seo-media-sosial

5 Manfaat Media Sosial dalam Meningkatkan SEO

Sebelumnya mungkin banyak dari Anda yang berpikir bahwa media sosial berfungsi untuk mempromosikan content, sementara SEO lebih kepada aspek teknis yang memastikan content muncul di halaman pencarian.

Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena sebenarnya SEO dan media sosial sangat berkaitan erat dan bisa saling mendukung. Jika keduanya diterapkan dengan benar maka bisa menarik pelanggan dan meningkatkan traffic website.

Kaitan Media Sosial & SEO

Semenjak banyaknya perubahan pada algoritma Google sinyal dari media sosial sangat mempengaruhi ranking website.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sangat penting untuk menyatukan strategi keduanya. Berikut 5 cara menyatukan strategi media sosial dan SEO untuk meningkatkan organic traffic.

1. Ingin halaman lebih cepat muncul di Google?

Internet merupakan pusat informasi yang terus menerus berkembang secara dinamis.

Google membaca dan mengumpulkan informasi untuk semua halaman yang ada di internet sehingga akan mudah bagi pengguna saat melakukan pencarian, proses ini disebut indexing.

Indexing tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama, mengingat besarnya jumlah informasi baru yang ada di internet setiap jamnya. Dengan bantuan Twitter, content yang sudah mendapatkan engagement di Twitter bisa lebih cepat terindex oleh Google.

Ada beberapa faktor yang mendukung hal ini, mulai dari seberapa banyak jumlah retweet, likes, sampai waktu posting. Proses indexing content sangat penting bagi SEO, semakin cepat content di terindex maka semakin cepat pula organic traffic yang akan didapat.

2. Apakah media sosial membantu link building?

Salah satu faktor penting yang membantu peringkat sebuah website di halaman pencarian adalah jumlah backlink berkualitas yang dimiliki.

Sayangnya aspek ini sering dimanipulasi oleh banyak orang menggunakan teknik seo black-hat. Mereka memasukkan keyword secara berlebihan, menyembunyikan teks, dan membuat website palsu untuk memasang backlink ke website utama.

Baca Juga  Google AMP: Mempercepat Kinerja Website

Oleh sebab itu Google kini lebih memfokuskan kepada social signal seperti Twitter, Facebook dan Google+. Kini media sosial dan SEO bisa saling mendukung untuk membangun backlink yang dibutuhkan oleh website.

3. Tingkatkan otoritas dengan media sosial

Google akan memberikan ranking tinggi pada website yang dianggap terpercaya(memiliki otoritas). Untuk menentukan seberapa terpercaya sebuah halaman website, dilihat dari seberapa banyak backlink berkualitas yang dimilikinya.

Disamping itu Google juga melihat seberapa populer halaman website tersebut di media sosial. Hal ini ditentukan oleh beberapa faktor seperti relevansi content dan jumlah engagement yang didapat.

Untuk bisa berhasil pada tahap ini pastikan content yang Anda miliki sesuai dengan minat para pelanggan. Ditambah content yang Anda bagikan juga memberikan manfaat bagi mereka, disamping menarik tentunya.

4. Nilai plus untuk content yang dishare dengan Google+

Google+ merupakan produk milik Google, jadi tentu saja Google akan memberikan peringkat tinggi bagi website yang aktif di Google+.

Sisihkan waktu 10 menit setiap harinya pada halaman brand Google Plus Anda, posting link artikel blog pada halaman profile atau Google+ Communities.

Pastikan Anda posting artikel yang ingin mendapatkan ranking tinggi di halaman pencarian Google.

5. SEO tidak selamanya mengenai hal teknis

Dengan banyaknya algoritma Google yang selalu diupdate secara dinamis, sejak dulu hingga sekarang content tetap menjadi faktor penentu utama.

Google menginginkan content dengan kualitas yang baik dan relevan berada pada posisi pencarian teratas. Selain itu content berkualitas merupakan content yang menarik dan bermanfaat untuk dibagikan ke orang lain.

Karena pada dasarnya Google ingin menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan apa yang dicari, jika tidak lambat laun Google pasti akan kehilangan pengguna.

Baca Juga  Tren Digital Marketing 2017

Saat ini, Google lebih tertarik melihat kualitas content yang dimiliki sebuah website dibanding hal teknis SEOnya. Memang teknik optimasi SEO seperti penempatan keyword pada H1, URL, meta description dan title tag masih berlaku.

Tapi memiliki content yang menjawab pertanyaan dari keyword yang digunakan oleh pengguna tidak kalah penting.

Buatlah content yang memberikan solusi bagi permasalahan yang dimiliki pengguna, sehingga website Anda akan lebih mudah dipromosikan dengan media sosial dan mendapat peringkat dengan teknik SEO.

https://www.semrush.com/
https://blog.hootsuite.com/how-social-media-affects-seo/