Media Sosial

Manfaat Promosi Media Sosial

Walaupun belum digunakan oleh semua pebisnis untuk mengembangkan usaha mereka, namun tak dapat dipungkiri bahwa media sosial merupakan alat marketing yang penting.

Dari statistik dan penelitian yang dilakukan Hubspot, 92% pengusaha pada tahun 2014 mengaku bahwa pemasaran atau promosi melalui media sosial sangat penting bagi bisnis mereka. Sekitar 80% diantaranya menganggap media sosial berperan dalam meningkatkan traffic website mereka.

Untuk memahami fenomena tersebut, berikut ini adalah 10 manfaat promosi media sosial bagi bisnis Anda :

1. Meningkatkan Brand Awareness

Setiap kesempatan yang ada memungkinkan Anda untuk bisa meningkatkan awareness mengenai brand (merek) Anda. Jaringan media sosial disini merupakan saluran bagi ‘suara’ brand dan konten yang Anda miliki.

Hal ini sangat penting karena membuat brand Anda dikenali dengan mudah oleh banyak orang. Brand awareness juga membuat brand Anda lebih akrab dengan pelanggan yang sudah ada.

2. Meningkatkan Loyalitas Brand

Dari penelitian yang dilakukan oleh Texas Tech University, merek atau brand yang terlibat pada media sosial mendapatkan loyalitas yang lebih tinggi dari pelanggan.

Disimpulkan dari penelitian bahwa perusahaan harus memanfaatkan tools media sosial untuk berhubungan dengan pelanggan. Strategi media sosial bisa mempengaruhi pelanggan menjadi pelanggan yang setia pada brand Anda.

3. Kesempatan Konversi Lebih Besar

Setiap postingan yang Anda buat di media sosial adalah sebuah kesempatan bagi Anda untuk mendapat konversi dari pelanggan. Postingan di media sosial memungkinkan Anda untuk memiliki akses ke pelanggan baru maupun lama.

Pelanggan dapat berinteraksi pada setiap posting yang Anda lakukan, baik konten gambar, video atau teks. Setiap interaksi tersebut dapat mengarahkan pelanggan ke website dan terjadilah konversi. Memang tidak semua interaksi berujung pada konversi, namun interaksi yang positif meningkatkan kemungkinan untuk terjadi konversi.

Baca Juga  10 Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan di Instagram Toko Online

4. Tingkat Konversi Yang Tinggi

Konten Media Sosial Untuk Konversi

Promosi melalui media sosial menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi dalam beberapa cara. Salah satu elemen yang paling signifikan dalam hal ini adalah personalisasi dari media sosial.

Pasalnya media sosial menjadikan sebuah brand atau perusahaan dapat berinteraksi dengan pelanggan. Media sosial merupakan tempat dimana brand dapat berinteraksi dengan pelanggan.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa media sosial dapat menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi dibandingkan dengan promosi atau marketing tradisional. Para follower di media sosial juga cenderung memiliki tingkat kepercayaan dan kredibilitas yang tinggi pada suatu brand.

5. Otoritas Brand Yang Tinggi

Berinteraksi dengan pelanggan secara rutin menunjukkan hubungan yang baik dan merupakan contoh bagi pelanggan lainnya. Ketika seseorang ingin membicarakan suatu kebaikan akan sebuah brand, mereka umumnya melakukan hal itu melalui media sosial.

Ketika brand Anda mulai dibicarakan secara positif, itu artinya akan ada lebih banyak orang yang akan mem-follow media sosial Anda. Apalagi jika Anda berinteraksi dengan influencer besar di platform media sosial besar seperti Twitter, Instagram dan Facebook.

6. Meningkatkan Inbound Traffic

Tanpa media sosial, inbound traffic website Anda terbatas hanya pada orang-orang yang sudah mengenal brand Anda.

Semua media sosial yang Anda gunakan merupakan sebuah jalan bagi orang lain untuk memasuki website Anda. Media sosial juga merupakan sarana untuk menyampaikan konten yang bisa menarik pelanggan baru.

Semakin baik kualitas sebuah konten di media sosial, maka semakin banyak inbound traffic yang akan dihasilkan. Dengan demikian akan semakin banyak pula lead dan konversi yang terjadi.

7. Penurunan Biaya Pemasaran

Menurut Hubspot, 84% dari ahli pemasaran menemukan bahwa waktu enam jam dalam seminggu cukup untuk meningkatkan traffic. Namun demikian, waktu sebanyak enam jam tidak signifikan untuk saluran sebesar media sosial.

Baca Juga  Tips Promosikan Konten Melalui Sosial Media

Jika Anda meluangkan satu jam dalam sehari untuk mengembangkan konten dan strategi, maka Anda dapat melihat hasilnya secara perlahan namun langsung. Bahkan iklan berbayar melalui Facebook dan Twitter juga dapat dikatakan murah (tergantung pada tujuan Anda).

Mulailah dengan budget rendah namun dilakukan dengan cara yang tepat.

8. Peringkat Google Yang Lebih Baik

SEO adalah cara terbaik untuk mendapatkan traffic yang relevan dan bagus dari mesin pencari. Namun kini parameter untuk menentukan tingkat hasil pencarian selalu berubah-ubah mengikuti kemajuan yang ada.

Sekarang Anda tidak cukup hanya dengan mengupdate blog agar menghasilkan SEO yang baik. Melainkan Anda harus melakukan banyak pekerjaan seperti memastikan judul, menentukan meta tag, hingga mendistribusikan link website Anda.

Peringkat Google

Google dan mesin pencari lainnya sangat mungkin menghitung peringkat dengan menggunakan media sosial. Pasalnya hampir semua brand yang kuat selalu menggunakan media sosial.

Menjadi aktif di media sosial sama saja dengan memberi sinyal mengenai keberadaan brand Anda pada mesin pencari. Anda ingin memastikan mesin pencari bahwa brand Anda terlegitimasi dan dapat dipercaya.

Itu semua berarti, jika Anda ingin mendapat peringkat atas, maka Anda harus memiliki media sosial yang kuat.

9. Pengalaman Pelanggan

Media sosial merupakan saluran komunikasi layaknya handphone atau email. Semua interaksi Anda dengan pelanggan adalah sebuah kesempatan untuk berkomunikasi mengenai produk serta layanan pelanggan Anda.

Misalnya saja ada pelanggan yang mengeluh melalui Twitter. Anda bisa langsung menjawab komentar tersebut dan melakukan tindak lanjut untuk memperbaiki kesalahan.

Atau misalnya justru ada pelanggan yang puas dengan produk serta layanan Anda. Melalui media sosial, Anda bisa mengucapkan terima kasih dan merekomendasikan produk lainnya, Hal ini merupakan pengalaman bagi pelanggan dimana mereka sadar mengenai kepedulian yang Anda berikan.

Baca Juga  16 Cara Untuk Mencari Klien Dengan Media Sosial

10. Manfaatkan Customer Insight

Media sosial memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi mengenai ketertarikan pelanggan dan bagaimana perilaku mereka (customer insight).

Misalnya Anda memperhatikan komentar di media sosial. Dari sana Anda bisa melihat isi pikiran orang lain secara langsung mengenai bisnis Anda. Kemudian Anda juga bisa melihat mana saja konten serta produk yang paling banyak menarik perhatian pelanggan.

Selain itu, media sosial juga memungkinkan Anda untuk mengukur konversi berdasarkan promosi di setiap platform media sosial. Hal ini akan berguna untuk menemukan strategi dalam menghasilkan pendapatan.

Sumber :

http://www.forbes.com/sites/jaysondemers/2014/08/11/the-top-10-benefits-of-social-media-marketing/2/#146245f05232