seo-toko-online

10 Tips Optimasi SEO Toko Online

Ketika membuat toko online, tentunya Anda ingin agar ada banyak orang atau calon pelanggan yang bisa menemukan website Anda dan melakukan pembelian. Untuk itu Anda harus menyertakan aspek SEO (Search Engine Optimization) yang sangat penting bagi toko online Anda.

SEO adalah proses untuk meningkatkan visibilitas sebuah website atau toko online pada mesin pencari. Semakin website atau toko online Anda berada pada peringkat tinggi hasil pencarian, maka semakin besar pula kesempatan toko online Anda diketahui dan dikunjungi calon pelanggan.

Teknik SEO untuk website biasa agak sedikit berbeda dengan teknik SEO untuk toko online, yang membutuhkan banyak hal ekstra dari segala aspek. Setiap toko online memiliki aspek SEO yang berbeda-beda, dan hal inilah yang harus Anda perhatikan yakni mengembangkan strategi SEO.

  1.  Jangan Bergantung Hanya Pada Pay Per Click
  2. Hindari Duplikat Content
  3. Miliki Strategi Content
  4. Jangan Gunakan Deskripsi Produk Dari Produsen
  5. Optimasi Gambar Produk
  6. Gunakan Meta Deskripsi Yang Unik
  7. Sertakan Review Produk
  8. Sertakan Link ke Produk Pada Home Page
  9. Optimalkan Anchor Text
  10. Atur Toko Online Anda Untuk SEO

Berikut 10 tips untuk mengoptimasikan SEO pada toko online Anda :

1. Jangan Bergantung Hanya Pada Pay Per Click

Banyak toko online yang bergantung pada strategi Google Adwords / pay per click (PPC) untuk meningkatkan visibilitas mereka. Namun sebenarnya, harga untuk PPC akan terus bertambah dan jika Anda berhenti melakukan pembayaran atau top up, maka visibilitas toko online Anda akan menghilang.

Selain itu, pengguna internet biasanya tidak percaya pada link yang menggunakan sponsor, banner dan juga iklan online lainnya. Toko online tidak bisa semata-mata hanya mengandalkan strategi PPC, melainkan menggunakan praktek-praktek SEO organik untuk membantu visibilitas toko online.

Baca Juga  Peran Instagram Untuk Bisnis Anda

Penelitian Google menunjukkan bahwa ketika beberapa website berhenti menggunakan AdWords, 89% klik klik berbayar tidak beralih ke organik, yaitu klik SEO. Jadi, pastikan Anda menggunakan PPC hanya sebagai tambahan atau dukungan dari penggunaan SEO.

2. Hindari Duplikat Content

Duplikat content adalah musuh besar bagi mesin pencari. Namun karena banyak toko online memiliki content yang sama (untuk deskripsi produk atau daftar lainnya) maka toko online kerap mendapat sanksi dari mesin pencari.

Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik toko online harus mencari cara untuk mengurangi duplikat content sambil melakukan penilaian toko online Anda sendiri.

3. Miliki Strategi Content

Tambahkan content unik dan berkualitas secara berkala pada toko online Anda. Tidak hanya menambahkan nilai bagi pelanggan, namun hal itu juga membantu peningkatan peringkat toko online Anda di mesin pencari. Buat content yang variatif dan relevan dengan produk pada toko online Anda.

4. Jangan Gunakan Deskripsi Produk Dari Produsen

Membangun database produk Anda memang memakan waktu, dan untuk menghindarinya maka banyak pemilik toko online yang copy-paste deskripsi produk dari produsen langsung ke toko online mereka.

Selalu pastikan untuk menulis ulang setiap deskripsi produk untuk memastikan content tersebut unik dan SEO friendly. Ingat untuk menggunakan kata-kata yang banyak dicari oleh orang lain.

5. Optimasi Gambar Produk

Saat ini banyak pelanggan yang mencari kebutuhan mereka melalui pencarian gambar. Untuk itu, toko online harus menambahkan keyword atau kata kunci yang terkait dalam tag ALT dari setiap gambar di toko online.

Untuk hasil yang optimal, pastikan setiap kata kunci yang digunakan pada gambar adalah kata kunci yang relevan dan hindari penggunaan banyak kata kunci pada tag ALT.

Baca Juga  6 Tips Optimasi SEO Website

6. Gunakan Meta Deskripsi Yang Unik Untuk Setiap Halaman Website Toko Online

Ketika membicarakan mengenai optimasi onsite, banyak toko online yang menggunakan meta deskripsi yang sama untuk setiap halaman website mereka. Namun, hal ini juga merupakan salah satu musuh dari SEO.

Meta deskripsi harus ditulis bagi pengguna dengan tujuan untuk membantu toko online Anda bisa menarik untuk diklik ketika muncul di mesin pencari.

7. Sertakan Review Produk

Karena memiliki content yang unik merupakan faktor yang sangat penting untuk SEO, maka menambahkan ulasan atau review dari pelanggan adalah cara pasif yang bagus untuk menghasilkan content yang unik pada toko online Anda.

8. Sertakan Link ke Produk Pada Home Page

Kesalahan umum yang banyak dilakukan oleh toko online adalah ‘mengubur’ produk mereka pada struktur link yang jauh dari halaman utama. Hal ini membuat calon pelanggan sulit untuk menemukan produk yang mereka cari dan mempengaruhi skor dari halaman produk. Hal itu membuat tingkat pencarian produk toko online Anda menjadi rendah.

9. Optimalkan Anchor Text

Menambahkan kata kunci pada link internal di website Anda bisa membantu untuk meningkatkan visibilitas toko online Anda pada mesin pencari. Daripada menggunakan tipe link “click here”, akan lebih baik jika Anda menggunakan link pada teks yang merupakan kata kunci.

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan link ke dalam deskripsi produk untuk mengarahkan pengunjung ke produk sejenis lainnya di website toko online Anda.

10. Atur Toko Online Anda Untuk SEO

Cara Anda menyusun struktur toko online Anda akan berdampak pada visibilitas. Bangun strktur toko online Anda sehingga mencakup sejumlah landing page. Halaman-halaman tersebut bisa menjadi spesifik bagi merek atau tipe produk Anda.

Baca Juga  Langkah Awal Menggunakan HTML Email untuk Pemasaran

Dengan demikian Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengoptimasikan beberapa halaman dan kelompok kata kunci yang kemudian akan meningkatkan visibilitas toko online Anda dalam pencarian.

Sumber :

https://www.shopify.co.id/blog/4627892-10-crucial-seo-tips-for-ecommerce-entrepreneurs

One thought on “10 Tips Optimasi SEO Toko Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *