Website Navigation

Cara Membuat Navigasi Website yang Ramah SEO

Semakin baik struktur website Anda, maka semakin besar kesempatan Anda mendapatkan peringkat tinggi dalam mesin pencari. Setiap website memiliki beberapa “struktur.” Mulai dari struktur sangat spesifik dan efisien, atau mungkin struktur dengan halaman yang campur aduk dan tidak teratur. Jika Anda berhati-hati dalam merancang struktur website Anda, maka Anda akan membuat website yang unggul dalam konteks pencarian.

Tips berikut ini akan membantu Anda membuat website yang menarik bagi pengguna, tapi tetap dapat terlacak dengan baik oleh mesin pencari dan memberikan peringkat halaman pencarian atau SERP (Search Engine Results Page) yang tinggi.

Pentingnya Struktur Pada Website

Struktur website yang buruk akan berdampak negatif pada kinerja SEO website tersebut. Padahal, umumnya webmaster dan pemilik website tahu bahwa memiliki struktur website yang baik adalah faktor penting yang akan meningkatkan SEO.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa struktur website sangat penting :

1. Struktur Website yang Baik Akan Memberikan Kemudahan Bagi Pengguna

Cara berpikir manusia membutuhkan keseimbangan kognitif, yakni kemampuan untuk menempatkan potongan-potongan informasi secara logis dan bersamaan, menemukan hal di tempat yang diharapkan dan menemukan apa yang sedang dicari. Dengan demikian, struktur website yang kuat dan logis adalah keseimbangan kognitif yang akan memuaskan pengguna.

Semakin menarik website Anda terhadap pengguna, maka website Anda secara otomatis juga akan menarik perhatian mesin pencari. Algoritma yang dimiliki Google menggunakan informasi dari pencarian untuk memberi peringkat pada website Anda. Jika website Anda memiliki CTR (Click Through Rate) dan durasi interaksi yang rendah, maka website Anda tidak akan tampil dengan baik pada SERP.

Sebaliknya, ketika pengguna menemukan website yang mereka suka, yakni website dengan struktur yang baik, maka tidak akan terjadi bounce dan pengguna akan tetap berada di website Anda pada waktu yang lama. Struktur website yang akurat dapat mengurangi bounce rate dan meningkatkan lama waktu tinggal, dengan demikian kedua hal itu akan menaikkan peringkat website Anda.

2. Sebuah Struktur Website yang Baik Dilengkapi Dengan Sitelinks

Sitelinks adalah format dalam daftar SERP yang menunjukkan halaman utama website Anda bersama dengan beberapa link internal yang tampil pada hasil pencarian.

Baca Juga  Cara Membuat Website Online, Gratis & Mudah
Sitelinks Amazon
Contoh sitelinks pada pencarian “Amazon”

Sitelinks adalah sebuah keuntungan yang besar bagi SEO. Sitelinks meningkatkan navigasi website Anda, dimana pengguna diarahkan ke halaman informasi yang lebih relevan sehingga meningkatkan reputasi brand atau perusahaan Anda. Sitelinks juga membantu meningkatkan kepercayaan penguna, membantu Anda mendominasi SERP, meningkatkan CTR dan meningkatkan konversi.

Kendati demikian, Anda tidak bisa hanya langsung ke Google Webmaster Tools dan mengajukan permintaan untuk memproses sitelinks. Anda tidak bisa langsung mengeluarkan permintaan dipasangkannya sitelinks kepada Google. Sebaliknya, algoritma Google secara otomatis akan memberikan “penghargaan” berupa sitelinks kepada website yang memang memiliki struktur yang baik.

Jika website Anda memiliki struktur yang buruk, maka kemungkinan besar Anda tidak bisa mendapatkan sitelinks.

3. Struktur Website yang Baik Memudakahkan Proses Crawling

Web crawler seperti Googlebot memeriksa struktur sebuah website. Mereka bertujuan untuk mengindeks konten pada website dengan tujuan untuk menampilkannya pada hasil pencarian atau SERP. Semakin baik struktur website Anda, semakin mudah crawler dapat mengakses dan mengindeks konten Anda.

Note : Web crawler adalah suatu program atau script otomat yang relatif simple, yang dengan metode tertentu melakukan scan atau “crawl” ke semua halaman-halaman Internet untuk membuat index dari data yang dicarinya.

Crawler ini tidak secara otomatis menemukan segala sesuatunya yang ada dalam website Anda. Google bahkan mengatakan ada halaman-halaman pada website kita yang mungkin tidak terdeteksi oleh Google. Namun crawler memiliki jalan yang lebih mudah untuk mengakses, mencari, mengindeks dan menampilkan halaman sebuah website dengan struktur yang lebih kuat.

Hierarki Website
Ilustrasi perancangan struktur website

4. Struktur Website yang Baik Adalah Inti dari SEO yang Baik

Pada intinya adalah, pengorganisasian struktur website yang baik akan menuntun Anda menuju pada kesuksesan SEO. Bahkan dapat dikatakan, tanpa struktur website yang baik, maka SEO tidak akan sukses.

Enam Langkah Membuat Struktur Website Yang Baik

1. Rencanakan sebuah hierarki sebelum mengembangkan website Anda

Jika Anda membangun sebuah website benar-benar dari awal, maka Anda berada di posisi yang bagus untuk merencanakan struktur website bagi SEO yang hebat. Bahkan sebelum Anda mulai membuat halaman dalam CMS, Anda sudah harus memulai rencana struktur website Anda.

Baca Juga  Mengenal Jenis-Jenis Cloud Computing Berdasarkan Fungsinya

Sebuah “hierarki” adalah cara untuk mengatur informasi yang Anda miliki, sesuatu yang sederhana dan masuk akal. Hierarki Anda juga akan menjadi navigasi dan struktur URL Anda.

Hierarki Website
Ilustrasi hierarki website

Ada beberapa fitur dari hierarki yang harus Anda ingat :

  • Buatlah hierarki Anda secara logis. Jangan berpikir secara berlebihan atau mempersulit proses ini. Anda butuh kesederhanaan, baik untuk kepentingan Anda sendiri serta untuk kemudahan crawler dan pengguna. Setiap kategori utama harus unik dan berbeda, sementara itu setiap subkategori harus berhubungan dengan kategori utama di mana ia berada.
  • Jaga agar kategori utama berjumlah dua hingga tujuh item saja. Anda tidak perlu memiliki segudang kategori utama, cukup pilih beberapa kategori utama yang memang penting saja. Jika terlanjur mencantumkan banyak kategori utama, sebaiknya Anda evaluasi dan kurangi beberapa.
  • Seimbangkan jumlah sub kategori dalam setiap kategori. Jika salah satu kategori utama memiliki belasan sub kategori sedangkan kategori utama lainnya hanya memiliki (misalnya) tiga kategori, maka website Anda akan terlihat tak seimbang.

2. Buat struktur URL yang mengikuti navigasi hierarki Anda

Struktur URL adalah unsur utama selanjutnya dalam proses mengembangkan struktur website Anda. Jika Anda telah memiliki struktur hierarki untuk website Anda, maka hal ini tidak akan sulit dilakukan. Pada dasarnya struktur URL akan mengikuti hierarki Anda.

Hierarki Website
Ilustrasi struktur hierarki sebuah website

Dari struktur tersebut dapat terlihat bahwa URL Anda akan mencakup kata-kata (bukan simbol) dan cakupan kata kunci yang sesuai.

3. Buat navigasi website Anda dalam HTML atau CSS

Pada saat Anda membuat navigasi, pastikan buat pengkodean yang sederhana, yakni dengan menggunakan HTML dan CSS. Pengkodean di Javascript, Flash dan Ajax akan membatasi kemampuan crawler untuk menjangkau website Anda.

4. Gunakan struktur navigasi kedalaman dangkal

Struktur navigasi Anda tentu akan mengikuti hierarki website Anda. Pastikan bahwa aspek-aspek penting tidak ‘terkubur’ jauh di dalam website. Website yang ‘dangkal’ akan dapat bekerja dengan lebih baik, bagi perspektif penggunaan dan perspektif crawler.

“Sebuah website yang dangkal yaitu website yang hanya memerlukan dua atau tiga klik untuk menjangkau semua halaman. Website seperti itu lebih disukai daripada website yang mendalam, yang membutuhkan banyak klik untuk melihat semua halaman secara keseluruhan” (artikel dari Search Engine Journal).

Baca Juga  10 Cara Terbaik Merancang Dan Membangun Website

5. Buat header yang berisi daftar halaman navigasi utama Anda

Header pada website Anda harus berisi daftar utama dari website Anda. Menambahkan elemen menu dari kategori utama tidak diperlukan dan bahkan bisa mengganggu. Jika Anda merancang website parallax, pastikan Anda menyediakan menu header yang ditampilkan dengan cara bergilir.

Menggunakan menu dropdown dengan efek CSS akan memberikan sesuatu yang berbeda kepada pengguna, namun tidak meningkatkan SEO. Sebaiknya Anda juga menggunakan struktur navigasi berbasis gambar serta teks link untuk memperkuat SEO.

Jika Anda memiliki footer dengan link menu, pastikan untuk menduplikasi link utama pada navigasi menu dalam footer navigasi menu website Anda. Sementara, mengubah urutan link atau menambahkan daftar tambahan kategori akan menyulitkan pengguna.

6. Mengembangkan struktur link internal yang komprehensif

Penggunaan link internal akan memberikan nilai tambah pada hierarki website Anda.

Terdapat tiga alasan pentingnya menyertakan link internal untuk menavigasi website :

  • Memungkinkan pengguna untuk menavigasi website
  • Membantu membangun hierarki informasi untuk website
  • Membantu penyebaran link juice (peringkat) di antara halaman internal website
  • Masing-masing secara langsung terkait dengan pembuatan struktur website yang terintegrasi dengan baik

Jangan mempersulit penyertaan link internal. Pada dasarnya setiap halaman di website Anda harus memiliki beberapa link halaman website Anda sendiri dan (jika diperlukan) link website lainnya. Navigasi website Anda harus mencakup internal link ke kategori utama dan halaman sub kategori.

Internal link akan memberi tahu mesin pencari manakah halaman yang penting, dan juga bagaimana cara menuju ke halaman tersebut.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa struktur website adalah produk atau hasil dari pemikiran yang cermat, desain yang dirancang dengan tujuan dan pengorganisasian secara akurat.

Waktu terbaik bagi Anda untuk mengembangkan sebuah struktur website yang kuat adalah sebelum Anda mulai merancang website Anda. Namun jika Anda mengulang desain website, Anda dapat mengolah desain dan mengorganisasikan kembali beberapa elemen navigasi untuk meningkatkan SEO.

Sumber : https://blog.kissmetrics.com/site-structure-enhance-seo/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *