Manfaat Website Untuk Bisnis

28 Keuntungan Memiliki Website Untuk Bisnis

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan produk ataupun awareness akan produk Anda, maka memiliki website adalah hal penting untuk dipenuhi. Anda harus memastikan pelanggan ataupun pengunjung mendapatkan informasi yang mereka butuhkan mengenai produk Anda.

Berikut ini adalah sejumlah alasan mengapa Anda harus memiliki website untuk bisnis :

1. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Website akan menghadirkan banyak pelanggan potensial dan meningkatkan ukuran target audiens Anda. Orang yang mengunjungi website Anda adalah mereka yang memang tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Website memungkinkan calon pembeli dari luar daerah Anda (bahkan luar negeri) untuk melakukan transaksi dengan Anda. Kini tak ada lagi batasan jarak ketika membicarakan toko online atau ecommerce.

2. Penggunaan Internet Terus Meningkat

Mencari dan melihat-lihat produk di internet saat ini lebih banyak dilakukan daripada harus turun ke lapangan. Masyarakat termasuk pelanggan potensial bisa mengakses website Anda kapanpun mereka mau.

3. Mendapatkan Pelanggan Dengan Lebih Cepat

 

Umumnya, seseorang baru akan melakukan pembelian setelah meneliti produk terkait lebih dulu. Calon pembeli akan membuat keputusan sebelum memasuki sebuah toko, ataupun menelepon layanan pelanggan untuk meminta keterangan lebih lanjut mengenai produk yang diinginkan.

Dengan demikian, memiliki website berarti Anda telah menjadi bagian dari proses seleksi langkah mereka sebelum membeli sesuatu.

4. Mempromosikan Merek Anda Secara Terus-Menerus

Pelanggan dapat memiliki akses tak terbatas untuk mempelajari bisnis Anda kapanpun mereka mau. Dengan website yang informatif, maka Anda bisa secara efektif berkomunikasi dengan pelanggan potensial secara terus-menerus.

5. Mendapatkan Keyakinan Pelanggan

Website memungkinkan Anda untuk bisa berkomunikasi dengan pelanggan. Misalnya menjawab pertanyaan dan memberikan informasi terbaru. Cara ini akan meyakinkan pelanggan bahwa bisnis Anda profesional.

6. Lebih Banyak Informasi

Website tidak membatasi jumlah konten yang akan ditampilkan. Anda bebas mau membuat dan menampilkan berapapun konten yang Anda mau.

Baca Juga  10 Tips Optimasi SEO Toko Online

7. Dinamis

Website adalah sumber daya yang dinamis dan dapat dengan mudah diperbarui untuk kepentingan penyajian informasi bagi pelanggan. Agar terus mengikuti perkembangan teknologi dan zaman, Anda bisa dengan mudah mengupdate website.

8. Meningkatkan Interaksi Pelanggan

Pengguna dapat menghubungi Anda melalui e-mail langsung dari website. Anda juga dapat memiliki formulir online yang memungkinkan pengunjung untuk meminta informasi lebih lanjut, memberikan umpan balik atau melakukan pemesanan.

9. Meningkatkan Profil Anda

Pelanggan akan melihat Anda sebagai perusahaan yang profesional, dinamis, modern dan lebih mampu memenuhi kebutuhan mereka.

10. Dapat Mengukur Kesuksesan

Anda dapat menganalisis laporan statistik komprehensif yang disediakan website Anda. Misalnya saja melihat ada berapa banyak orang yang mengakses website, halaman apa yang dilihat dan berapa lama waktu yang dihabiskan ketika membuka website Anda.

11. Sarana Pemasaran

Website membantu tim marketing Anda dalam menjalankan tugas mereka. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pemasaran melalui internet.

Jika tak mau menggunakan iklan berbayar, Anda bisa memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization). Cara ini sangat membantu untuk bisa menempatkan Anda pada peringkat atas di hasil pencarian. Dengan begitu orang lain akan lebih mudah untuk menemukan Anda.

12. Biaya Terjangkau

Ketika membuat iklan dan melakukan pemasaran, website sangat membantu Anda untuk menekan biaya. Dibandingkan dengan membuat iklan di radio, televisi dan media cetak, biaya membuat iklan di website jauh lebih murah dan efektif.

Salah satu cara pemasaran lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan brosur online. Anda bisa mendistribusikan brosur secara online sehingga banyak orang yang bisa melihat produk Anda.

13. Kepuasan Pelanggan

Bisnis yang memiliki website akan memberi kenyamanan bagi pelanggan mereka khususnya ketika melakukan pembelian. Pelanggan lebih mudah melakukan pembelian daripada harus datang ke lokasi fisik.

Umumnya pelanggan lebih senang untuk melihat dan mencari sendiri produk yang mereka butuhkan langsung dari website.

Baca Juga  6 Manfaat Promosi Online

14. Aksesibilitas

Apa Anda pernah kehilangan pelanggan karena waktu tutup toko Anda tiba ? Hal ini tak akan terjadi jika Anda memiliki website untuk bisnis yang dijalankan. Calon pembeli bisa dengan leluasa mengakses website Anda untuk mencari produk yang mereka inginkan tanpa batasan waktu.

15. Up To Date

Pebisnis yang pintar akan membuat halaman blog untuk perusahaan mereka. Memiliki blog untuk memasukkan konten segar akan membuat website Anda menarik dan segar.

16. Link

Link sangat penting untuk pemasaran viral. Jika Anda memiliki banyak website yang terhubung ke Anda, maka hal ini sama saja dengan menyebarkan website Anda ke seluruh dunia.

Jika Anda memiliki konten yang baik untuk website, besar kemungkinan orang lain akan menghubungkan (link) alamat website Anda dengan mereka. Ini artinya mereka menganggap website Anda memiliki nilai yang bagus.

17. Meningkatkan Penjualan

 

Website membantu mengarahkan pengunjung menjadi pelanggan potensial. Anda juga bisa mendorong lebih banyak orang masuk ke website Anda dengan konsisten memperbarui dan mempromosikan isi website Anda. Semakin informatif website Anda, semakin besar kemungkinan meningkatkan penjualan Anda.

18. Kesempatan

Website memberi kesempatan untuk membuktikan kredibilitas Anda. Anda harus memberitahu pelanggan mengapa mereka harus memperhitungkan Anda dan percaya kepada website Anda.

Selain itu, website Anda berfungsi sebagai tempat bagi para investor potensial untuk bisa mengeksplorasi bisnis Anda.

19. Klien Jangka Panjang

Apa Anda tahu perbedaan antara klien dan pelanggan ? Pelanggan adalah orang yang hanya mengunjungi website dan melakukan transaksi. Sementara itu klien adalah pelanggan tetap Anda.

Memiliki website memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak klien yang dapat membantu bisnis Anda tumbuh.

20. Mempengaruhi Orang Lain

Dengan memilki website, maka muncul kesempatan bagi Anda untuk dilihat jutaan orang. Disini Anda bisa mempengaruhi keputusan orang lain dan mengedukasi mereka.

Baca Juga  Manfaat Marketing Online vs Marketing Tradisional

21. Tempat Unjuk Gigi

Anda pasti ingin merasa produk Anda dihargai dan dikenali orang lain. Maka website adalah cara yang tepat untuk mendapatkan itu. Website membantu Anda untuk memamerkan produk dan pekerjaan yang telah dilakukan.

22. Rintangan Rendah

Membangun toko online tidak sesulit membangun sebuah perusahaan baik PT, CV ataupun bentuk lainnya. Manfaatkan penyedia website gratis untuk memulai bisnis Anda.

23. Email Website

Dengan memiliki website, Anda bisa menggunakan email khusus untuk website dan bisnis. Misalnya info@progresstech.co.id. Alamat email seperti itu lebih profesional dan mudah untuk diingat.

24. Menyebarkan Siaran Pers

Jika bisnis Anda sudah berkembang pesat, maka Anda bisa semakin menarik perhatian masyarakat dengan cara menyebarkan siaran pers.

25. Tak Terbatas Pada Satu Lingkup

Olahraga, kuliner, berita, fotografi, mobil, IPTEK dan semua lingkup atau topik bisa Anda temukan di internet. Apapun bisnis Anda tak akan terbatas oleh salah satu lingkup saja.

26. Terhubung Dengan Web Master Lain

Memiliki website berarti membuka kesempatan untuk bekerja sama atau berkolaborasi dengan website lainnya. Manfaatkan website milik Anda untuk melebarkan bisnis dengan menambah koneksi baru.

27. Menjalankan Bisnis Dengan Cara Anda Sendiri

Maksud disini adalah Anda tidak memerlukan izin dari atasan atau perusahaan Anda karena Andalah pemilik website. Anda bebas menggunakan strategi pemasaran dan promosi apa saja untuk menjual produk Anda.

28. Mengalahkan Pesaing Besar

Membutuhkan banyak waktu untuk mencapai tahap ini. Namun dengan strategi dan website yang efektif, sangat mungkin bagi Anda untuk bisa mengalahkan saingan dalam waktu singkat.

Sumber :

http://pottersonline.com.au/why.htm
https://dogulindigital.com.au/advantages-benefits-website-for-business/
https://bigmouthmarketing.co/why-do-i-need-a-website/