana untuk memperbaiki tampilan website Anda. Saat ini banyak website yang bisa dirancang dengan biaya terjangkau menggunakan template WordPress yang terlihat sederhana namun profesional.

7. Ejaan Dan Tata Bahasa Yang Baik

Ejaan dan tata bahasa yang ‘miskin’, frase dan kata-kata yang disalahgunakan serta gaya penulisan yang tak sesuai adalah beberapa faktor jurnalistik yang buruk bagi sebuah bisnis. Konsumen tak akan mempercayai bisnis Anda jika tidak menggunakan tata kalimat dan struktur bahasa yang benar.

Jika Anda merasa belum cukup kreatif dalam membuat kalimat, maka pekerjakanlah seorang profesional. Selalu ingat bahwa Google juga tidak menyukai ejaan dan tata bahasa yang buruk, sehingga bisa membuat peringkat Anda dalam hasil pencarian menurun.

8. Aktif Bersosial Media

Banyak konsumen potensial yang akan mencari akun sosial media bisnis Anda untuk mengetahui informasi mengenai perusahaan Anda sebelum melakukan pembelian atau transaksi. Mereka ingin memastikan merek dan bisnis Anda adalah akun yang aktif.

9. Pilihan Pembayaran

Ada begitu banyak pilihan pembayaran yang berbeda tersedia untuk konsumen sehingga jangan sampai website Anda hanya mengandalkan salah satu cara pembayaran saja. Pasalnya tidak semua orang mau berbagi informasi mereka mengenai kartu kredit pribadi secara online setiap kali melakukan pembelian.

Ada banyak sekali layanan yang menawarkan bermacam cara pembayaran pada toko online. Lihat dan bandingkan beberapa penawaran yang ada dan sesuaikan dengan website serta target konsumen Anda. Cara pembayaran yang saat ini paling populer adalah Google Wallet, Apple Pay dan PayPal.

Baca Juga  5 Cara Memulai Bisnis Online

10. Perbaiki Link Yang Rusak

Salah satu kesalahan umum yang menyebabkan Anda bisa kehilangan pelanggan potensial adalah link yang rusak karena membuat pengunjung website berpikir apakah website dan bisnis Anda masih berjalan atau tidak. Dengan demikian banyak calon konsumen yang akan beralih ke kompetitor Anda.

Karenanya penting untuk rajin dalam mengaudit website Anda dan memastikan semua link berfungsi dengan baik serta tidak lupa memperbaiki link yang rusak.

11. Selalu Update Blog

Blog

Sebuah blog yang selalu diupdate pertanda bahwa website Anda juga dikelola dengan baik. Bukan hanya kuantitas, melainkan kualitas konten pada blog Anda harus sangat baik agar menciptakan kesan yang baik pula di mata konsumen. Konten Anda harus berwibawa, dapat dipercaya dan ditulis oleh seorang yang ahli pada topik pada konten tersebut.

Jika Anda telah melakukan seluruh tahapan tersebut, maka langkah selanjutnya adalah mempertahankan kepuasan konsumen Anda, bagaimana caranya ? Pelajari video berikut ini :

Sumber :

https://www.shopify.com/blog/6327946-5-strategies-to-get-customers-to-trust-your-ecommerce-store
http://blog.hubspot.com/marketing/inspire-trust-ecommerce-customers#sm.0001oiwhbgkcxegtthq175sszyi5q
http://www.inc.com/jayson-demers/11-simple-tactics-to-increase-trust-online.html