Online Shop

15 Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online

Sudah memiliki dan siap menjalani toko online Anda? Berikut 15 tips untuk meningkatkan penjualan online yang bisa Anda implementasikan dan mendapatkan banyak penjualan, namun bagaimana caranya ?

  1. Tampilkan Ulasan
  2. Pilih Payment Gateway Yang Tepat
  3. Riset Kata Kunci Sejak Dini
  4. Tambahkan Harga Perbandingan
  5. Bangun Kepercayaan
  6. Gunakan Google Analytics
  7. Tampilkan Alamat dan Kontak
  8. Pengembalian Gratis
  9. Gunakan Kalimat Yang Tepat
  10. Sertakan Perkiraan Waktu Pengiriman
  11. Jemput Bola
  12. Pembeli Adalah Raja
  13. Hadiri Konferensi
  14. Gunakan Gambar Terbaik
  15. Pilih Platform Website Dengan Bijak

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan rating konversi toko online Anda yang berujung pada meningkatnya penjualan :

1. Tampilkan Ulasan

Opini dari konsumen adalah faktor penting bagi calon konsumen lainnya. Jika sebuah toko online tidak memiliki layanan ini, maka konsumen akan mencari toko online lainnya yang menampilkan ulasan pembelian sebelumnya untuk meyakinkan mereka ketika akan melakukan pembelian.

Menampilkan ulasan menunjukkan keterbukaan dan kejujuran Anda sebagai pemilik toko online. Saat ini ada banyak plugin yang bisa membantu Anda mengatur fitur ini tanpa perlu adanya keterlibatan seorang web developer.

Terlebih lagi, disini Anda juga bisa menunjukkan layanan konsumen Anda jika memang ada keluhan dari konsumen. Hal ini memperlihatkan kinerja toko online yang baik dalam melayani konsumennya.

2. Pilih Payment Gateway Yang Tepat

Pemilihan payment gateway akan mempengaruhi banyak atau sedikitnya biaya yang Anda keluarkan serta keuntungan yang Anda dapatkan dalam hal saluran pembayaran untuk konsumen. Pelajari, misalnya apakah payment gateway yang akan Anda pilih bisa didukung oleh platform toko online Anda, berapa biayanya, seperti apa fitur keamanannya dan sebagainya.

Payment Gateway
Pilih payment yang sesuai dengan kebutuhan online shop dan konsumen Anda

Proses ini memang cukup rumit, tapi merupakan sebuah keputusan penting yang harus dibuat. Pemilihan payment gateway yang tepat bisa memudahkan konsumen dalam melakukan pembayaran dan juga menghemat pengeluaran Anda.

Baca Juga  6 E-Commerce Yang Sukses Di Pasar Ritel Online

3. Riset Kata Kunci Sejak Dini

Proses ini sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri ataupun mengandalkan agensi SEO untuk membantu Anda. Namun cara apapun yang Anda pilih, proses ini harus segera dilakukan dari awal.

Sambil melakukannya, investasikan sumber daya dalam membangun kesadaran produk Anda sendiri agar calon konsumen bisa mengetahui keberadaan produk toko online Anda.

4. Tambahkan Harga Perbandingan

Jika toko online Anda tidak memberikan harga termurah untuk sebuah produk, maka berikan jaminan bahwa Anda akan memberikan harga yang sebanding atau bahkan lebih murah dari toko online saingan Anda. Hal sederhana ini memiliki dampak meningkatnya konversi sebanyak 9% (hasil dari sebuah penelitian pada retail barang olahraga di Amerika Serikat).

5. Bangun Kepercayaan

Berdasarkan studi dari Actual Insights, lebih dari 75% konsumen menyatakan bahwa sebuah logo mempengaruhi kepercayaan mereka pada website toko online. Presentase lainnya yang bernilai sama juga menyatakan bahwa salah satu alasan konsumen tidak melakukan pembelian pada sebuah toko online adalah karena kurangnya kepercayaan mereka.

Oleh karena itu bangun kepercayaan toko online Anda terhadap konsumen dengan cara-cara seperti menampilkan logo, sertifikat ataupun penjelasan cara checkout yang aman.

6. Gunakan Google Analytics

Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk membuat kategori dan halaman arahan untuk produk yang paling dicari. Hal ini bisa membuat peringkat Anda di Google meningkat, yang lalu mendorong pengguna lebih cepat ketika melakukan pencarian sebuah produk yang berhubungan dengan toko online Anda. Dengan demikian, ini berarti akan ada semakin banyak pengguna yang meng-klik website toko online Anda dan lahirlah konversi yang tinggi.

7. Tampilkan Alamat dan Kontak

Lokasi Fisik

Konsumen baru yang tidak terbiasa dengan mereka Anda akan melakukan pembelian dengan rasa takut atau khawatir. Hal ini tidak mengherankan karena ada banyak sekali penyalahgunaan ataupun penipuan terhadap kartu kredit.

Baca Juga  5 Cara Memulai Bisnis Online

Beri mereka jaminan yang dibutuhkan seperti kontak informasi telepon agar konsumen bisa segera menghubungi Anda jika terjadi kesalahan.

8. Pengembalian Gratis

Banyak sekali toko online yang tidak memberikan layanan pengembalian gratis kepada konsumen mereka yang tidak puas dengan produk yang didapat. Maka, tambahkanlah layanan ini pada toko online Anda.

Menurut Comscore, setidaknya 51% konsumen online mengharapkan adanya layanan ini, dan 89% menyatakan mereka akan kembali berbelanja di toko online yang sama jika pengalaman mereka berjalan dengan baik.

9. Gunakan Kalimat Yang Tepat

Faktor ini sangat penting terlebih bagi Anda yang menjual secara internasional. Hindari penggunaan bahasa slang atau kalimat percakapan ringan sehari-hari. Melainkan gunakan bahasa yang baku untuk menghindari kesalahpahaman dengan konsumen.

10. Sertakan Perkiraan Waktu Pengiriman

Fitur untuk memilih dan melihat tanggal pengiriman bisa lebih membantu dan melayani konsumen Anda. Buat fitur otomatis yang memberikan informasi kepada konsumen setelah pesanan dikirim, lalu biarkan konsumen bisa melacak pesanan mereka. Fitur seperti ini sangat penting untuk membangun rasa kepercayaan konsumen dan juga menghemat pekerjaan customer service.

11. Jemput Bola

Daripada menunggu dan membawa konsumen ke Anda, mengapa Anda tidak mencoba untuk menghampiri mereka melalui saluran seperti eBay atau Amazon. Walaupun Anda harus mengeluarkan biaya namun ini merupakan cara yang baik untuk memperluas jangkauan Anda dan mulai membangun database.

12. Pembeli Adalah Raja

Jangan menganggap konsumen Anda hanya sebagai seseorang yang sekali datang dan pergi. Anggap mereka sebagai nilai seumur hidup yang akan melakukan pembelian berikutnya. Sehingga Anda akan lebih proaktif dalam berkomunikasi dengan para konsumen.

Mulailah bangun database dari awal dan berkomunikasilah (dengan email misalnya) bersama dengan konsumen Anda sesering mungkin tanpa mengganggu waktu mereka.

Baca Juga  8 Website Pinjam Uang Online

13. Hadiri Konferensi

Sempatkan diri Anda untuk menghadiri banyak konferensi eCommerce dan pemasaran digital. Jika Anda serius pada bisnis online Anda, pertemuan ini akan membantu Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan. Anda juga bisa bertemu dengan orang lain pada bidang yang sama dan memiliki kemungkinan bekerja sama dengan mereka.

14. Gunakan Gambar Terbaik

Foto Produk
Pastikan Anda menampilkan foto terbaik pada toko online Anda

Selalu investasi dalam aspek fotografi profesional. Gambar sebuah produk akan terlihat bagus baik di website maupun offsite (dari halaman Google) jika Anda mengandalkan keahlian fotografer profesional. Visual gambar yang mencolok bisa memberikan perbedaan besar terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian.

15. Pilih Platform Website Dengan Bijak

Proses yang satu ini harus dijalankan dengan penuh pertimbangan mengingat tingkat kepentingannya yang sangat tinggi. Bagi Anda yang merupakan pemula dalam bisnis online, disarankan untuk berani berpikir jangka panjang.

Tentukan apakah platform toko online Anda dapat beradaptasi seiring berkembangnya bisnis toko online Anda ?Jika ya maka kemungkinan besar Anda akan menghemat pengeluaran karena tidak akan berganti-ganti platform.

Sumber : http://positionly.com/blog/15-ecommerce-tips-to-boost-sales