Online Shop

Cara Menarik Konsumen Ke Toko Online Anda

Jika Anda memiliki toko online, Anda tidak akan bisa mencapai kesuksesan jika tidak mampu menarik perhatian konsumen.

Untuk bisa efektif mendapatkan perhatian konsumen, berikut lima tips yang akan mendorong tingkat traffic tanpa perlu mengeluarkan biaya besar :

“Tidak ada cara promosi yang lebih baik selain memuaskan konsumen Anda”

1. Website Toko Online yang Menarik

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah berkaca pada diri sendiri, apakah website toko online Anda sudah menarik atau belum. Pasalnya desain website toko online sangat penting karena konsumen tak akan mau berkunjung ataupun bertransaksi jika tampilan toko online yang dilihatnya buruk.

Anda harus memberikan kesan pertama yang baik pada konsumen sehingga mendorong mereka untuk melakukan transaksi.

2. Aktifitas Di Sosial Media

Sosial media adalah salah satu saluran yang memungkinkan Anda untuk bisa melakukan promosi secara gratis (kecuali Anda menggunakan iklan berbayar).

Sosial Media

Kunci untuk bisa sukses di sosial media adalah memiliki konten yang hebat. Konten di sosial media Anda harus menarik sehingga orang ingin mem-follow akun Anda. Jika Anda berhasil dalam melakukan ini, maka Anda telah memiliki saluran pemasaran yang baik tanpa harus mengeluarkan biaya.

Bagaimana caranya ?

  • Posting secara teratur, setidaknya setiap hari sehingga konsumen tidak akan melupakan Anda.
  • Libatkan follower Anda, misalnya dengan menanyakan sesuatu, membalas komentar dan hal lainnya yang bisa menangkap perhatian mereka.
  • Pilih jenis sosial media terbaik bagi Anda, namun usahakan tetap gunakan Facebook dan Instagram karena efektif mendorong traffic.
  • Gunakan content visual, ketika memposting gambar biasanya Anda akan mendapatkan 50% lebih banyak interaksi dengan orang lain.

3. Pelayanan Konsumen

Aspek lainnya yang akan membantu Anda mendapat banyak perhatian konsumen adalah layanan konsumen yang sangat baik. Tidak ada cara promosi yang lebih baik selain memuaskan konsumen. Buat pengalaman konsumen Anda menjadi berharga dan tak terlupakan dengan cara yang positif.

Baca Juga  Alasan Konsumen Berbelanja Online

Sebuah penelitian menyatakan 45% konsumen di negara Amerika Serikat akan membatalkan transaksi jika pertanyaan mereka tak segera ditanggapi oleh costumer service. Artinya untuk bisa memuaskan konsumen, Anda harus segera membalas komentar dan pertanyaan mereka.

Selain itu, 70% pengalaman berbelanja online ternyata didasarkan pada bagaimana konsumen merasa dilayani. Karenanya jangan pernah meremehkan layanan konsumen dan pastikan semua konsumen Anda puas dengan layanan yang diberikan.

4. Promosi

Semua orang menyukai potongan harga dan juga promo. Bukan mengenai nilainya, melainkan mekanisme psikologi yang membuat seseorang menjadi lebih senang dengan adanya aspek ini.

Anda juga bisa memberikan kupon potongan harga misalnya untuk klien baru sehingga menstimulus mereka untuk segera melakukan pembelian pertama. Hal ini juga bisa dilakukan untuk konsumen tetap Anda, misalnya promo Buy 1 Get 1 Free.

5. Email Pemasaran

Cara ini juga merupakan solusi yang murah dan efektif untuk menarik pelanggan. Sebuah organisasi survey menunjukkan bahwa 54% orang memiliki sikap yang lebih positif terhadap perusahaan yang mengirimkan mereka e-mail. Selain itu, 71% responden mengatakan bahwa saat berbelanja mereka selalu ingat email yang mereka dapatkan.

email

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah :

  • Mengirim email tentang produk baru
  • Memberikan informasi lewat email tentang penjualan dan promo
  • Menginformasikan mengenai produk yang direkomendasikan melalui email, sehingga orang bersemangat untuk melakukan pembelian selanjutnya
  • Menambah daftar pengiriman email untuk klien yang belum aktif di toko Anda dengan potongan harga untuk mendorong mereka kembali ke website Anda
  • Mengirimkan beberapa tips yang terkait dengan produk Anda

Sumber :
http://positionly.com/blog/inbound-marketing/attract-customers-to-online-store