mac-user-friendly

Membuat Website User Friendly

Salah satu contoh permintaan yang sering diminta oleh klien yang ingin membuat sebuah website adalah ingin membuat websitenya menjadi user friendly.

Permintaan tersebut wajar karena klien ingin website miliknya tersebut bagus dan memudahkan pengunjung dalam menemukan informasi. Namun, seperti apakah website user friendly ? Apa ciri-cirinya ?

Membuat website user friendly itu sebenarnya tidaklah susah, ada beberapa faktor yang harus dipenuhi hingga sebuah website bisa disebut user friendly. Berikut ciri-cirinya :

Berjalan Dengan Baik Pada Semua Perangkat

Masyarakat menggunakan bermacam-macam perangkat dengan berbagai ukuran layar ketika mengakses website. Mulai dari komputer, laotop, tablet, smartphone bahkan dari layar dan perangkat sekecil jam atau smartwatch.

Jika ingin website Anda dikategorikan sebagai website user friendly, maka faktor utama ini harus dipenuhi, yakni sebuah website yang mampu diakses dengan baik atau responsif pada berbagai macam ukuran layar dan jenis perangkat.

Sebuah website responsif akan memudahkan web designer dan web developer dalam membuat website yang user friendly. Website responsif dapat secara otomatis menyesuaikan tampilannya dengan ukuran layar ketika diakses. Pengguna tidak harus melakukan zoom in atau zoom out ketika ingin melihat sebuah konten.

Selain itu, website responsif secara otomatis juga bisa menghilangkan modul/fitur yang tidak perlu muncul di versi mobile atau layar yang lebih kecil.

Waktu Loading Cepat

Website akan “berat” jika terlalu banyak berisi sumber daya yang digunakan seperti gambar, javascript, media sosial, audio maupun video. Hal ini akan membuat website menjadi lambat ketika diakses dan mengganggu pengguna sehingga akhirnya meninggalkan website. Coba untuk kelola sumber daya atau konten dengan baik pada website Anda.

Website dengan waktu loading yang cepat akan disenangi oleh para pengguna. Anda bisa menguji kecepatan loading website Anda di Google PageSpeed yang juga dapat memberikan masukan untuk perbaikan website Anda.

Baca Juga  Cara Membuat CTA(Call To Action) Yang Baik

Navigasi Intuitif

Navigasi adalah peta bagi pengguna untuk menyusuri website Anda. Navigasi website yang baik akan dengan jelas menuntun pengguna untuk mencari halaman yang mereka inginkan. Hal ini sangat penting agar pengguna mengerti langkah yang harus mereka lakukan selanjutnya dalam memenuhi tujuan utama.

Konten Berkualitas

Website Anda tidak akan memiliki makna dan fungsi tanpa konten di dalamnya. Pengguna akan betah berlama-lama di website Anda jika terdapat konten yang berkualitas dan mereka inginkan. Konten dapat berupa teks, gambar, video maupun audio.

Misalnya saja website Anda merupakan website blog kuliner, maka pengguna berharap dapat menemukan konten seperti resep memasak, rekomendasi restoran ataupun video cara memasak yang dapat membantu mereka.

Teks Mudah Untuk Dibaca

readability
Readability (Image: teehanlax.com)

Kualitas desain tipografi sebuah website adalah faktor lain dalam menentukan apakah sebuah website sudah user friendly atau belum. Teks yang sulit dibaca akan membuat pengunjung mengalami kesulitan. Misalnya saja perpaduan warna yang tidak tepat, jarak yang terlalu rapat dan ukuran teks sangat kecil atau terlalu besar.

Posisikan diri Anda sebagai pengguna ketika sedang membuat konten teks pada website Anda. Jika merasa belum maksimal, maka gunakanlah jasa content writer atau copy writer yang dapat membantu Anda.

Memiliki User Experience (UX) Yang Menyenangkan

user experience
user experience (Image: linkedin.com)

Sering kali pemilik website hanya fokus pada pembuatan website yang memiliki desain yang menarik dan mudah untuk digunakan. Namun mereka mengabaikan manfaat dari penciptaan sebuah pengalaman (UX) yang intuitif dan menyenangkan bagi pengguna atau pengunjung.

Sebuah situs website yang mampu menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjungnya tentu akan berdampak positif bagi Anda dan pengunjung itu sendiri. UX yang baik juga harus membuat pengguna memahami navigasi sebuah website.

Baca Juga  Desain Website Terbaik 2017

Website Search Engine Optimization (SEO) Friendly

Website SEO friendly memiliki manfaat baik untuk Anda sebagai pemilik website dan juga untuk para pengguna. Website SEO friendly akan memudahkan pengguna ketika mencari sebuah website atau konten melalui mesin pencari.

Misalnya saja Anda memiliki website toko online yang menjual baju pria, maka kata kunci tersebut akan digunakan oleh orang-orang yang ingin membeli baju pria. Gunakan kata itu sehingga bisa terbaca oleh mesin pencari dan website Anda akan muncul di halaman utama hasil pencarian.

Desain Dan Penempatan Elemen

Desain layout yang bagus dengan penempatan elemen yang tepat tentu akan membuat website Anda semakin user friendly. Web developer harus tahu dimana mereka harus menempatkan sebuah tombol agar sering diklik oleh pengunjung.

Mereka juga harus mengerti dimana harus meletakkan form pencarian agar pengunjung tidak bingung ketika ingin mencari informasi tertentu. Tempatkan navigasi menu dengan baik untuk menuntun pengguna ketika mengakses website Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *