Sosial Media

Manfaat Sosial Media Dan Kerugiannya

Hampir semua orang saat ini memiliki sosial media, tidak hanya satu atau dua, melainkan lebih dari itu. Kita semua menggunakan sosial media untuk mendukung kebutuhan sehari-hari misalnya dalam lingkup pekerjaan, sosial bahkan keluarga.

Namun pernahkah terpikirkan oleh Anda, apakah sebenarnya fungsi sosial media ? Apakah benar sosial media membuat Anda lebih bersosialisasi atau malah sebaliknya ? Apakah sosial media benar-benar membantu promosi bisnis Anda ? Atau apakah sosial media adalah ruang lingkup yang aman dari cyber crime ?

Berikut adalah,
Manfaat sosial media sebenarnya yang bisa Anda gunakan :

  1. Jangkauan Koneksi Ke Seluruh Dunia
  2. Mempertemukan Orang dengan Ketertarikan Yang Sama
  3. Berbagi Informasi Secara Real-Time
  4. Menjangkau Target Pasar
  5. Peningkatan Sirkulasi Informasi

1. Jangkauan Koneksi Ke Seluruh Dunia

Tidak ada cara yang lebih mudah untuk menemukan seseorang selain menggunakan sosial media. Teman dan guru SD, sahabat pena dari luar negeri, bahkan rekan kerja bisa dengan cepat Anda temukan melalui sosial media.

Facebook, Twitter, LinkedIn dan Pinterest serta sosial media lainnya memungkinkan seluruh orang di dunia dapat berinteraksi satu sama lain. Hal ini pun kemudian memiliki banyak efek dan manfaat yang beragam.

Koneksi Internet

Konektivitas bisa membantu Anda untuk :

  • Mencari pasangan
  • Mencari pekerjaan
  • Menemukan lokasi
  • Menjual atau membeli produk beserta informasinya
  • Berkampanye
  • Mendapatkan berita dan sebagainya
  • Berbagi materi pelajaran

2. Mempertemukan Orang dengan Ketertarikan Yang Sama

Ketika Anda memilih untuk berpartisipasi dalam sebuah komunitas di jejaring sosial, Anda dapat memilih mana komunitas yang sesuai dan Anda inginkan. Misalnya Anda ikut dalam komunitas buku, komunitas yoga, atau komunitas olahraga tertentu.

Manfaat ini juga memungkinkan Anda untuk dapat saling berbagi pengalaman ataupun tips dan trik mengenai sesuatu. Pinterest misalnya, sukses untuk menjadikan dirinya sebagai sarana bagi orang lain untuk belajar dan berbagi informasi.

Baca Juga  Tips Menggunakan Sosial Media Untuk Bisnis

Komunitas

Manfaat sosial media dalam aspek ini bahkan bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Pasalnya banyak komunitas sosial yang berkumpul untuk mencari dan membagikan donasi. Misalnya saja komunitas pendukung penderita kanker yang bertujuan untuk menyelamatkan para pasien atau memberi mereka kesempatan untuk mewujudkan impian mereka.

3. Berbagi Informasi Secara Real-Time

Banyak sosial media yang dilengkapi dengan fitur untuk melakukan chat sehingga antara Anda dan orang lain bisa berkomunikasi dan bertukar informasi secara real-time. Mungkin ini merupakan fungsi awal sosial media pertama kali diciptakan, untuk berkomunikasi.

Banyak pihak yang diuntungkan dengan fitur ini, misalnya pada lingkup sekolah. Seorang guru bisa menggunakan fitur ini untuk memfasilitasi kegiatan diskusi sambil mencari informasi pada internet. Atau bagi pengurus-pengurus perpustakaan, mereka tak akan mengganggu murid yang sedang membaca dengan cara berkomunikasi melalui sosial media.

Bagi Anda yang merupakan seorang pebisnis, Anda dapat memanfaatkan sosial media untuk dijadikan sebagai alat manajemen pertemuan tim misalnya. Anda juga bisa memanfaatkan sosial media untuk keperluan rapat atau seminar dan distribusi informasi.

4. Menjangkau Target Pasar

Jika Anda memiliki organisasi non-profit ataupun pemilik sebuah perusahaan produk/jasa, sosial media akan sangat membantu Anda untuk mencapai jutaan orang kapanpun yang Anda mau.

Sosial media memungkinkan Anda untuk menyebarkan konten produk atau jasa ke para target Anda. Setiap platform sosial media menawarkan berbagai tools atau fitur yang memungkinkan bagi sebuah bisnis untuk menyampaikan konten tertentu pada target mereka.

5. Peningkatan Sirkulasi Informasi

Tidak diragukan lagi, sosial media telah merevolusi kecepatan sirkulasi informasi atau berita. Banyak organisasi atau kantor berita yang bergantung pada sosial media untuk mengumpulkan dan membagikan informasi.

Kini Twitter telah menjadi sumber utama bagi masyarakat dan juga Anda untuk mendapatkan berita. Siapapun dapat mengetahui apa saja yang sedang terjadi di seluruh dunia secara real-time dengan penggunaan sosial media.

Baca Juga  4 Cara Menggunakan Facebook & Twiter Analytics

Sebagian efek dari manfaat ini dapat dikaitkan dengan penggunaan smartphone. Pasalnya persentase orang yang mengakses sosial media melalui smartphone terus meningkat. Sebuah penelitian yang dilakukan di Pew Center Study pada tahun 2014 mengatakan 40% pengguna smartphone mengakses sosial media dari perangkat mereka dan 28% diantaranya melakukan kegiatan ini setiap hari.

Sudah merasakan kelima manfaat di atas ? Jangan langsung tenang terlebih dahulu, karena biar bagaimanapun sosial media memiliki kekurangan dan kerugian dalam penggunaannya.

Kerugian Penggunaan Sosial Media:

1. Rentan Terjadi Kesalahpahaman

Sebuah bahasa satu negara berbeda dengan negara lainnya, sehingga sebuah konten yang misalnya saja Anda anggap sebagai sebuah lelucon bisa jadi berarti lain bagi orang lain. Hal ini berlaku terutama pada ruang lingkup politik dan agama.

Kesalahpahaman akan sebuah konten yang ada di sosial media dapat berujung pada masalah besar dan memiliki dampak di masa depan. Bahkan, komentar atau pendapat Anda mengenai suatu hal yang kemudian diposting di sosial media dapat berdampak bagi jalannya bisnis Anda.

2. Cyber Crime Atau Kejahatan Dunia Maya

Cyber Crime
Penggunaan sosial media yang tak semestinya dapat berujung pada penghinaan atau pelecehan terhadap orang lain, bahkan anak-anak. Bahaya lainnya yang suka terlupakan adalah konten-konten berbahaya seperti gambar atau video porno yang bisa diakses dengan mudah oleh anak-anak.

Selain itu seiring berkembangnya waktu kini muncul perilaku cyberbullying dimana orang lain baik perempuan maupun laki-laki diintimidasi secara negatif oleh pihak tak bertanggungjawab melalui sosial media.

3. Risiko Penipuan Atau Pencurian Identitas

Suka atau tidak, informasi yang Anda posting di internet telah menjadi konsumsi untuk semua orang, bahkan penjahat sekalipun. Banyak pelaku kejahatan yang dapat dengan mudah mengakses dan mendapatkan informasi diri Anda dan memanfaatkannya.

Baca Juga  Waktu Terbaik Untuk Posting Di Sosial Media

Jika mereka berhasil mencuri identitas diri Anda, maka bersiaplah untuk menghadapi yang terburuk. Sebuah laporan mengatakan, kejahatan ini merupakan salah satu bentuk kejahatan yang paling cepat berkembang dan menelan banyak korban.

4. Membuang Waktu

Business Insider melaporkan bahwa sosial media adalah penggunaan paling populer dari internet bahkan melebihi penggunaan email. Sementara itu smartphone dan perangkat mobil lainnya juga telah menjadi pendorong penggunaan internet dengan peningkatan sebanyak 60%.

Poling yang dilakukan oleh The GlobalWebIndex menunjukkan 28% waktu yang orang lakukan di internet adalah untuk mengakses sosial media. Pada angka tersebut, tercatat akses dilakukan pada jam kerja sehingga mengakibatkan perusahaan kehilangan produktivitas.

Laporan dari Forbes mengatakan 89% dari responden mengaku telah membuang waktu mereka mengakses sosial media pada jam kerja.

5. Invasi Privasi Perusahaan

Privacy Policy
Sosial media secara langsung maupun tak langsung “mengundang” perusahaan saingan Anda untuk menyerang privasi dan menjual informasi yang Anda miliki. Pernahkah Anda sengaja memberikan sebuah komentar di Facebook hanya untuk melihat apakah ada iklan yang akan muncul yang terkait dengan Anda ?

Gunakan Sosial Media dengan Baik

Ketika menggunakan sosial media, cobalah untuk berhati-hati dan tidak pernah bergabung dengan grup hanya karena grup tersebut terkenal atau teman-teman Anda melakukannya.

Terlepas dari semua manfaat dan kerugian dari penggunaan sosial media, satu hal yang perlu Anda lakukan adalah tetap menjaga privasi.

Berhati-hatilah dengan apa yang Anda posting dan berkomunikasilah dengan sopan di dunia maya seperti halnya di dunia nyata.

Sumber :
http://socialnetworking.lovetoknow.com/Advantages_and_Disadvantages_of_Social_Networking