Optimasi Web Wordpress

Tips Optimasi Website WordPress Anda Jadi Lebih Cepat

Sering merasa bahwa websitse wordpress anda terasa lambat atau kurang optimal? Sebenarnya cara mengoptimalkan website wordpress itu tidak sulit, Anda hanya perlu melakukan sedikit pengaturan pada settingan yang sudah disediakan oleh wordpress, dan semuanya bisa dibilang gratis dan tidak ribet.

WordPress saat ini memang dianggap sebagai platform yang sangat baik dan sangat mudah digunakan terlebih sudah banyak penggunanya. Terhitung, hingga bulan November 2015 ini WordPress sudah digunakan oleh 25% dari jumlah seluruh website yang ada di internet.

Angka tersebut tentu sangat besar dimana ada lebih dari 400 juta website diseluruh dunia yang menggunakan WordPress, termasuk lebih dari 100 juta di Amerika Serikat.

Selain itu website WordPress di seluruh dunia mempublikasikan postingan setiap 17 detik. Diantara website tersebut juga banyak yang berjenis website bisnis, fakta tersebut tentu menunjukan bagaimana pentingnya WordPress sebagai layanan manajemen konten.

Kesederhanaan fitur, dan kemudahan dalam integrasinya dengan sosial media serta banyaknya tema-tema (theme) dan plugins adalah alasan utama banyak yang menggunakan WordPress.

Namun menggunakan WordPress tentu tidak bisa begitu saja setelah di install lalu didiamkan tanpa diatur perlu adanya perawatan (maintenance), Agar website WordPress anda dapat berkerja maksimal  anda harus memperhatikan faktor-faktor berikut ini.

1. Kualitas Themes

Theme

Terdapat ribuan bahkan jutaan theme WordPress yang gratis maupun berbayar yang bisa Anda gunakan untuk membangun website Anda. Namun, Anda perlu untuk berhati-hati dalam memilih themes yang baik untuk website Anda. Tema harus sesuai dengan karakter anda atau bisnis anda dan tentunya harus bisa fleksibel sehingga Anda harus bisa memodifikasi theme tersebut tanpa ribet.

2. Hosting

Hosting adalah salah satu faktor penting keberhasilan optimaliasi website Anda, dimana hosting yang tangguh tentu akan membuat website/usaha Anda lancar. Jangan berlama-lama berada di hosting yang sering down, atau bermasalah. Segera cari penggantinya yang lebih baik. Jangan lupa juga untuk mencari hosting yang bisa memberikan layanan 7×24 jam.

Baca Juga  Tahapan Membuat Website

3. Pilih Plugin Dengan bijak

Terdapat banyak sekali plugin yang bisa Anda gunakan dengan gratis, namun tentu Anda harus bisa memilih plugin terbaik dengan bijak. Jangan menggunakan terlalu banyak plugin agar website Anda tidak terbebani. Gunakan plugin yang penting-penting saja namun terpercaya dan memiliki dokumentasi atau ada forumnya sehingga kemungkinan terjadinya bentrok antar plugin bisa dihindari dan plugin selalu terupdate.

4. Lakukan Konfigurasi Pada Website Anda

Setelah sukses menginstall WordPress, maka Anda perlu melakukan berbagai pengaturan. Misalnya, Anda harus memikirkan bagaimana mengelolah komentar, apakah komentar langsung terpublish atau apakah komentara itu perlu di moderasi dulu oleh Admin. Selain itu Anda juga perlu mengatur permalink serta pengaturan lain seperti pencegahan spam.

5. Tampilan Mobile

Mobile Friendly
Tampilan website mobile friendly sangat diperlukan

Saat ini pengguna mobile internet semakin ramai, Google pun menginformasikan bahwa pencarian sekarang lebih banyak dilakukan dari ponsel dibandingkan dari dekstop. Jadi pastikan website Anda bisa dibuka dengan maksimal dari ponsel, dengan cara memilih theme yang responsif atau menginstall plugin untuk tampilan mobile.

Selain itu website yang mobile friendly juga akan lebih di prioritaskan oleh mesin pencari Google.

6. Keamanan

WordPress yang ada saat ini terbilang cukup aman, namun tentu Anda juga perlu untuk menambahkan pengamanan-pengamanan lain demi website Anda dengan menggunakan plugin.

7. Search Engine Optimization (SEO)

SEO sudah menjadi perbincangan dimana-mana, karena dengan mengusai tehnik ini maka Anda bisa menguasai mesin pencari. Semua orang tentu ingin website nya muncul di halaman pertama mesin pencari Google. Untuk itu Anda bisa menggunakan berbagai plugin SEO atau dengan menambahkan sitemap, dan yang tak kalah penting tambahkan plugin yang bisa membuat website Anda mudah untuk dibagikan ke sosial media agar pengujung semakin bertambah.

Baca Juga  25 Website Foto Gratis Tanpa Watermark

 

referensi:

http://www.jurnalweb.com/cara-mengoptimasi-website-wordpress-anda/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *