Strategi Marketing

Manfaat Marketing Online vs Marketing Tradisional

Banyaknya bisnis yang mendasarkan diri pada jaringan internet untuk mengembangkan usaha mereka, membuat pebisnis lainnya ingin mengikuti tren digital marketing atau marketing online.

Namun karena tidak didasari pengetahuan yang cukup, tidak sedikit diantara mereka, mungkin juga Anda, menyerah dan kembali ke marketing tradisional. Anda bisa lihat, masih banyak bisnis yang mengandalkan promosi melalui iklan koran, poster ataupun promosi langsung.

Walaupun tidak salah, namun marketing online bisa jauh lebih menguntungkan Anda karena kemudahan dan rendahnya biaya yang diperlukan. Jika Anda bisa melihat apa saja manfaat marketing online, maka Anda akan melihat perkembangan bisnis seperti apa yang akan didapatkan.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat marketing online dibandingkan dengan marketing tradisional :

1. Mengurangi Biaya

Biaya yang Anda perlukan untuk memulai marketing online jauh lebih rendah dibandingkan dengan biaya yang harus Anda keluarkan untuk marketing tradisional. Anda harus mengeluarkan biaya sangat tinggi jika mau beriklan di radio, televisi maupun majalah.

Contoh dalam hal ini adalah pada penggunaan Google Local yang gratis. Hasil yang Anda dapatkan dari Google Local sebanding dengan penggunaan iklan Yellow Pages.

Selain itu, marketing tradisional hanya bertahan beberapa waktu sementara optimasi mesin pencari dapat memberikan hasil jangka panjang.

Anda juga bisa menekan biaya dengan menggunakan iklan Pay Per Click (PPC). Iklan dengan PPC memudahkan Anda untuk bereksperimen sampai strategi yang dijalankan bisa mencapai tujuan.

2. Semuanya Dapat Terukur

Sulit untuk mengukur penjualan langsung jika Anda beriklan di majalah atau koran. Namun Anda bisa mengukur semuanya dengan marketing online, bahkan bisa diilustrasikan dalam grafik traffic. Anda juga bisa mengukur lead, penjualan dan juga konversi dengan marketing online.

Baca Juga  Cara Kerja Internet of Things

Kemudian jika Anda menggunakan tools analisis traffic seperti Google Analytics, Anda terbantu untuk menghitung Return On Investment (ROI).

3. Brand Engagement

Anda harus membangun dan memelihara brand awareness di tengah-tengah persaingan dengan kompetitor. Dengan demikian, merek dan produk Anda bisa mendapatkan tanggapan positif dan loyalitas dari pelanggan.

Terlepas dari word-of-mouth dan hubungan Anda dengan pelanggan, website yang baik merupakan alat pemasaran yang paling penting bagi sebuah bisnis.

Website yang diupdate secara rutin dan mengandung konten yang menarik sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Dalam perjalanannya, Anda juga harus bisa memberikan penawaran dengan nilai terbaik bagi pelanggan.

4. Penargetan Demografis

Peta Demografis

Kemampuan marketing online untuk menargetkan hingga mengukur respon dari sebuah demografis membuat para pebisnis mulai meninggalkan marketing tradisional. Platform prediksi demografis dan marketing online kini memungkinkan Anda untuk menjangkau target yang diinginkan.

5. Hasil Real-Time

Dengan memanfaatkan marketing online, Anda tidak perlu menunggu lama untuk melihat kemajuan yang ada. Marketing online berbayar memungkinkan Anda untuk langsung melihat hasil pemasaran secara real-time.

Jika strategi marketing Anda belum efektif, tools untuk memonitor hasil secara real-time membantu Anda untuk melihat kesalahan pada bagian mana yang dilakukan.

6. Memeriksa Keefektifan Strategi Yang Digunakan

Anda bisa mengukur tingkat konversi dengan menggunakan tools tertentu untuk membandingkannya dengan hasil marketing tradisional.

Analisis Strategi

Marketing online memungkinkan pebisnis kecil untuk bisa bersaing dengan cara yang sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh pebisnis besar. Jika strategi marketing Anda belum memberikan hasil yang sesuai, Anda bisa memaksimalkannya tanpa perlu kembali mengeluarkan biaya besar seperti marketing tradisional.

7. Rencana Jangka Panjang

Manfaat dari marketing pencarian organik (mengoptimalkan website untuk kata kunci tertentu) adalah Anda bisa mencapai laba jangka panjang atas investasi yang dilakukan.

Baca Juga  Langkah Awal Menggunakan HTML Email untuk Pemasaran

Jika visibilitas website Anda sudah baik di mesin pencari, maka mudah untuk melaksanakan strategi low budget.

8. Informasi Produk

Saat ini pelanggan toko online mengandalkan pendapat yang disampaikan oleh orang lain mengenai suatu produk. Misalnya saja teman mereka, pelanggan lain, dan juga blogger terkenal.

Jika Anda bisa menghadirkan informasi yang dicari banyak orang, maka kesempatan mendapatkan pelanggan akan lebih besar. Gunakan sosial media seperti Facebook dan Twitter yang mengandung kekuatan word-of-mouth. Faktor kepercayaan sangat penting dalam dunia marketing.

9. Tidak Membosankan

Umumnya pelanggan tidak menyukai metode marketing tradisional seperti surat, flyer dan iklan televisi. Ketika seseorang membeli koran atau majalah, mereka ingin melihat artikel, bukannya bermacam-macam iklan.

Marketing online memungkinkan Anda untuk menargetkan orang-orang yang memang mencari produk Anda. Dengan demikian iklan yang Anda lakukan tidak mengganggu dan malah membantu mereka.

10. Mendapatkan Perhatian Pelanggan

Biasanya orang-orang tidak memperhatikan iklan yang ada pada koran atau majalah. Namun Anda bisa mendapatkan perhatian mereka dengan marketing online.

Marketing online memungkinkan Anda untuk mendorong pengunjung website melakukan sesuatu. Misalnya melihat produk, membaca informasi, sampai melakukan transaksi.

Sumber :

https://www.smartt.com/insights/10-advantages-online-marketing-vs-traditional-media