Google

Mobile Testing Tool Baru Google 2016

Google beranggapan bahwa website yang sering ditinggalkan (bounce) oleh pengguna ketika dibuka dari perangkat mobile adalah website yang tidak mobile-friendly. Google juga mengatakan lebih dari setengah pengguna sebuah website akan meninggalkan halaman tersebut jika website tak terbuka atau berfungsi dalam tiga detik pertama.

Oleh karena itu pada tahun 2014 Google meluncurkan alat pengujian mobile-friendly. Kini dua tahun setelah peluncurannya, Google memiliki mobile testing tool versi terbaru yang bisa Anda gunakan.

Cara Menggunakan Mobile Testing Tool Google yang Baru

Anda bisa mengaksesnya dari laporan kegunaan Google Search Console. Selain itu, Anda bisa langsung ke halaman testmysite.thinkwithgoogle.com, masukkan URL website Anda ke dalam kotak pencarian, kemudian klik “test now” dan tunggu hasil yang keluar.

Mobile Friendly Test
Halaman utama mobile test tool Google

Mobile Test Tool Baru Google

Setelah Anda memasukkan URL, halaman hasil yang muncul akan terlihat seperti ini :

Mobile Test Tool

 

Cara Membaca Hasil Mobile Testing Tool Google

Setelah tahu cara dan mencoba mobile testing tool Google, maka Anda juga harus mengetahui cara membaca hasil tes tersebut.

Pada gambar di atas, Google mengatakan website tersebut mobile-friendly. Kotak berwarna hijau bertuliskan 99/100 adalah nilai rating yang diberikan Google. Jika hasil tes website Anda menunjukkan hasil seperti itu, maka Anda bisa tersenyum lebar karena website Anda berstatus mobile-friendly.

Namun, Anda tidak bisa langsung senang terlebih dahulu. Pasalnya Anda juga harus memperhatikan dua penilaian lainnya, yakni kecepatan akses pada perangkat mobile dan desktop.

Dalam contoh diatas, terlihat website tersebut memiliki nilai yang rendah pada aspek kecepatan akses. Website tidak bekerja dengan baik dalam hal ini. Jika hal ini terjadi, maka hal pertama yang harus diperbaiki adalah kecepatan akses website pada perangkat mobile dan desktop.

Baca Juga  10 Tips Optimasi SEO Toko Online

Perbedaan mobile testing tool Google saat ini dan sebelumnya adalah pada informasi yang diberikan. Pada versi sebelumnya, Google hanya menampilkan jawaban apakah website Anda mobile-friendly atau tidak. Namun saat ini Google menambahkan informasi dalam bentuk rating 1-100 beserta kecepatan akses pada perangkat mobile dan desktop.

Fitur Tambahan Mobile Testing Tool Google

Selain memberikan tiga penilaian, mobile testing tool Google kini memberi pilihan untuk memiliki laporan yang akan dikirimkan kepada Anda. Jika Anda mengklik tombol “get my free report”, maka layar yang keluar akan seperti ini :

Google Test

Google menyediakan beberapa tips agar website mudah dibaca dan dimengerti. Misalnya nilai Anda rendah pada kecepatan akses pada perangkat mobile, lalu Google akan memberitahu apa saja hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Google juga menyediakan link yang akan menuntun Anda untuk memperbaiki masalah teknis seperti itu.

“Misteri” Penilaian Mobile Testing Tool Google

Walaupun versi terbaru ini menampilkan banyak informasi yang bermanfaat bagi perkembangan website, namun pernahkah Anda terpikir mengenai dari segi mana Google melakukan penilaian ? Pada dasarnya aspek CSS, HTML, scripts dan gambar atau video, adalah hal yang berpengaruh pada kecepatan website atau tingkat mobile-friendly website Anda.

Namun, bagaimana cara sebenarnya Google menilai peringkat website Anda ? Percobaan yang dilakukan oleh website Search Engine Watch, mendapatkan penilaian buruk, sama seperti website Forbes dan lainnya dalam aspek kecepatan akses. Sementara itu alamat website yang mendapatkan nilai bagus secara keseluruhan tiga kategori adalah Google.

Namun demikian, terlepas dari semua kritik atau kekurangan Google, alat ini mudah dan gratis untuk digunakan. Jika Anda tidak mempercayai hasil yang didapatkan, maka Anda bebas untuk melakukan perubahan ataupun tidak pada website Anda.

Baca Juga  Langkah Awal Menggunakan HTML Email untuk Pemasaran

Sudahkah Anda mencoba dan berapakah nilai yang Anda dapatkan?

Sumber :
https://www.searchenginejournal.com/dont-miss-use-googles-new-mobile-testing-tool/168899/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *