macam-browser

Macam-Macam Browser Terbaru & Fiturnya

Tidak semua orang menggunakan browser yang sama pada perangkat mereka. Umumnya seseorang akan jarang mengganti browser yang selama ini telah digunakan karena merasa nyaman dan terbiasa.

Namun sebenarnya masih banyak jenis browser di luar sana yang bisa Anda gunakan dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini adalah macam-macam browser yang cukup sering digunakan:

  1. Google Chrome
  2. Opera
  3. Microsoft Edge
  4. Mozilla Firefox
  5. Vivaldi
  6. Microsoft Internet Explorer
  7. Tor
  8. Safari
  9. Konqueror
  10. Lynx
  11. Yandex
  12. Comodo Ice Dragon
  13. Maxthon
  14. Torch
  15. UC
  16. Baidu

 

1. Google Chrome

Chrome milik Google telah sukses menjadi browser yang efisien bagi pengguna dan menempati posisi puncak peringkat browser. Hal ini disebabkan karena kemampuan Chrome yang sangat stabil, cross-platform, desain yang responsif untuk semua perangkat dan sebagainya.

Chrome mudah untuk didownload dan digunakan karena pengaturannya yang sederhana. Namun Chrome tetap memiliki kelemahannya. Diantara browser lainnya, Chrome merupakan browser terberat dalam hal penggunaan sumber daya, sehingga tidak cocok dengan RAM yang kecil.

Sejak diluncurkan pada 2 September 2008, kini lebih dari 50% pengguna internet memilih Chrome sebagai browser mereka.

2. Opera

Banyak yang menyayangkan para pengguna browser yang meninggalkan Opera padahal browser ini dinilai sangat berkualitas. Opera mampu melakukan semua fitur yang dimiliki oleh pesaingnya, bahkan ditambah dengan fitur tambahan yang membuatnya semakin berkualitas.

Salah satu alasan mengapa Anda sebaiknya menggunakan Opera adalah karena fitur Opera Turbo. Fitur ini akan mengkompres traffic web Anda melalui server Opera sehingga memiliki performa yang lebih cepat. Anda tidak harus takut tak dapat menggunakan browser di daerah terpencil dengan maksimal selama Anda menggunakan Opera dan memiliki koneksi internet.

Selain itu, hal ini juga lebih menghemat paket data atau bandwidth Anda. Opera juga lebih aman digunakan ketika Anda mau membuka website sensitif seperti online banking sehingga tak mudah terkena potensi pelanggaran privasi. Opera juga memiliki mode hemat baterai untuk menjaga laptop Anda menyala lebih lama.

3. Microsoft Edge

 

Meskipun sudah banyak bermacam-macam browser yang hadir namun Microsoft tetap berusaha mengembangkan browsernya yang satu ini. Perusahaan Microsoft mengatakan bahwa Microsoft Edge merupakan browser user friendly yang terintegrasi dengan Windows 10. Browser ini beroperasi sebagai aplikasi modern pada mode tablet Windows 10 dan terhubung dengan Cortana.

Baca Juga  Membuat Website User Friendly

Microsoft Edge sangat efisien jika dilihat dari usianya saat ini yang mampu “mengusir” protokol tidak aman seperti ActiveX. Walaupun belum banyak yang mengetahuinya, namun browser ini patut Anda pertimbangkan. Microsoft menjamin pengguna dapat melakukan pencarian dengan cepat, nyaman dan aman karena menggunakan sistem operasi yang terbaru.

4. Mozilla Firefox

Saat ini Mozilla Firefox menempati posisi ketiga dalam peringkat browser. Beberapa pihak menyayangkan hal ini karena kemampuan Mozilla seperti memisahkan kotak URL dan pencarian, serta tombol pada layar yang memiliki fungsinya masing-masing.

Mozilla mampu mengikuti benchmark tes sampai tahap akhir, namun memang akan sedikit melambat. Firefox dirilis pada tahun 2004 yang merupakan ‘anak’ dari Mozilla dan kini telah berkembang menjadi browser terpopuler kedua di internet.

5. Vivaldi

Vivaldi membangun teknologi web seperti Javascript dan node.js yang mampu mengadaptasi warna dengan halaman yang sedang Anda kunjungi. Terdapat sistem untuk memindahkan panel website ke bagian samping sehingga pekerjaan di layar utama Anda tak akan terganggu.

Di samping itu, Vivaldi juga mampu memindahkan kelompok tab sekaligus untuk menghindari tab lainnya yang mengganggu. Walaupun tidak secepat browser lainnya, namun diyakini Vivaldi akan terus mengalami peningkatan.

6. Microsoft Internet Explorer

Browser ini mengalami banyak penurunan dan peningkatan dalam persaingannya dengan browser lain. Pasalnya Internet Explorer kini sudah banyak ditinggalkan karena kehadiran browser yang lebih modern dan efektif.

Sebenarnya Internet Explorer (IE) dinilai “bersih”, kuat, sangat kompatibel dan tidak membutuhkan RAM yang besar. Namun biar bagaimanapun memang masih jauh dari sempurna karena memiliki skor kecil dalam tes benchmark. IE pertama kali dikenalkan pada tahun 1995 oleh Microsoft bersamaan dengan peluncuran Microsoft 95.

7. Tor

Anda dapat mengakses website tak terdaftar melalui browser ini karena hanya browser ini yang mampu mengakses Deep Web. Dapat dikatakan Tor adalah sebuah paket tool yang terdiri dari Tor itu sendiri, Firefox yang telah dimodifikasi dan sejumlah tool rahasia lainnya.

Baca Juga  Cara Membuat CTA(Call To Action) Yang Baik

Tor memungkinkan Anda merasakan pengalaman pencarian paling aman karena tool yang dimilikinya. Tidak ada yang akan dilacak dan tidak ada data yang akan disimpan. Dengan kata lain tidak ada bookmark dan cookie.

Ingat, pastikan Anda tidak mengungkapkan jati diri Anda secara online saat menggunakan Tor. Browser ini hanya merupakan tool yang sebaiknya digunakan untuk tujuan sangat pribadi.

8. Safari

Safari adalah browser yang dikembangkan oleh Apple Inc dan termasuk dalam Mac OS X. Browser ini pertama kali dirilis dalam bentuk beta kepada publik pada Januari 2003. Safari memiliki dukungan yang sangat baik untuk teknologi terbaru seperti XHTML, CSS2 dan lainnya.

9. Konqueror

Browser Konqueror adalah browser Open Source dengan HTML 4.01 yang mendukung applet Java, Javascript, CSS1, CSS2 dan plugin Netscape. Konqueror beroperasi sebagai file manager serta mendukung manajemen file dasar pada UNIX lokal.

10. Lynx

Lynx adalah browser dengan fitur World Wide Web untuk pengguna di Unix, VMS, dan platform lainnya.

11. Yandex

Browser asal Rusia yang memiliki kemampuan setara dengan Chrome. Yandex dapat digunakan untuk Windows, Android, iOS dan MacOS. Mesin pencari dasar yang dapat digunakan pada Yandex adalah Bing, Google, Yandex dan lainnya.

12. Comodo Ice Dragon

Comodo mengklaim dirinya sendiri sebagai browser yang aman dengan kemampuannya melindungi Anda dari website berbahaya sehingga aman jika melakukan log in. Browser ini kompatibel dengan plugin Firefox.

13. Maxthon

Maxthon menawarkan fitur tambahan seperti Maxnote yang dapat mengkliping data-data dari internet, Passkeeper untuk login dan UUMail untuk kotak surat(email) virtual.

Bagaimana dengan Anda, browser manakah yang Anda gunakan untuk membaca artikel blog ini?

14. Torch

Mungkin banyak yang belum tahu, namun Torch adalah salah satu browser terbaru yang dilengkapi dengan fitur download dan sharing (berbagi). Anda bisa mencari website yang diinginkan, mengunduh torrent, mempercepat download dan sebagainya.

Baca Juga  10 Tren Desain Web Tahun 2017

Kelebihan Torch adalah fitur button atau tombol mereka memungkinkan pengguna untuk memposting sesuatu langsung ke media sosial tanpa harus terlebih dahulu membuka halaman utama media sosial terkait. Namun sayangnya, Torch hanya memiliki aplikasi untuk musik saja.

Dapat disimpulkan bahwa Torch merupakan browser yang paling cocok untuk mereka yang membutuhkan fitur download yang cepat dan juga sudah dapat diakses pada setiap versi Windows.

15. UC Browser

UC Browser yang sebelumnya populer untuk kalangan mobile, kini bisa digunakan untuk Windows. Aplikasi PC Windows ini memiliki sejumlah fitur seperti download manager, sinkronisasi cloud, tema, add-ons dan sebagainya dengan kelebihan seperti di bawah ini :

  • Download cepat : Pengguna bisa mengunduh dengan kecepatan tinggi dengan adanya pilihan untuk melanjutkan proses unduhan jika ada file yang terganggu serta penyimpanan file yang jelas
  • Mudah melakukan pencarian : Pengguna dapat membuka foto dan link secara langsung
  • Sederhana untuk digunakan : Pengguna dimungkinkan untuk mengkustomisasi kecepatan, tema dan juga add-ons ditambah dengan fitur yang unik serta user friendly
  • Memberikan Semua Ekstensi Chrome : Pengguna bisa mengunduh semua add-os dan ekstensi yang tersedia di Chrome untuk UC Browser

16. Baidu

Baidu Browser merupakan salah satu browser yang super cepat dan gratis dengan tampilan interface yang baik serta tool yang berguna. Hal tersebut berdasarkan pada penggunaan platform Chromium sehingga membuatnya cepat dan ringan dalam beroperasi.

Fitur Baidu mampu membuat torrent, tool untuk mengunduh dan menyimpan video maupun audio, navigasi gestur mouse, pemutar video pop-up, dan sebagainya. Kemudian, fitur utama Baidu yaitu pemutar video pop-up, memungkinkan Anda untuk langsung membuka tab mana yang sedang menyalakan video tersebut tanpa perlu mencarinya.

 

Sumber :
http://www.techradar.com/news/software/applications/best-browser-which-should-you-be-using-932466
http://www.pcadvisor.co.uk/test-centre/software/best-web-browser-2017-3635255/
https://www.tutorialspoint.com/web_developers_guide/web_browser_types.htm