Membuat Website Mahal

Mengapa Membuat Website Mahal?

Membangun sebuah website tentu membutuhkan banyak biaya, bahkan sebuah website bisa dihargai hingga ratusan juta Rupiah. Mengapa ?

Beberapa faktor utama yang membuat biaya pembuatan website mahal diantaranya adalah :

  • Pembuatan desain
  • Pembuatan konten
  • Perancangan strategi
  • Proses pengembangan
  • Proses revisi dan lainnya

Sebelumnya Anda juga harus berpikir mengenai kenapa Anda mengira custom website dapat dibuat dengan biaya yang rendah ? Padahal ada banyak sekali aspek yang diperlukan dalam sebuah website dimana aspek-aspek tersebut dibuat dengan cara yang rumit dan membutuhkan banyak waktu.

Misalnya saja mengenai desain. Banyak orang tidak menyadari bahwa desain yang baik akan memposisikan Anda sebagai seorang ahli atas apa yang Anda lakukan. Desain juga bisa membangun kepercayaan antara pengunjung website dengan Anda, dan memungkinkan Anda untuk memanfaatkan kekuatan pemasaran konten.

Desain yang baik dihasilkan seorang ahli yang mengikutsertakan berbagai faktor kepentingan di dalamnya. Strategi yang tepat, pengalaman dan hasil yang memberikan solusi bagi pengguna merupakan faktor penentu desain website. Jangan hanya mementingkan faktor keindahan saja.

Langkah pertama untuk memahami mengapa pembuatan website mahal adalah mengerti bahwa Anda memiliki kesalahpahaman mengenai desain website.

Pada kenyataannya, uang yang Anda keluarkan untuk custom website melalui proses berikut ini :

1. Strategi Website

Hal ini mencakup segala sesuatu mengenai siapa saja pengunjung website Anda dan memastikan keefektifan website dalam mendapatkan klien potensial.

Selain itu strategi juga mencakup penetapan tujuan dan memetakan sistem untuk melacak kinerja. Maksudnya adalah apa yang akan dicapai website Anda dan bagaimana Anda mengukurnya untuk bisa mengatakan tujuan telah dicapai ?

Strategi Website

Fase strategi website dari sebuah custom website akan menyikapi pertanyaan berikut :

  • Masalah apa yang bisa dibantu website untuk Anda ?
  • Untuk siapa desain dibuat ?
  • Apa yang ingin pengunjung lakukan ketika mengunjungi website Anda ? Apa saja calls to action yang pertama dan kedua ?
  • Bagaimana agar Anda bisa membuat pengunjung melakukan apa yang kita kehendaki ?
  • Apa yang ingin Anda capai dan bagaimana cara mengukur keberhasilannya ?

Ketika membicarakan strategi website, Anda tidak akan menemukan adanya sebuah panduan tertulis yang baku. Proses custom website biasanya melibatkan strategi website untuk memastikan fondasi utama untuk menentukan fase berikutnya.

Baca Juga  19 Jenis Website yang Bisa Dibuat dengan WordPress

2. Pembuatan Desain

Jika Anda sudah memiliki strategi yang kuat, maka desain adalah faktor yang membuatnya semakin efektif. Desainer dapat membuat website experience yang memastikan website Anda efektif dalam mendapatkan klien.

Ketika membicarakan mengenai psikoterapi website, desainer harus mengerti dengan jelas tentang keadaan emosional pengunjung ketika mengakses website Anda. Keputusan memilih warna, layout, gambar dan font bukanlah merupakan sesuatu yang mudah dilakukan.

Desain yang diciptakan harus bisa memecahkan masalah dan memenuhi tujuan awal strategi website Anda.

3. Pengembangan

Pengembangan website adalah kode yang dibuat hanya untuk Anda. Jika seorang desainer meng-coding sebuah solusi dari awal, Anda bisa menganggapnya sebagai perangkat lunak yang dibuat untuk mendampingi strategi Anda.

“Terkadang Custom Website Tidak Hanya Mengenai Desain”

Strategi, desain dan pengembangan adalah langkah utama dari keseluruhan proses pembangunan sebuah website. Namun, ada banyak faktor tambahan yang harus disertakan untuk melengkapi dan mendukung setiap fungsi yang ada. Misalnya :

  • Paket branding, termasuk logo, grafis, atau ilustrasi yang digunakan pada identitas visual bisnis baik online dan offline.
  • Paket gambar, termasuk layanan untuk menemukan dan merekomendasikan gambar yang sesuai dengan strategi website.
  • Konten yang terkait dengan layanan seperti copywriting, copy editing, atau pengulasan konten.
  • SEO (Search Engine Optimization)

Ketika custom website mencakup hal-hal seperti di atas, maka biaya custom website Anda akan lebih mahal lagi.

Seorang desainer website banyak menghabiskan waktu mereka untuk menemukan, membuat dan bereksperimen untuk membuat desain yang sempurna. Baik dalam hal tekstur, warna, palet, dan unsur lainnya yang bisa berkomunikasi secara efektif. Desainer juga ikut serta dalam penentuan branding, tema, konsep, user interface, manipulasi gambar dan sebagainya.

Website Designer

Beberapa unsur yang membutuhkan banyak waktu untuk dibuat antara lain :

Konsep awal

Mencakup penelitian industri Anda hingga mempelajari merek ataupun membuat yang baru. Desainer harus memilih ribuan tipografi untuk menemukan font yang website friendly, palet yang sesuai, pergeseran nuansa warna dan elemen layout.

Revisi

Desainer akan mendapatkan revisi dari project manager dan pimpinan kreatif sebelum hasil diserahkan kepada Anda yang memebrikan revisi selanjutnya. Proses ini kembali memakan banyak waktu hingga akhirnya desain benar-benar disetujui.

Baca Juga  6 Pengaruh Responsive Web Design Untuk Meningkatkan SEO

Berbagai Ukuran Layar

Ketika membuat sebuah website responsif, maka desainer tidak hanya merancang satu, melainkan tiga sampai empat versi halaman website. Dengan demikian web developer bisa mengerti bagaimana desain tersebut akan bereaksi terhadap berbagai macam browser dan ukuran layar yang berbeda-beda.

Interaktivitas

Merancang dan membuat website agar dapat bergerak dan berubah ketika Anda mengarahkan kursor dan mengklik. Desainer harus mempertimbangkan apa yang terjadi dari sudut pandang estetika untuk setiap tombol, link, gambar, atau elemen serta desain mereka.

Layout Halaman

Setiap website memerlukan homepage dan tidak ada satupun website yang sama persis. Desainer harus merancang dan membuat layout khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda dengan cara yang kreatif dan berguna.

Custom Website Membutuhkan Keahlian

Ada banyak cara yang mudah untuk membuat website sendiri, bahkan Anda bisa melihat panduannya di YouTube. Namun cara-cara itu tidak memberikan Anda personalisasi, dukungan ahli dan juga bimbingan.

Seorang ahli memiliki peranan besar dalam hasil pembangunan custom website Anda. Biaya yang Anda keluarkan sebanding dengan keahlian dan hasil yang didapatkan.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan oleh desainer website untuk menjadi seorang ahli :

  • Pengalaman selama bertahun-tahun dalam mendesain website, termasuk membuat desain serta strategi website yang rumit
  • Secara berkala mempelajari tren dan alat terbaru
  • Mengikuti kursus untuk menambah keahlian
  • Kemampuan untuk mengatur proyek dengan mudah agar berjalan lancar
  • Mempertahankan lisensi website dan software terbaik untuk hasil sempurna

Berbagai Kelengkapan Pengembangan Website

Beberapa elemen yang mempengaruhi biaya pengembangan website Anda meliputi :

Hosting

Faktor ini merupakan keputusan yang penting karena menentukan keamanan dan kecepatan dari sebuah website

Tujuan Proyek Dan Ruang Lingkup

Apa tujuan website Anda ? Apa yang ingin dicapai oleh pengguna ? Siapa yang mengakses dan siapa yang seharusnya mengakses website Anda ?

Memilih Perangkat Pendukung

Website Anda haruslah mudah untuk diakses dari berbagai macam jenis dan ukuran perangkat. Desainer harus merencanakan, merancang dan mengembangkan banyak layar, browser dan pengaturan pengunjung dengan menerapkan desain responsif.

Baca Juga  Cara Membuat Website Online, Gratis & Mudah

Memilih Content Management System (CMS)

Tentukan apakah website Anda akan dibangun di WordPress atau ExpressionEngine ? Magento atau Shopify ? Keputusan ini didasarkan pada penelitian desainer untuk proyek Anda. Desainer akan melihat berapa banyak custom yang diperlukan dan seperti apa platform yang Anda butuhkan.

Integrasi Pihak Ketiga

Tentukan apakah desainer perlu terintegrasi dengan akun merchant dan prosesor gateway Anda untuk menerima pembayaran. Kemudian terkait dengan kalender event, Anda ingin menggunakan Google atau Facebook ? Apakah pengguna Anda perlu untuk log in ?

Anda bisa membuat kode sendiri dalam hal tersebut, namun jika mengandalkan pihak ketiga maka Anda harus memberikan dokumentasi dan kemampuan untuk berintegrasi dengan cara tertentu. Lebih lengkap mengenai biaya pembuatan website bisa Anda baca di artikel berikut ini.

Konten dan Optimasi

Konten Website

Walaupun website Anda sudah fungsional, namun bukan berarti Anda sudah selesai, melainkan Anda memerlukan konten (teks, gambar, video atau audio). Copywriting, fotorgafi dan videografi adalah elemen untuk menciptakan konten yang bermanfaat. Memerlukan waktu yang cukup dan banyak serta pengalaman dalam hal ini.

Konten pada website menceritakan ‘kisah’ Anda yang pada akhirnya menjual produk barang/jasa yang Anda tawarkan. Anda perlu mengoptimalkan konten untuk bisa terbaca dalam hasil mesin pencari. Proses ini melibatkan penelitian kata kunci dan penggabungan istilah-istilah yang relevan dengan pengunjung Anda.

Jadi, Mengapa Custom Website Membutuhkan Biaya Tinggi ?

Custom website tidak mahal. Jika dilakukan dengan bijaksana, maka uang yang Anda investasikan untuk membuat website justru akan menghemat waktu dan uang Anda.

Membangun sebuah website sesuai dengan keinginan Anda, bukan hanya agar website tersebut tampil dengan cantik. Namun sebuah custom website haruslah menjadikan sebuah website dapat digunakan dengan baik atau efektif sehingga membawa keuntungan bagi Anda.

Investasi Anda akan kembali dengan jalan terpenuhinya target yang dituju atau bahkan bisa melampaui target utama.

Sumber :

https://bigseadesign.com/web-design/why-are-websites-so-expensive/
http://www.katlove.com/custom-websites-expensive
https://mrwweb.com/what-makes-websites-expensive/