manfaat keuntungan website

Manfaat Dan Keuntungan Memiliki Website

Beberapa tahun ke belakang ini masyarakat internasional, termasuk Indonesia, semakin sadar akan pentingnya peran teknologi dalam bisnis mereka yang dimulai dari kepemilikan website. Tidak hanya perusahaan besar, bisnis kecil seperti UKM pun kini banyak mengembangkan sayap dengan menyediakan platform online dalam bentuk website sebagai pendukung bisnisnya.

Manfaat memiliki website

Tidak hanya bisa mendapatkan website dengan biaya yang rendah dan cara yang mudah, banyak fitur yang berguna sebagai pendukung website seperti content management system (CMS) dan payment gateway. Banyaknya konsumen yang melakukan transaksi secara online pun turut mendorong dibangunnya website bisnis bagi setiap perusahaan.

Jika Anda masih belum yakin, berikut ini adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang bisa didapat jika Anda memiliki website:

1. Biaya Rendah Untuk Pemasaran

Jaringan internet bisa menjangkau seluruh target konsumen yang ingin dicapai dibandingkan dengan bentuk pemasaran offline. Walaupun membutuhkan waktu untuk mendapatkan traffic yang baik, namun upaya ini sepadan dengan hasil yang akan didapat.

Penggunaan website juga akan menekan biaya pemasaran karena website Anda merupakan representasi perusahaan yang dapat langsung memasarkan bisnis Anda ke seluruh belahan dunia. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan pemasukan dengan menyediakan ruang bagi pengiklan lainnya yang ingin memasang iklan di dalam website Anda dengan sistem pay-per-click (PPC).

2. Meningkatkan Visibilitas Dan Brand Awareness

Website dapat meningkatkan visibilitas tentang bisnis Anda secara langsung, juga meningkatkan brand awareness di antara masyarakat termasuk target pelanggan.

Ketika seseorang mendengar informasi mengenai sebuah produk, jasa atau brand baru, maka mereka akan mencari dan mempelajarinya dari internet. Setelah yakin dengan brand atau produk tersebut, barulah mereka bisa melakukan keputusan transaksi.

Baca Juga  Strategi Digital Marketing Untuk Sektor B2B

Jangan lupa untuk menyediakan fitur peta yang menunjukkan lokasi toko offline arau kantor Anda pada halaman website untuk mempermudah pelanggan. Pastikan pula untuk mencantumkan kontak informasi bagi pelanggan yang ingin bertanya atau membutuhkan bantuan.

3. Dapat Diakses Kapanpun

Website tersimpan di dalam jaringan internet dan dapat diakses selama 24 jam penuh setiap harinya. Dengan demikian, Anda masih bisa menjalankan bisnis kapanpun Anda inginkan, sementara pelanggan juga bisa berbelanja atau mengakses website Anda kapanpun yang mereka inginkan.

Melalui website, Anda bisa memasukkan berbagai bentuk informasi misalnya promo, event yang akan diadakan atau produk terbaru yang segera dirilis. Website Anda bisa difungsikan sebagai sumber informasi paling update yang dibutuhkan pelanggan mengenai perusahaan atau bisnis Anda.

4. Meningkatkan Nilai Penjualan

Jam buka toko offline terbatas sehingga mereka para pekerja yang tidak mempunyai banyak waktu untuk berbelanja sering kehilangan kesempatan untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Namun hal ini tak akan terjadi pada pelanggan Anda jika Anda memiliki website.

Coba bayangkan jika sebenarnya terdapat banyak pelanggan potensial namun tak bisa mendapatkan produk Anda hanya karena toko (offline) sudah tutup. Sementara itu website memungkinkan mereka untuk melakukan transaksi kapanpun dan di mana pun mereka inginkan. Sebuah website ecommerce atau toko online bisa meningkatkan nilai penjualan Anda.

Sumber: smallbusiness.chron.com