optimasi-seo

6 Tips Optimasi SEO Website

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, Anda tidak cukup hanya mengandalkan website yang tampilannya indah saja. Jika Anda benar-benar fokus untuk bisa mendapatkan keuntungan, maka merancang website yang SEO friendly adalah jalan utama bagi Anda.

SEO (Search Engine Optimization) adalah metode untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari melalui hasil pencarian organik dan alat pemasaran untuk bisnis online.

6 Tips Untuk Merancang Website SEO Friendly

Berikut adalah enam tips untuk membuat website Anda menjadi SEO friendly sehingga bisa menempati peringkat atas dalam hasil pencarian mesin pencari :

1. Keyword

Keyword atau kata kunci merupakan bagian penting dari setiap kegiatan SEO. Jika Anda menggunakan kata kunci yang salah pada website Anda, maka mesin pencari dan target konsumen Anda mungkin saja tidak akan pernah bisa menemukan website Anda.

Hal ini merupakan aspek yang sangat penting, terlebih jika Anda menjalankan bisnis online. Anda dapat membuat halaman website dengan menggunakan keyword tertentu yang sesuai dengan target konsumen Anda.

Proses membuat keyword yang baik :

  • Buat daftar keyword yang potensial (relevan namun tidak terlalu banyak digunakan)
  • Masukkan keyword tersebut ke alat penelitian keyword seperti Google Adwords Keyword Tool, Wordtracker, Wordstream dan lainnya
  • Finalisasi daftar keyword yang akan digunakan berdasarkan hasil penelitian
  • Siapkan keyword tersebut untuk digunakan, biasanya 3-4 keyword per halaman

2. Penempatan Keyword

Agar sebuah website bisa muncul di Google, maka Anda harus terlebih dahulu memberikan keterangan mengenai website Anda. Sangat penting untuk menempatkan keyword pada posisi yang paling tepat pada setiap halaman website. Berikut ini adalah beberapa tempat untuk meletakkan keyword :

  • Judul
  • Meta deskripsi
  • Tagline website
  • Navigasi
  • Poin-poin
  • Atribut title pada link
  • Halaman website utama
  • Link internal
  • Link footer
  • URL
  • Nama file atau folder
Baca Juga  7 Langkah Sebelum Memulai Digital Marketing

3. Navigasi Website SEO Friendly

Memiliki navigasi website yang SEO friendly pada dasarnya berarti menciptakan sebuah struktur yang bisa diikuti oleh mesin pencari. Penyebab utama mesin pencari tidak bisa menemukan sebuah website adalah karena link yang ada berubah menjadi gambar, bukannya teks. Oleh karena itu pastikan semua link dan tombol yang ada pada website Anda berbasis teks.

Penggunaan CSS3 akan menghasilkan efek yang sama dengan hasil Photoshop. Jika memungkinkan, coba hindari penggunaan JavaScript karena sering terjadi masalah ketika mesin pencari melakukan pekerjaannya (pencarian).

4. URL dan Nama File

URL yang dioptimalkan secara SEO berarti bahwa mesin pencari dapat dengan cepat mengidentifikasikan sebuah website. Anda dapat memasukkan keyword pada URL yang akan meningkatkan visibilitas website Anda ketika dicari.

Sebagai contoh, misalnya Anda menjual baju perempuan, maka URL yang SEO friendly adalah namadomain.com/baju-perempuan. Sedangkan URL yang tidak SEO friendly misalnya namadomain.com/baju-3489.

Penamaan URL yang baik dan ramah serta mudah diingat dan dibaca adalah sebuah hal yang baik dan akan mendorong mesin pencari untuk dengan mudah menemukan website Anda.

Hal ini juga berlaku pada gambar yang Anda upload ke website, hindari penamaan dengan penggunaan angka seperti ‘1231923819283.jpg’. Melainkan, cobalah buat seperti ‘baju-kaus-merah.jpg’. Hal ini memang terlihat sepele, namun sangat penting untuk diperhatikan karena pada dasarnya mesin pencari seperti Google hanya bisa mengenali gambar dari nama filenya saja.

5. Gambar Pada Website

Gambar sering kali dianggap sebagai aspek yang tidak penting bagi SEO, namun hal itu salah. Anda memerlukan gambar yang optimal untuk bisa diakses oleh pengguna baik mereka yang menggunakan desktop maupun perangkat mobile. Terlebih jika website Anda menjual produk, Anda memerlukan teknik SEO khusus untuk toko online yang menampilkan banyak gambar.

Baca Juga  10 Tips Optimasi SEO Toko Online

Atur dan sesuaikan ukuran gambar pada website Anda sehingga dapat dengan mudah diakses dan dilihat oleh semua perangkat dan pengguna. Ukuran gambar yang normal adalah sekitar 30-100 kb (untuk perangkat mobile) dengan resolusi 72dpi.

Jangan lupa untuk menempatkan gambar dengan konteks yang sesuai pada content website Anda. Selain itu sebaiknya Anda juga membuat sebuah folder sendiri khusus untuk gambar, dengan demikian nama URL Anda akan lebih jelas seperti misalnya /image/image.jpg.

6. Media Sosial

Anda harus melibatkan media sosial dalam strategi SEO Anda untuk membangun hubungan dan berinteraksi dengan pengguna sehingga melahirkan citra yang baik untuk merek Anda. Tidak hanya itu, penggunaan media sosial juga bisa meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas website Anda di mata konsumen.

http://1stwebdesigner.com/seo-friendly-website-design/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *