mobile-website-bisnis

Pentingnya Website Mobile Friendly untuk Bisnis

Smartphone telah menjadi salah satu kebutuhan yang mendasar saat ini, dimana jumlah penggunanya pun meningkat tiap menit. Hal ini kemudian berimbas kepada bertambahnya jumlah produksi berbagai macam perangkat mobile, sistem operasi mobile dan juga aplikasinya.

Perangkat mobile kini menjadi etalase terbaik untuk memamerkan, memasarkan dan menjual produk mereka. Smartphone juga menjadi media komunikasi dengan konsumen, membuatnya intens dan mampu membujuk konsumen untuk berbelanja.

Studi dari Comscore berikut ini menunjukkan bahwa pada tahun 2014 jumlah penggunaan mobile melebihi desktop.

comscore-mobile-will-force-desktop-into-its-twilight-in-2014
http://www.businessinsider.com/mobile-will-eclipse-desktop-by-2014-2012-6?IR=T

Tiga tahun yang lalu, UKM mungkin hanya melihat 10 persen dari keseluruhan traffic yang datang dari mobile, tapi saat ini peningkatannya mencapai 70 persen. Dalam beberapa tahun kedepan, transisi penggunaan ke aplikasi mobile atau website mobile friendly akan meningkat drastis.

Salah satu cara agar bisa memanfaatkan momen ini adalah dengan memiliki website yang mobile friendly. Apakah website Anda sudah mobile friendly?

Website mobile-friendly adalah website yang dirancang untuk bisa ditampilkan dengan baik pada perangkat atau layar yang lebih kecil. Misalnya smartphone Android atau iPhone dan tablet berukuran sedang.

Karena itu membuat website yang mobile friendly sangat baik bagi bisnis Anda untuk memiliki eksistensi di dunia mobile, dan memperkuat peluang keberhasilan bisnis Anda.

Disaat bisnis besar mudah mengikuti perkembangan website mobile, bisnis kelas menengah kebawah masih kesulitan untuk mengadopsi hal ini. Namun, fakta dilapangan membuktikan setiap bisnis yang mengikuti perkembangan mobile memiliki lebih banyak keuntungan dibanding yang tidak.

Berikut beberapa alasan yang sangat penting bagi sebuah bisnis untuk memiliki website mobile friendly :

Menjangkau Lebih Banyak Pengguna Smartphone

Pengguna gadget yang kini semakin banyak tidak hanya menggunakan ponsel tapi juga perangkat lain seperti tablet.

Baca Juga  Mengenal Jenis-Jenis Cloud Computing Berdasarkan Fungsinya

Smartphone kini tidak lagi hanya digunakan sebagai alat komunikasi semata, fungsinya pun kini bisa dimanfaatkan untuk promosi bisnis.

Mulai dari memberikan informasi produk terbaru kepada konsumen, berinteraksi secara langsung, sampai mendorong mereka untuk membicarakan Anda di sosial media.

Promosi Bisnis Lebih Luas

Anda bisa menampilkan informasi penting mengenai bisnis Anda secara detil di website. Hal ini memudahkan pengunjung website mendapatkan informasi mengenai alamat, nomor telepon, peta lokasi bisnis Anda dan lainnya. Informasi tersebut memudahkan konsumen untuk menghubungi Anda melalui telepon atau datang langsung.

Selain itu, Anda dapat menggunakan fitur lain dari perangkat mobile seperti location untuk menawarkan mereka promo saat mereka sedang berada di area yang berdekatan dengan lokasi bisnis Anda. Hal ini akan membuat mereka tertarik mengunjungi lokasi bisnis Anda ataupun berbagi informasi promo dengan teman mereka.

Anda juga bisa memanfaatkan kode QR untuk mengiklankan produk pada media cetak yang mampu mengarahkan lebih banyak pengguna smartphone lain yang berpotensi menjadi konsumen bisnis Anda.

Meningkatkan Ranking di Google

Ranking Google untuk mobile website sedikit berbeda, untuk beberapa kasus tertentu terkadang memberikan keuntungan tersendiri bagi website yang mobile friendly. Pasalnya, pemberian ranking yang sama tidak berlaku seragam bagi semua website (website yang memiliki fitur mobile friendly akan memiliki ranking lebih baik dibanding yang tidak).

Artinya website bisnis Anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk ditampilkan pada bagian teratas halaman pencarian Google jika bisa berfungsi dengan baik pada perangkat mobile, disamping itu juga cepat dimuat pada browser dan terlihat menarik.

Investasikan Waktu & Biaya Untuk Mobile Website

Dengan mempertimbangkan semua poin tersebut, tentu saja bisnis Anda akan mendapat lebih banyak keuntungan jika memiliki website mobile friendly. Tak perlu khawatir, saat ini sangat memungkinkan untuk mengembangkan website mobile friendly.

Baca Juga  Website Untuk Belajar Coding Secara Gratis

Umumnya, web designer sudah memiliki kemampuan untuk membuat design yang responsif, sehingga website bisa tampil dan berfungsi dengan baik pada perangkat apapun. Karenanya sangat disarankan agar menginvestasikan waktu dan biaya untuk mengembangkan website yang ramah smartphone (mobile friendly) bagi bisnis Anda.

3 thoughts on “Pentingnya Website Mobile Friendly untuk Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *