Long Tail Chart SEO

Long Tail Keywords Untuk Meningkatkan Konversi

Kata kunci long tail atau ekor panjang adalah kata kunci yang lebih panjang dan spesifik. Kata kunci ini biasa digunakan oleh pengguna internet yang melakukan pencarian disaat mereka ada pada titik yang sudah mendekati keputusan untuk bertransaksi. Hal ini mungkin terdengar agak tidak masuk akal pada awalnya, tetapi teknik ini bisa sangat menguntungkan bila Anda tahu cara menggunakannya.

Semakin panjang dan semakin spesifik kata kunci yang digunakan, maka akan semakin mudah untuk mencapai peringkat. Kata kunci yang lebih spesifik lebih seringnya panjang, dan biasanya disebut kata kunci long tail(ekor panjang). Kata kunci long tail lebih spesifik dan tidak umum, karena lebih fokus kepada niche. Dengan niche yang lebih terfokus maka akan mendatangkan pengunjung yang spesifik pula, hal ini tentunya akan meningkatkan konversi pada website.

Tentukan Target Anda

Jika Anda ingin memasarkan produk atau jasa, pertama-tama pastikan bahwa produk Anda memang berkualitas. Kedua Anda harus memahami keuntungan apa yang bisa produk Anda berikan pada konsumen, apa yang membuatnya spesial. Jika Anda memahami hal ini, akan sangat mudah bagi Anda untuk membuat calon konsumen untuk membeli produk Anda. Pikirkan keunikan yang dimiliki oleh produk Anda, kemudian tonjolkan.

Tingkat Persaingan Pasar

Bagi sebagian pasar, tingkat kesulitannya bisa sangat tinggi. Beberapa pasar bisa saja sangat kompetitif, terlebih jika halaman pencarian sudah didominasi oleh perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan ini memiliki dana yang besar untuk membiayai pemasaran dan juga SEO tentunya. Mendapatkan peringkat untuk pangsa pasar seperti ini akan sangat sulit.

Contoh, dengan dana yang terbatas Anda tidak akan bisa berkompetisi di pasar dengan kata kunci “sepatu wanita” misalnya. Kata kunci seperti ini biasanya sudah didominasi oleh perusahaan/brand besar, bisa dilihat urutannya website apa saja yang ada pada halaman pertama. Karenanya, Anda ingin sebisa mungkin membuat penggunaan kombinasi kata kunci Anda berbeda dengan apa yang tersedia secara umum.

Baca Juga  Mulai Bisnis Online Anda Sendiri Tanpa Modal

Hasil pencarian sepatu wanita

Bagaimanapun, jika tujuan Anda sudah jelas, Anda seharusnya sudah bisa menentukan apa yang membuat produk Anda berbeda dengan produk lain di pasaran. Dan Anda bisa menggunakan tujuan Anda untuk memulai mendapatkan peringkat di halaman pencarian.

Long Tail

Salah satu buku yang bisa dijadikan referensi untuk konsep Long Tail adalah “The Long Tail: Why the Future of Business is Selling Less of More” oleh Chris Anderson. Buku ini membahas mengenai kemunculan pasar(khususnya pasar di internet) dengan jumlah persediaan yang tidak terbatas.

Selling Less of More

Menurut Chris, daripada menjual banyak jenis produk dan yang laku hanya sedikit, lebih baik menjual beberapa jenis produk saja tapi hasil penjualannya jauh lebih besar. Untuk memahami cara kerjanya berikut contohnya.

Contoh 1

Misal, Anda menjual kemeja dengan 5 pilihan warna yang berbeda(hitam, putih, biru, kuning, pink). Diakhir bulan total kemeja yang terjual adalah 200 potong. Dengan jumlah kemeja warna hitam yang terjual sebanyak 160 potong atau 80% dari total penjualan. Sedangkan untuk warna lainnya yang terjual hanya 40 potong, yaitu 20% dari total penjualan.

Apakah Anda pernah mencari pakaian dengan warna dan ukuran tertentu tapi sudah kehabisan? Ini karena penjual memproduksi terlalu banyak untuk tiap warna dan ukuran yang berbeda. Sementara yang laku dipasaran hanyalah warna & ukuran tertentu saja.

Contoh 2

Ada lagi yang disebut prinsip 98%(98% rule). Prinsip ini menyebutkan bahwa jika dalam jangka waktu 3 bulan Anda memiliki 100 judul DVD film, maka 98 dari judul tersebut hanya akan terjual masing-masing 1 keping per judul.

Inilah yang dimaksud Chris Anderson dengan “selling less of more“, lebih baik menjual lebih sedikit(variasi produk) untuk hasil yang lebih besar(penjualan).

Baca Juga  10 Tips Optimasi SEO Toko Online

Long Tail dalam SEO

Dengan kemunculan internet, kemungkinan target konsumen menjadi semakin besar, bahkan jika produk tersebut hanya dicari oleh sebagian kecil konsumen. Luasnya internet yang membuat niche produk Anda menjadi menguntungkan dan mendapat peringkat pada kata kunci long tail menjadi hal yang penting.

Akan lebih mudah untuk mendapatkan peringkat untuk kata kunci long tail dibanding kata kunci yang sudah umum. Keuntungan lain dari fokus pada long tail adalah, meskipun kata kunci ini jarang dicari, pengunjung yang menemukan website Anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk membeli produk Anda. Estimasinya adalah 70% dari total pengunjung website mengetik kata kunci Long Tail pada kotak pencarian.

Long Tail 70% dari Traffic

Artinya, Anda mungkin akan memiliki pengunjung yang lebih sedikit ketimbang situs lainnya, namun pengunjung Anda adalah pengunjung yang berkualitas. Pengunjung demikian meluangkan waktu untuk mem-browsing situs Anda untuk mencari informasi yang diinginkannya.

Contoh Pencarian Long Tail

Long Tail dalam SEO
https://www.designwall.com/

Contoh, seseorang yang melakukan pencarian dengan kata kunci “pantai di bali” bisa jadi hanya membutuhkan informasi mengenai pantai-pantai yang ada di Bali. Berbeda dengan pengunjung yang mengetik kata kunci “hotel di pantai seminyak bali”, lebih panjang dan spesifik. Jumlahnya pasti jauh lebih sedikit dibanding kata kunci sebelumnya tapi kemungkinan pengunjung dengan kata kunci ini untuk melakukan transaksi jauh lebih besar. Bahkan perusahan eCommerce sebesar Amazon juga memanfaatkan Long Tail, 57% penjualannya berasal dari hasil pencarian Long Tail.

Fenomena demikian biasanya juga dialami oleh seseorang yang ingin mencari produk atau jasa yang diinginkannya namun sebenarnya mereka tidak tahu apa yang sebenarnya harus dicari. Misalnya, orang tersebut mencari kamera digital namun karena pemahaman produknya masih kurang, pengunjung ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai jenis kamera.

Baca Juga  Tips Digital Marketing Untuk UKM

Dengan menggunakan kata kunci “digital camera”, pengunjung semula mendapatkan beberapa hasil pencarian yang memberitahu tersedianya beberapa jenis kamera digital seperti pocket camera, DSLR, dan sebagainya. Kemudian dengan mengkombinasikan kata kunci menjadi “digital camera pocket”, pengunjung mendapatkan hasil pencarian beberapa penjual digital pocket seperti Nikon atau Canon.

Setelah mempelajari fitur kamera tersebut, pengunjung memutuskan ingin membeli digital pocket camera dari Canon dan menggunakan kata kunci tambahan untuk lokasi seperti “Jakarta”. Dengan demikian, orang tersebut mendapatkan informasi mengenai lokasi toko yang menjual kamera tersebut. Tentunya, pengunjung juga bisa lebih spesifik untuk menentukan apakah ingin membeli kamera baru atau bekas.

Tahapan Pencarian Kata Kunci
1 Digital camera
2 Digital pocket camera
3 Digital pocket camera Canon
4 Digital pocket camera Canon Jakarta
5 Digital pocket camera Canon Jakarta bekas

Gunakan Target Untuk Long Tail

Tujuan dan target Anda harus ditentukan dari seberapa besar pemahaman Anda mengenai produk yang Anda pasarkan. Dengan begitu bisa dijadikan acuan untuk membuat kata kunci long tail di website Anda. Mencoba membuat website Anda mendapat peringkat untuk kata kunci yang spesifik bisa sangat menguntungkan, selama kata kunci tersebut sesuai dengan produk Anda. Istilah-istilah yang Anda gunakan untuk menjelaskan tujuan bisa Anda gunakan dalam strategi SEO.

Kata-kata ini harus menjadi kata-kata utama dalam kata kunci long tail yang Anda target. Pengunjung yang menggunakan istilah Anda dalam menemukan dan mengunjungi website Anda bisa jadi jumlahnya sedikit. Tapi memiliki kemungkinan besar untuk berubah statusnya dari hanya pengunjung menjadi konsumen, bahkan pelanggan tetap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *